Apa Itu NFC? Ini Pengertian dan Fungsinya di Kehidupan Sehari-hari

Apa itu NFC

Setiap tahun, tren di dunia ponsel mengalami pergantian. Kalau sebelumnya ponsel dengan kamera berkualitas jadi buruan, kini ponsel dengan NFC sedang naik daun. Sebenarnya apa itu NFC dan kenapa bisa menjadi kebutuhan banyak orang terutama di kota besar.

Kalau Anda belum begitu paham dengan fitur ini dan ingin beli ponselnya, ada baiknya membaca dahulu ulasan di bawah ini. Dengan begitu, Anda akan paham apa itu near field communication serta manfaat yang diberikan.

Jadi, beli ponsel ini karena benar-benar butuh, bukan karena tren.

Apa itu NFC?

Apa itu NFC 2

Anda yang masih awam dengan istilah ini pasti bingung dengan fitur yang mulai banyak dipakai oleh ponsel kelas menengah dan juga atas. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1983. Bahkan, patennya sudah dimiliki oleh Charles Walton dan dipakai terus sampai sekarang.

Jadi, sederhananya, near field communication adalah gelombang radio pendek yang memiliki frekuensi rendah. Saat dua buah perangkat dengan ini didekatkan, mereka bisa melakukan komunikasi secara instan dan tidak terganggu.

Dalam gadget atau ponsel yang di dalamnya terdapat NFC, terdapat semacam antena pendek yang tersembunyi. Karena sangat pendek, peluang terjadi interferensi tidak akan terjadi. Jadi, aman digunakan dan diaplikasi ke beberapa hal termasuk pembayaran.

Fungsi NFC dalam Kehidupan Sehari-hari

Penggunaan NFC di seluruh dunia memang sudah ada sejak puluhan tahun silam. Namun, pengaplikasiannya pada ponsel dan gadget lain masih baru khususnya di Indonesia. Kalau Anda belum tahu apa saja fungsi atau manfaatnya, simak ulasan di bawah ini.

1. Transaksi di Merchant

Transaksi di Merchant dengan NFC

Pernah melihat film atau tayangan yang memperlihatkan seseorang membayar sesuatu dengan hanya mendekatkan ponselnya ke gadget tertentu? Mereka tidak menggunakan scan barcode untuk membayar, bagaimana proses transaksi bisa berjalan? Jawabannya adalah NFC.

Kasir yang dimiliki oleh toko besar atau merchant sudah terintegrasi dengan NFC. Setiap pembayaran yang terjadi akan dilanjutkan ke perangkat. Kalau ingin melakukan pembayaran, Anda bisa mendekatkan ponsel tersebut ke perangkat pembayaran.

Dalam hitungan detik akan dilakukan transaksi dengan cepat dan bukti pembayaran bisa di cetak. Di Indonesia, sistem pembayaran seperti ini sudah ada meski hanya di beberapa tempat saja. Jadi, pastikan pakai ponsel NFC kalau Anda sering melakukan transaksi.

Selain merchant, beberapa alat transportasi juga menggunakan sistem ini untuk melakukan pembayaran. Cukup lakukan tap ke gerbang masuk angkutan, secara otomatis Anda sedang melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan.

2. Mengisi e-Money

Mengisi e-Money

Saat ini hampir semua orang menggunakan e-money untuk melakukan pembayaran di gadget dengan fitur ini. Biasanya e-money berbentuk kartu yang bisa diisi dengan sejumlah uang. Saat digunakan, kartu hanya perlu disentuhkan ke alat hingga transaksi bisa berjalan dengan baik.

Selain e-money, e-toll juga menggunakan konsep NFC. Semua pembayaran di gerbang tol sudah jarang menggunakan uang tunai. Anda cukup mendekatkan kartu ke panel NFC untuk melakukan transaksi. Saldo otomatis terpotong dan mobil bisa segera lewat.

Umumnya kartu dengan fitur NFC membutuhkan perangkat khusus untuk mengisinya. Tidak semua orang bisa melakukannya. Untunglah ada ponsel dengan fitur NFC yang banyak dijual di pasaran. Proses pengisian bisa berjalan dengan cepat dan tanpa masalah.

