10 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Tanpa Aplikasi

Layaknya perangkat elektronik, laptop kamu bisa mengalami penurunan performa seiring dengan usianya. Jika laptop sudah mulai lemot atau lambat, bukan berarti harus ganti baru. Karena bisa diatasi dengan berbagai cara mempercepat kinerja laptop tanpa aplikasi.

Penting untuk kamu sebagai pengguna mengetahui cara meningkatkan performa komputer tanpa repot-repot menggunakan aplikasi dari luar. Cukup menggunakan software bawaan, kamu sudah bisa memperbaikinya.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Tanpa Aplikasi

Berikut 10 cara mempercepat kinerja komputer tanpa aplikasi yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

1. Restart Laptop

Restart Laptop

Restart adalah cara yang paling sering digunakan para pengguna ketika perangkat laptop mereka mengalami penurunan kinerja alias lemot. Restart juga menjadi cara terbaik untuk mempercepat kinerja laptop tanpa aplikasi.  

Dengan melakukan restart, seluruh sistem perangkat dalam komputer akan kembali normal. Penggunaan komputer dalam waktu lama bisa mengurangi performa komputer itu sendiri.

Untuk menormalisasi sistem operasi, restart bisa menjadi pilihan pertama. Ini juga menjadi cara paling mudah untuk mengatasi laptop macet (lag) karena sistem operasi yang error, dll.

2. Update Windows

Update Windows

Untuk para pengguna Windows, ada cara mudah untuk mempercepat kinerja laptop tanpa kamu menggunakan aplikasi. Yakni, dengan melakukan update Windows secara rutin.

Kamu tinggal ikuti update yang secara rutin dirilis oleh pihak Microsoft. Dengan melakukan update rutin, performa sistem operasi akan kembali meningkat, yang pada gilirannya memperlancar pekerjaan kamu.

Untuk melakukan update Windows cukup mudah. Kamu tinggal buka menu ‘Pembaruan Sistem’, kemudian klik ‘Pembaruan’. Namun, sebelum update Windows, kamu harus memiliki backup file-file penting.

3. Cek Program Berjalan pada Startup

Cara praktis mempercepat performa laptop tanpa aplikasi yang lain adalah dengan melakukan checking program yang berjalan pada startup secara rutin.

Pastikan program startup berjalan secara normal. Hindari penggunaannya secara berlebihan karena hanya akan menyebabkan komputer tidak bisa bekerja maksimal.

Untuk mengembalikan kinerja laptop ke posisi normal, kamu harus menonaktifkan program yang ada di Task Manager. Caranya, buka ‘Task Manager’, kemudian klik ‘Startup’. Lalu, klik ‘menu program’ untuk dinonaktifkan.

4. Run Disk Cleanup

Clean Up Hardisk

Percepatan performa laptop juga bisa dilakukan dengan menghapus file-file yang sudah tidak kamu gunakan.

Biasanya, bekas file yang diunduh atau website yang dikunjungi akan menjadi file sementara (temporary file). File ini semakin lama akan semakin menumpuk. Untuk itu, kamu harus menggunakan fitur Run Disk Cleanup untuk membersihkannya.

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah. Buka ‘Disk Cleanup’ > pilih file yang mau kamu hapus > hapus dengan menu ‘Bersihkan File Sistem’. Run Disk Cleanup harus rutin kamu lakukan agar performa laptop tetap running well.   

5. Hapus Unnecessary Software

Uninstall

Satu lagi software yang bisa menyebabkan kinerja laptop melambat adalah banyaknya software atau program yang tidak diperlukan (unnecessary) yang ‘mengendap’ di komputer kamu.

Software yang umumnya perangkat bawaan itu cukup mengganggu performa laptop. Untuk itu, cara mudah mempercepat kinerja komputer tanpa aplikasi adalah dengan menghapus software yang tidak diperlukan.

Dengan menghapus unnecessary program, kapasitas hard disk kamu secara otomatis juga akan bertambah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kinerja laptop.

Untuk menghapus program yang tidak diperlukan, kamu bisa membuka fitur ‘Uninstall a Program’ yang ada pada menu ‘Panel Control’.

6. Matikan Visual Effect

Khusus pengguna Windows 10, cara untuk meningkatkan kinerja laptop tanpa aplikasi adalah dengan mematikan penggunaan visual effect. Umumnya, pengguna memanfaatkan fitur ini untuk membuat tampilan layar laptop lebih menarik.

Sayang, efek visual ini memerlukan tambahan system resources yang tidak sedikit, sehingga menyebabkan komputer menjadi lemot. Untuk mengatasinya, segera matikan efek visual itu agar laptop kamu kembali normal.

Ada banyak menu visual effect bawaan pada Windows 10 yang menjadikan laptop lemot jika kamu aktifkan semua. Cara untuk untuk menonaktifkan efek visual pada Windows 10 adalah dengan masuk ke ‘Color Setting’.

7. Periksa Virus

Virus Komputer

Setiap laptop dilengkapi dengan antivirus bawaan yang bertujuan mengamankan sistem operasi dari serangan virus. Namun, antivirus bawaan ini juga bisa menyebabkan laptop kamu tidak bisa bekerja maksimal.

Cara meningkatkan performa komputer tanpa aplikasi bisa dengan update sistem antivirus secara rutin. Melalui ‘Windows Security’, program antivirus pada laptop kamu bisa bekerja lebih baik dalam mendeteksi setiap ancaman virus baru yang masuk.

8. Tingkatkan Kapasitas RAM

RAM Laptop

Cara paling mudah untuk mempercepat performa laptop kamu adalah dengan meningkatkan kapasitas RAM.  Kapasitas memori virtual yang memenuhi standar minimal membuat laptop kamu dapat bekerja maksimal.

Kapasitas memori yang kecil akan mempengaruhi kinerja laptop kamu. Untuk itu, segera tambahkan kapasitasnya. Untuk mengetahui tipe memori yang ada di laptop kamu, bisa dilihat dengan membuka menu ‘Task Manager’ > ‘Performance’.

9. System Update

System update juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan performa komputer tanpa aplikasi. Program Windows dilengkapi software bawaan yang berfungsi sebagai sistem update.

Melalui sistem pembaruan ini, perangkat laptop kamu akan lebih aman dari serangan virus. Sistem ini juga berfungsi memindai pembaruan serta memeriksa virus.

Cara melakukan system update, buka ‘Control Panel’ > ‘System and Security’ > ‘Security and Maintenance’ > ‘Start Maintenance’.Update Software

10. Nonaktifkan Auto-Starting

Cara terakhir untuk mempercepat performa laptop tanpa aplikasi adalah dengan menonaktifkan auto-starting. Di laptop kamu, ada beberapa program yang bisa di-setting secara otomatis. Artinya, program itu bisa langsung hidup tanpa melakukan perintah.

Program auto-starting hanya akan membuat sistem operasi laptop kamu berjalan lambat. Untuk itu, tidak ada pilihan lain untuk menormalisasi perangkat komputer kamu kecuali menonaktifkan auto-starting.

Demikian 10 cara mempercepat kinerja laptop tanpa aplikasi yang bisa kamu coba. Kamu bisa memperbaikinya tanpa harus menjadi teknisi handal sebab pengerjaannya mudah dilakukan.

Tinggalkan komentar