5+ Cara Agar Video YouTube Banyak yang Nonton

blogpress.idHai teman-teman! Kamu punya channel YouTube tapi bingung kenapa penontonnya sepi? Atau mungkin kamu baru mau jadi YouTuber tapi takut videonya nggak banyak yang nonton?

Di sini kita akan bahas tentang “cara biar video YouTube banyak yang nonton.” Mulai dari ngertiin apa itu SEO YouTube, langkah-langkah yang bisa kamu lakuin, sampe tips dan trik jitu yang mungkin belum pernah kamu denger!

Jadi, buat kamu yang lagi nyari cara buat nambahin penonton di channel YouTube, atau bahkan yang baru mau mulai, yuk simak! Jangan sampe ketinggalan info ini ya karena pasti bermanfaat banget buat channel YouTube kamu.

5+ Cara Agar Video YouTube Banyak yang Nonton
5+ Cara Agar Video YouTube Banyak yang Nonton

Pengertian SEO Youtube

Kita bahas tentang sesuatu yang mungkin belum familiar buat banyak dari kita, yaitu SEO YouTube. Tapi nih, sebelumnya, kamu udah tahu belum apa itu SEO YouTube?

Pengertian SEO YouTube sebenarnya mirip dengan SEO yang kita kenal di dunia website. Jadi, SEO atau Search Engine Optimization itu adalah usaha kita biar konten kita lebih gampang ditemuin sama mesin pencari. Nah di YouTube, SEO ini kayak usaha kita biar video kita muncul pas orang-orang lagi nyari sesuatu di YouTube.

Gampangnya, bayangin aja kayak kita lagi ngasih tau YouTube, “Eh, ini video penting, tonton ya!” Jadi, misalnya kamu punya video tutorial masak rendang super enak, tanpa SEO, video kamu bisa aja kehilangan dan nggak ditemuin sama yang lagi cari tutorial masak rendang di YouTube. Sayang banget kan?

Manfaat SEO Youtube

Lanjut ke manfaat SEO YouTube nih. Ada banyak banget manfaat yang bisa kamu dapetin dari SEO YouTube ini lo!

1. Meningkatkan Visibilitas Video

Dengan SEO YouTube, video kamu jadi lebih gampang ditemuin sama orang. Bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian, jadi visibilitas video kamu naik deh.

2. Meningkatkan Jumlah Penonton dan Subscriber

Kalo video kamu mudah ditemuin, pasti jumlah penonton dan subscriber juga ikutan naik. Bagi yang mau jadi YouTuber terkenal, ini penting banget kan?

3. Meningkatkan Engagement

SEO YouTube juga bantu meningkatin engagement di video kamu, kayak jumlah like, share, dan komentar. Semakin tinggi engagement, semakin bagus video kamu di mata YouTube.

4. Meningkatkan Monetisasi

Yang terakhir, dengan naiknya jumlah penonton dan subscriber, potensi penghasilan dari YouTube juga ikutan naik. Khususnya buat yang pengen dapet duit dari YouTube, ini manfaat yang pasti diidam-idamkan!

Jadi, itu dia apa itu SEO YouTube dan manfaatnya.

Cara Agar Video Youtube Banyak yang Nonton

Kita tahu bahwa jadi YouTuber sukses nggak gampang banget. Salah satu tantangannya adalah gimana Cara Agar Video YouTube Banyak yang Nonton.

Nah di sini aku bakal bagi-bagi tips yang bisa kamu coba. Siap-siap ya!

1. Pakai Judul yang Menarik

Judul video itu penting banget guys. Bayangin aja, kalo judulnya cuma “Video 1,” “Video 2,” “Video 3,” apakah kamu tertarik buat klik dan nonton?

Nah sama halnya sama penonton lain. Judul yang menarik dan informatif bisa bikin orang penasaran buat klik dan nonton video kita.

Cara bikin judul yang menarik, ada beberapa tips nih:

  • Gunain Kata Kunci: Pakai kata kunci yang sering dicari orang. Misalnya, kalo video kita tentang “cara masak rendang,” masukin kata kunci kayak “cara masak rendang” atau “resep rendang” di judul.
  • Berikan Deskripsi Singkat: Jangan cuma pake kata kunci, tambahin deskripsi singkat tentang video kita. Misalnya, “Cara Masak Rendang ala Restoran Padang.”
  • Gunain Angka: Judul dengan angka biasanya lebih menarik, lho. Misalnya, “5 Langkah Mudah Masak Rendang ala Restoran Padang.”

