Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call 

Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call  – Nyaris semua aplikasi yang kita temui pasti beresiko bermasalah, termasuk aplikasi aplikasi yang besar dan terkenal sekalipun. Hal ini karena tidak ada satupun produk buatan manusia yang sempurna.

Semua punya kelebihan dan kekurangannya masing masing. Dan ini juga bisa anda temukan di aplikasi ternama, whatsapp. Atau yang biasa kita singkat dan sebut dengan wa.

Yes, meskipun merupakan sebuah aplikasi besar, berkualitas, dan ternama, aplikasi berkirim pesan instan yang satu ini tetap bisa saja membuat anda mengalami beberapa kendala. Salah satu kendala yang mungkin sering dialami oleh para penggunanya adalah wa yang tidak bisa video call.

Yang mana, video call sendiri merupakan salah satu layanan yang dihadirkan oleh pihak wa untuk siapapun yang ingin berkirim pesan atau kabar lewat video.

Nah sebenarnya, apa sih alasan kenapa wa tidak bisa video call? Buat anda yang penasaran, dan pengen tahu alasan kenapa wa tidak bisa video call bisa simak penjelasan singkatnya berikut ini ya. 

Tentang Whatsapp

Sebelum membahas beberapa Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call, kita akan bahasa tentang aplikasi whatsapp itu sendiri.

Meskipun di bagian pembuka sudah dibahas sekilas ya. Jadi, whatsapp, menurut penulis adalah sebuah aplikasi untuk berkirim pesan. Baik itu pesan suara, pesan teks, atau bahkan pesan video. Di dalam aplikasi tersebut, terdapat berbagai macam fitur fitur yang menarik untuk dicoba oleh semua pengguna aplikasinya.

Mulai dari fitur berkirim pesan, kemudian fitur membuat status, memanggil seseorang, sampai dengan fitr untuk melakukan video dengan seseorang. Dan sebagai pengguna setia aplikasi, anda pasti sudah nggak asing lagi dengan semua fitur fitur menarik tersebut.

Namun, nggak bisa dipungkiri, bahwasanya ada beberapa kelemahan dari aplikasi whatsapp yang versi ori. Seperti pembuatan status yang hanya berdurasi beberapa detik saja, hanya bisa mengirimkan sekitar 30 an foto atau gambar, dan beberapa yang lainnya.

Dan kadang, nggak jarang pula ada kendala saat melakukan panggilan video. Beberapa kendala ini yang tampaknya membuat banyak pihak melakukan modifikasi aplikasi whatsapp, agar bisa berfungsi lebih maksimal. Namun bagaimanapun, yang namanya aplikasi pasti punya kekurangannya masing masing ya.

Dan anda akan menemukan kekurangan tersebut ketika menggunakan aplikasinya. Entah itu sekarang, atau besok, atau malah suatu hari nanti.

Karena nggak ada yang namanya aplikasi sempurna tanpa kekurangan sedikitpun. Salah satu kendala yang bisa saja dialami oleh para pengguna whatsapp adalah nggak bisa melakukan panggilan video. Iya kan? Mungkin, nggak begitu banyak orang yang mengalami kendala tersebut.

Tapi, tetap ada, meski jumlahnya hanya beberapa saja. Nah, kira kira apa sih Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call itu sendiri? Bagi anda yang belum pernah mengalami permasalahan ini pasti masih belum tau apa saja alasannya, sama dengan mereka yang sudah mengalaminya.

Dan sebagai pengguna whatsapp yang bijak, tentu akan lebih baik jika anda tahu apa saja Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call. Hal ini agar suatu hari nanti menemukan permasalahan yang demikian akan memudahkan anda dalam menanganinya.

Karena penanganan sebuah permasalahan hanya bisa dilakukan ketika anda sudah punya pengetahuan tentang apa sih penyebabnya. Dan kali ini akan kita bahas beberapa yang menjadi Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call. 

Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call

Ketika pertama kali rilis, anda belum bisa menemukan fitur video call. Karena saat pertama kali rilis, hanya ada beberapa fitur saja. Dan fitur yang paling umum adalah fitur chat atau mengirim pesan teks, dan juga pesan suara.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, pihak whatsapp akhirnya mengeluarkan fitur yang baru, yakni fitur untuk melakukan panggilan video. Di mana, sesuai dengan nama fiturnya, dengan menggunakan fitur tersebut memunginkan semua orang yang berjauhan bisa terhubung ke dalam panggilan video.

Baca Juga :  10 Aplikasi Kalkulator Zakat Terbaik di Android

Saling menatap wajah satu dengan yang lainnya. Bahkan yang menariknya lagi, saat pertama kali diluncurkan, fitur ini hanya memungkinkan beberapa orang saja yang melakukan atau tergabung ke dalam sebuah panggilan video.

