Cara Mengatasi HP Realme Lemot

Cara Mengatasi HP Realme Lemot – Tidak bisa kita pungkiri bahwasanya HP yang lemot ataupun lelet merupakan salah satu permasalahan yang cukup serius, karena membuat kita merasa kesal selama menggunakan perangkat tersebut. Nah hal ini sebenarnya merupakan sesuatu yang sangat umum terjadi pada perangkat-perangkat teknologi.

Termasuk perangkat-perangkat yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan besar atau ternama di dunia. Terutama untuk perangkat-perangkat yang notabenenya sudah berusia diatas 2 tahun. Dan ini juga bisa terjadi untuk para pengguna HP realme. Ketika menggunakan HP realme ataupun hp-hp lain di atas 2 tahun biasanya Anda akan menemukan hp yang lemot.

Dan ini akan ngebuat kita merasa terganggu, terutama saat harus melakukan berbagai macam hal-hal penting di dalamnya. Karena memang pada umumnya ponsel-ponsel merupakan perangkat yang membantu kita untuk menyelesaikan berbagai macam jenis pekerjaan, mulai dari pekerjaan kantor sampai dengan pekerjaan kuliah dan yang lainnya.

Hal ini karena memang Ponsel adalah perangkat yang multitasking. Sehingga kita akan merasa kesel banget saat multitasking-nya sudah kurang optimal atau lelet. Terutama kalau misalnya lele tersebut terjadi ketika kita baru selesai melakukan  pembaharuan sistem. Padahal harusnya ketika pembaharuan sistemnya di perbaiki performanya menjadi lebih optimal.

Tapi yang terjadi kadang justru sebaliknya. Nah untuk Anda yang mungkin sedang mengalami permasalahan ini bisa langsung saja simak beberapa cara mengatasi HP realme remote berikut ini.

Cara Mengatasi HP Realme Lemot

Namun sebelum membahas beberapa cara mengatasi HP realme lemotnya kita akan balas dulu beberapa penyebab ataupun faktor yang membuat HP tersebut lemot. Untuk faktor yang pertama mungkin karena ada kerusakan di bagian sistem dan juga aplikasi. Dalam hal ini sangat mungkin terjadi yang namanya cacat ataupun kerusakan di realme ui-nya.

Hal ini berkaitan dengan pengguna yang melakukan pembaruan sistem. Sebagaimana sudah kami Sebutkan sebelumnya bisa saja pembaharuan yang harusnya membuat performa ponsel menjadi lebih baik justru sebaliknya. Padahal sebagai para pengguna realme ataupun pengguna ponsel-ponsel lain kita kerap kali Menunggu update-an versi sistem yang terbaik dengan performa yang terbaik.

Tapi kalau misalnya yang terjadi justru sebaliknya tentu ini yang akan ngebuat ponsel kita jadi lemot. Adapun penyebab yang lainnya bisa saja karena banyak banget menjalankan aplikasi. Memang benar bahwa saya ponsel-ponsel masa kini merupakan ponsel-ponsel yang sangat cerdas, kalau istilah-istilah kerennya itu yang multitasking tadi. 

Tapi kalau misalnya terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan juga akan berpengaruh terhadap performa ponsel tersebut. Dalam hal ini saat ada ponsel realme yang menjalankan aplikasi terlalu banyak maka bisa membuat ponsel tersebut jadi lemot. Terutama kalau misalnya Anda menggunakan ponsel realme yang ram-nya masih dibawah 4 Gigabyte.

Dan perlu diketahui pula bahwa saya ponsel-ponsel yang ram-nya di atas 4 GB juga sangat mungkin mengalami permasalahan ini. Oleh karena itu kami sarankan anda untuk memastikan bahwasanya aplikasi yang dijalankan nggak terlalu banyak supaya tidak memaksa ponsel untuk bekerja lebih keras.

Penyebab-penyebab lainnya bisa juga dikarenakan konsumsi RAM yang terlalu berlebihan sehingga membuat kapasitas penyimpanannya tinggal sedikit, dan beberapa permasalahan-permasalahan lain. Oke Berikut ini merupakan cara mengatasi HP realme remote yang dapat dicoba.

Menutup Aplikasi-aplikasi yang Dibuka

Cara mengatasi HP realme lemot pertama yang dapat anda lakukan ialah dengan menutup aplikasi-aplikasi yang dibuka. Cara yang satu ini  termasuk cukup efektif untuk mengatasi ponsel yang lemot loh. Anda dapat melakukan cara ini dengan menggunakan recent app  yang ada di bagian sebelah kiri dari HP anda, atau kalau misalnya pengen menggunakan manajemen aplikasi juga bisa kok.