Beberapa bank di dalam negeri juga sudah bekerja sama dengan penyedia layanan NFC sehingga proses transaksi bisa berjalan dengan baik. Ingat, pengisian e-money harus pakai ponsel dengan NFC, kalau belum ada fitur ini, proses isi ulang akan gagal.

4. Dipakai untuk Wireless Charger

Dipakai untuk Wireless Charger

NFC adalah platform yang menggunakan gelombang radio dengan frekuensi pendek. Gelombang radio ini juga dipakai pada perangkat pengisian nirkabel yang dipakai pada ponsel jenis flagship. Komunikasi dua perangkat bisa membuat daya dari baterai terisi.

Meski bisa digunakan untuk mengisi daya dengan baik, pastikan untuk memiliki alat charger yang mendukung. Akan percuma kalau alatnya tidak ada dan ponsel tidak mendukung pengisian itu. Ponsel dengan fitur wireless charger biasanya pakai NFC.

Sayangnya tidak semua ponsel dengan NFC di dalamnya bisa dipakai untuk pengisian daya tanpa tersambung ke listrik.

Kalau Anda ingin mendapatkan ponsel dengan NFC dan bisa wireless charging tanyakan pada penjual atau coba dulu di counter sebelum memutuskan beli.

5. Menyalakan Aplikasi atau Perangkat

Menyalakan Aplikasi atau Perangkat dengan NFC

Konsep dari NFC adalah komunikasi dua arah antara dua perangkat. Pertama adalah ponsel dengan NFC di dalamnya dan perangkat lain.

Nah, perangkat lain ini tidak hanya sesama ponsel untuk mengirim data saja. Ada perangkat atau aplikasi lain yang bisa dinyalakan dengan NFC.

Misal ingin menyalakan sesuatu tanpa harus repot mencari remote. Anda cukup melakukannya dengan mendekatkan ponsel ke alat. Dengan program yang sudah diberikan sebelumnya, aplikasi atau gadget akan menyala dan bisa  digunakan secara langsung.

Untuk mematikan alat yang menyala, NFC bisa didekatkan kembali. Artinya ada perintah untuk menutup atau mematikannya.

6. Memindai Informasi Lokasi

Memindai Informasi Lokasi

Beberapa alat NFC yang ada di merchant atau fasilitas umum banyak menyimpan berbagai informasi terkait lokasi dan juga toko.

Kalau Anda merasa kebingungan dan ingin tahu informasi lokasi dan juga toko, bisa langsung dipindai panel NFC yang sudah disediakan.

Fitur ini tentu masih sulit ditemukan di Indonesia. Namun, kalau Anda pergi ke beberapa negara maju seperti Jepang, Korea, atau Amerika, cara ini bisa dilakukan. Jadi, informasi yang akurat bisa segera didapatkan.

7. Mengirim File Antar Perangkat

Mengirim File Antar Perangkat dengan NFC

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa ini adalah fitur yang dipakai untuk melakukan komunikasi dua arah. Anda bisa mengomunikasikan perangkat yang dimiliki semisal ponsel dengan perangkat lain yang sama-sama memiliki komponen NFC di dalamnya.

Setelah tersambung ke perangkat, apa yang bisa dilakukan? Bisa saling berbagai file yang ukurannya besar dengan cepat. Konsepnya mirip sekali dengan inframerah. Hanya saja, lebih modern dan proses yang terjadi sangat cepat.

Karena memiliki gelombang yang pendek, dua perangkat yang ingin saling mengirim data harus didekatkan satu dengan lainnya. Misal dengan sama-sama memegangnya atau cukup ditumpuk di atasnya. Proses akan berjalan dengan sendirinya dengan baik.

Pengiriman file bisa dilakukan dengan mengaktifkan NFC melalui Settings terlebih dahulu. Selanjutnya, pilih file mana yang akan dikirim. Selanjutnya tekan tombol kirim dengan pilihan Android beam. Dekatkan ponsel satu dengan lainnya agar proses pengiriman data berjalan.

Setelah membaca “apa itu NFC dan manfaatnya”, Anda jadi paham kan bahwa manfaat yang berada di dalam ponsel ini banyak sekali.

Salah satunya dipakai untuk membayar sesuatu. Kalau Anda pencinta drama Korea pasti tidak asing dengan hal ini, terutama saat di bus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like