Namun makin ke sini, semakin banyak jumlah orang yang bisa tergabung ke dalam sebuah panggilan video. Sehingga, sangat recomended digunakan oleh siapapun yang mau melakukan panggilan video dengan beberapa orang sekaligus ya.

Misal, rapat internal organisasi di kampus, ada pertemuan online dengan orang penting, interview, dan yang lainnya. Nah kadang, kita nggak pernah tahu kapan sih fitur tersebut nggak bisa berfungsi dengan baik. Bahkan kadang mungkin, ia nggak bisa berfungsi dengan baik saat anda sedang membutuhkannya.

Misal, saat mau interview. Kalau sudah demikian, kan repot ya. Maka dari itu, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, kami sarankan anda untuk mengetahui Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call ini.

Supaya bisa mengatasi masalah yang ada, dan bisa melanjutkan kegiatan video call dengan aman dan nyaman, sesuai dengan keinginan. 

Jaringan Kurang Stabil

Karena basisnya online, maka kestabilan jaringan menjadi hal yang sangat penting. Dan ini nggak cuma berlaku bagi aplikasi whatsapp aja sih. Tapi juga berlaku untuk aplikasi aplikasi yang lainnya.

Maka dari itu, ketika anda akan melakukan panggilan, baik itu video ataupun yang panggilan suara, pastikan bahwasanya jaringan internet yang digunakan sudah stabil.

Agar panggilannya bisa berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call yang pertama adalah jaringan internet yang anda gunakan kurang stabil.

Dan perlu diperhatikan pula, bahwasanya jaringan yang tidak stabil bahkan nggak cuam membuat anda nggak bisa melakukan panggilan saja, baik itu video ataupun suara. Tapi juga membuat anda nggak bisa melihat status dan juga mengirimkan pesan teks lho. 

Kalau pesan teks saja nggak bisa, apalagi video call yang notabenenya membutuhkan banyak jaringan kan? Maka dari itu, sebelum akhirnya melakukan panggilan video dengan orang lain atau dengan seseorang, anda meski memastikan bahwasanya jaringan internet yang digunakan stabil dahulu. 

Nomor WA Kamu Diblokir Oleh Pengguna Lain

Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call yang kedua adalah nomor wa anda diblokir oleh orang lain. Bagi anda yang pengen melakukan panggilan video, tapi ternyata nggak bisa terus, maka bisa saja dikarenakan nomor anda yang diblokir oleh orang tersebut.

Dalam penggunaan wa sendiri, baik itu fitur video callnya atau yang lainnya, seorang pengguna meski menyimpan nomor pengguna lain ya. Dan ini akan memudahkan penggunaan fitur yang satu dengan yang lainnya, termasuk penggunaan fitur video call.

Maka ketika anda ternyata diblokir oleh orang yang akan anda ajak melakukan video call, sudah pasti, kalian nggak bakalan bisa melakukan video call. Lantas, gimana sih biar kita tahu kalau nomor kita diblokir oleh seseorang? Caranya gampang banget kok.

Anda bisa ngeliat foto profilnya. Kalau biasanya ia menggunakan foto profil, tapi tiba tiba sudah nggak ada fotonya, maka ini bisa menjadi salah satu indikasi bahwasanya nomor anda diblokir. Kemudian, anda bisa mencoba ngechat nomor tersebut.

Jika centang satu, dan ini terjadi selama berjam jam, ini juga menjadi salah satu indikasi bahwasanya anda sudah diblokir oleh orang tersebut. 

Perizinan Untuk Pengaturan Kamera Dan Mikrofon Belum Aktif

Adapun Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call yang berikutnya adalah anda belum mengizinkan penggunaan kamera dengan mikrofon. Karena yang namanya video call, pasti butuh kedua hal tersebut kan?

Yakni, butuh izin penggunaan atau akses kamera dengan mikrofon. Hal ini agar anda bisa melakukan panggilan video dengan seseorang. 

WA Sedang Ada Masalah

Jika beberapa Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call di atas disebabkan oleh personalitas, atau berasal dari para penggunanya, maka Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call yang terakhir ini bukan dari personalitas anda. Melainkan dari pihak wa nya sendiri.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Bank Digital Terbaik

Karena mungkin, ketika anda melakukan panggilan video, nggak nyambung nyambung dikarenakan pihak aplikasi sedang melakukan pengembangan. Iya kan?

Dan lalu Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call dikarenakan wa nya lagi ada masalah, nggak ada yang bisa anda lakukan selain menunggu aplikasinya pulih kembali.

Nah itulah dia beberapa Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call yang meski anda pahami. Dan anda bisa menentukan solusinya ketika sudah tahu Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Video Call. Demikian, semoga bermanfaat, semoga membantu.