Ketika anda menutup semua aplikasi-aplikasi yang digunakan maka ini bisa banget menurunkan konsumsi RAM yang sedang digunakan. Kalau misalnya anda akan menggunakan  recent app, maka yang bisa anda lakukan ialah dengan membuka recent app yang ada pada ponsel kemudian bisa Klik tutup semua. Hal ini agar semua aplikasi yang dijalankan akan ditutup.

Dan dengan demikian maka penggunaan memori ram-nya bakalan dibebaskan. Kalau misalnya ingin menggunakan manajemen aplikasi maka anda bisa pergi ke bagian menu pengaturan pada ponsel kemudian pilih yang bagian manajemen aplikasi. Berikutnya pilih daftar aplikasi dan temukan aplikasi yang bakalan Anda tutup.

Kalau aplikasinya sudah ketemu Anda dapat memilih aplikasi tersebut dan klik bagian fakta berhenti agar aplikasinya berhenti saat itu juga. Dan ketika anda mengakses ponsel, maka ponselnya sudah enggak lemot lagi. Gimana cukup mudah kan?

Merestart Ponsel

Cara mengatasi HP realme lemot yang berikutnya Iyalah dengan merestart ponsel. Merestart Ponsel adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi pada perangkat. Termasuk saat ponsel Anda tiba-tiba menjadi lemot. Dan cara satu ini termasuk cara yang sangat umum dan bisa dilakukan di berbagai macam ponsel dengan brand-brand yang lainnya.

Dan kami sarankan anda untuk merestart ponsel ketika mengalami beberapa permasalahan pada perangkat. Entah itu ketika perangkat anda lemot ataupun aplikasi-aplikasi nggak bisa dibuka Dan beberapa permasalahan-permasalahan lain. Memang sih nggak ada jaminan kalau misalnya dengan merestart ponsel nantinya performanya bakalan baik lagi. 

Tapi kalau misalnya Berdasarkan pengalaman banyak orang ini sangat-sangat efektif kok, dan kemungkinan berhasilnya juga cukup besar.

Membersihkan Sampah Aplikasi

Kalau misalnya ponsel Anda lemot dikarenakan sampah-sampah aplikasi yang terlalu banyak menumpuk maka anda bisa membersihkan sampah-sampah aplikasi tersebut. Dan tidak bisa dipungkiri bahwasanya kemungkinan ponsel lemot dikarenakan sampah aplikasi yang terlalu banyak ini cukup besar loh.

Hal ini lantaran banyak sekali di antara kita yang gak aware dengan sampah-sampah yang ada di dalam aplikasi. Terutama untuk aplikasi-aplikasi yang sering kali kita gunakan. Atau malah yang kerap kali kita gunakan setiap hari atau bahkan setiap saat. Penggunaan aplikasi yang terlalu sering akan mengakibatkan semakin banyak sampah yang menumpuk.

Dan kemudian ia akan memakan ruang penyimpanan Dan inilah yang mungkin membuat ponsel menjadi lemot. Adapun cara membersihkan  sampah aplikasi ini ialah dengan mengandalkan menu pengaturan pada ponsel. Dan anda bisa menghapus semua sampah-sampah aplikasi yang ada.

Kalau sudah dibersihkan maka ruang penyimpanan menjadi lebih lega dan ini yang juga akan membuat ponsel nggak lemot lagi.

Membersihkan Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan perangkat yang sudah sangat terbatas ini biasanya akan mengakibatkan beberapa permasalahan, termasuk ponsel menjadi  lemot. Kalau misalnya anda merasa ruang penyimpanan Perangkat sudah sangat limit atau sudah banyak digunakan maka anda harus membersihkan ruang penyimpanan tersebut supaya performa ponsel tetap terjaga.

Dalam hal ini supaya ponselnya nggak lemot-lemot lagi. Anda bisa menghapus foto-foto ataupun video-video serta file file lain, atau bahkan aplikasi-aplikasi yang notabene-nya memang sudah enggak digunakan lagi. Pilah dan Pilih Saja mana Yang kira-kira Masih digunakan. Kalau ngerasa sudah nggak digunakan ya tinggal dihapus aja.

Daripada menemui ruang penyimpanan dan membuat ponsel jadi lemot, mending dihapus aja kan? Dan untuk cara satu ini pasti udah pada tahu lah ya gimana caranya.

Atau kalau misalnya Anda ngerasa sayang untuk menghapus foto-foto serta video ataupun file-file lain yang ada pada perangkat maka anda bisa membackupnya saja dengan menggunakan ruang penyimpanan awan milik Google. Tujuannya ya biar file-file tersebut tetap bisa diakses kapanpun anda mau. 

Oke itulah dia beberapa cara mengatasi HP realme lemot yang dapat dicoba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.