2. Optimalkan Deskripsi Video

Selanjutnya, kita perlu optimalkan deskripsi video. Deskripsi ini penting buat bantu YouTube dan penonton paham isi video kita. Kalo deskripsinya jelas, YouTube bakal lebih gampang nampilin video kita ke penonton yang tepat, dan pastinya ini bisa nambahin jumlah penonton.

Buat optimalkan deskripsi video, ada beberapa hal yang perlu diperhatiin:

  • Sertakan Kata Kunci: Masukin kata kunci ke deskripsi video kita, tapi jangan asal aja. Pastiin kalimatnya tetep enak dibaca.
  • Jelaskan Konten Video: Jelaskan singkat dan jelas isi video kita. Misalnya, “Dalam video ini, kita bakal belajar cara masak rendang ala restoran Padang dalam 5 langkah mudah.”
  • Pake Call to Action: Ajak penonton buat like, share, dan subscribe channel kita. Ini bisa nambah engagement dan juga jumlah penonton dan subscriber kita.

3. Pilih Tag Video yang Tepat

Selain judul dan deskripsi, ada satu hal lagi yang penting dalam SEO YouTube, yaitu tag video. Tag ini berguna buat ngasih tahu YouTube topik video kita, jadi jangan sembarangan masukin tag ya!

Tips memilih tag yang tepat:

  • Pilih Tag yang Cocok dengan Konten: Pastiin tag yang kita pilih sesuai sama isi video. Misalnya, kalo video kita tentang masak rendang, tag yang cocok bisa jadi “resep rendang,” “cara masak rendang,” “masakan Padang,” dan lainnya.
  • Gunain Variasi Kata Kunci: Jangan cuma satu kata kunci, coba variasiin. Misalnya, kalo kata kunci “masak rendang,” bisa kita variasiin jadi “cara masak rendang,” “resep rendang,” “tutorial masak rendang,” dan lain-lain.
  • Jangan Tag Terlalu Banyak: Jangan kebanyakan nambahin tag. Cukup 5-10 tag yang paling relevan sama konten video kita.

4. Bikin Thumbnail yang Menarik

Sekarang kita bahas thumbnail. Thumbnail ini penting banget, karena bisa ngaruhin orang buat klik atau nggak video kita. Jadi, wajib bikin thumbnail yang menarik!

Tips bikin thumbnail yang menarik:

  • Gunain Warna yang Ngejreng: Warna yang mencolok bisa tarik perhatian orang pas mereka scroll di YouTube. Jadi, jangan takut buat eksperimen warna!
  • Sertakan Judul atau Tekst Pendek: Tambahin sedikit teks yang jelasin tentang video kita. Tapi inget, jangan terlalu panjang dan pastiin mudah dibaca.
  • Pake Gambar yang Berkualitas: Pastiin gambar yang kita pake jelas dan berkualitas bagus. Jangan sampe blur atau pixelated.

5. Manfaatin YouTube Analytics

Terakhir, jangan lupa sama YouTube Analytics. Ini tool dari YouTube yang bisa bantu kita lebih paham tentang video dan penonton kita.

Dengan YouTube Analytics, kita bisa lihat:

  • Demografi Penonton: Tahu siapa aja penonton kita, termasuk usia, jenis kelamin, dan lokasi mereka. Dengan info ini, kita bisa sesuaikan konten sama penonton kita.
  • Sumber Penonton: Lihat dari mana penonton kita dateng. Misalnya, dari hasil pencarian, rekomendasi YouTube, atau dari link luar.
  • Engagement: Lihat berapa banyak like, share, dan komentar yang kita dapet. Juga bisa lihat berapa lama penonton nonton video kita.

Dengan info-ini, kita bisa lebih paham apa yang disukai atau nggak disukai sama penonton kita, dan pastinya bisa bantu kita nambahin jumlah penonton video YouTube kita. Jadi, jangan lupa selalu cek YouTube Analytics ya!