YouTube Thumbnail Size dan Ukuran Header YouTube

YouTube Thumbnail Size

Deskripsi: Informasi ukuran thumbnail YouTube (YouTube Thumbnail Size) dan header YouTube yang tepat dan pas, juga tips cara pembuatannya agar menarik. Cocok untuk yang baru memulai jadi youtuber.


Untuk menjadi seorang youtuber, tidak hanya memerlukan skill dan konten bermutu. Kamu juga harus tahu bagaimana cara mengatur dan mengelola channel agar rapi dan menarik.

Salah satunya yaitu mengetahui ukuran thumbnail Youtube dan header YouTube, serta cara membuatnya. Gambar untuk thumbnail Youtube, tergolong sangat penting.

Hal ini dapat menarik perhatian user agar mau menonton videomu. Bahkan, youtuber papan atas sekalipun selalu memperhatikannya. Karena, thumbnail bagian dari trik untuk memancing minat penonton.

Apa Itu YouTube Thumbnail Size dan Header Youtube?

YouTube Thumbnail Size

Sederhananya, YouTube thumbnail size adalah gambar sampul youtube yang berukuran kecil. Ukurannya hampir sebesar ibu jari orang dewasa. Atau, jenis gambar yang lebih kecil dibandingkan dari resolusi aslinya.

Ukurannya yang kecil, bertujuan untuk menghemat ruang layar smartphone. Gambar ini biasanya langsung muncul ketika kita membuka beranda Youtube.

Karena, ketika kita meng-upload video, Youtube akan secara default mengacak capture dari video tersebut. Selain default, kamu juga bisa membuat gambar yang menarik, kemudian mengatur YouTube thumbnail size itu sendiri.

Sementara gambar header adalah gambar yang ada di channel Youtube milikmu. Ukurannya lebih panjang dibandingkan dengan thumbnail.

Baca Juga:

Ukuran Thumbnail YouTube

Ukuran Thumbnail YouTube

Ukuran thumbnail Youtube 2020, masih tetap sama dengan tahun sebelumnya. Rekomendasi dari website official Support Google, untuk YouTube Thumbnail Size adalah sebagai berikut:

  1. Resolusi 1280×720, dengan lebar minimum berukuran 640 piksel.
  2. Format gambar yang diupload berbentuk JPG, PNG, GIF, atau BMP.
  3. Ukuran sampul Youtube tidak boleh lebih dari 2 MB
  4. Silahkan menggunakan rasio aspek 16:9. Rasio tersebut sering sekali digunakan di dalam pratinjau dan pemutar Youtube.

Cara Membuat Sampul YouTube dengan Tools  Gratis

Ada banyak cara membuat gambar untuk sampul atau thumbnail Youtube yang menarik. Jika kamu tidak memiliki software yang bagus, bisa memanfaatkan tools gratis.

Ada banyak tools yang bisa kamu manfaatkan. Salah satunya adalah aplikasi Canva yang bisa digunakan di smartphone.

Melalui tools tersebut, kamu tidak akan kesulitan membuat sampul Youtube yang menarik. Cara menggunakannya pun mudah. Selain itu, aplikasi ini tersedia untuk HP Android. Fitur yang tersedia pun sudah cukup mumpuni.

Selain Canva, masih ada beberapa tools lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat atau mengatur YouTube Thumbnail Size, misalnya seperti Adobe Spark Post, dan masih banyak lainnya.

Ukuran Header YouTube

Membuat Ukuran Header YouTube

Sedangkan ukuran header untuk Youtube dashboard adalah sebagai berikut:

  1. Resolusi minimum 2048×1152
  2. Untuk teks dan logo, area yang aman minimum 1546×423.
  3. Resolusi maksimum 2560×423. Ukuran ini jauh lebih aman dan akan selalu terlihat.
  4. Ukuran gambar maksimal 6 mb.

Cara Mengubah Header YouTube

Bingung bagaimana cara mengubah header di Youtube desktop? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke akun Youtube
  2. Pilih Channel Saya yang ada pada menu di bagian kanan atas
  3. Pilih header channel baru, kemudian klik tambah header
  4. Arahkan kursor pada banner, lalu klik Edit, kemudian Edit header channel
  5. Pilih gambar yang sudah ditentukan, kemudian upload
  6. Setelah selesai kamu akan melihat pratinjauan header di berbagai perangkat. Kamu juga bisa melakukan cropping untuk menyesuaikannya
  7. Silahkan klik Pilih jika sudah selesai

Fungsi Thumbnail dan Header di Youtube

Fungsi Thumbnail Youtube

Thumbnail atau sampul ini, berfungsi sebagai gambar tautan. Sebelum video kamu diputar, maka yang pertama kali tampil adalah gambar sampul tersebut.

Di sinilah kenapa kita harus membuat sampul youtube yang menarik. Tujuannya agar penonton penasaran dengan video yang kamu unggah.

Selain itu, Kamu juga bisa memasukkan beberapa informasi pada sampul tersebut. Misalnya, menambahkan judul yang menarik, atau clickbait yang dapat menambah penasaran orang lain.

Sementara header merupakan gambar yang akan menjadi ciri dari identitasmu di Youtube. Kamu bisa membuat header yang menarik untuk menampilkan nuansa unik di halaman Youtube milikmu.

Baca Juga:

Tips Membuat Thumbnail (Sampul) Youtube yang Menarik

Membuat Thumbnail YouTube

Untuk membuat sampul Youtube yang menarik, sedikitnya kamu harus tahu cara desain grafis. Sederhananya, tahu cara membuat gambar sampul yang berestetika dan menarik.

Bagi yang belum paham, jangan khawatir, berikut kami paparkan sedikit tipsnya di bawah ini:

1. Gunakan Foto Pribadi

Jika kontenmu mirip seperti Ria Ricis atau Atta Halilintar, maka gunakanlah selalu fotomu pada Thumbnail. Jadi, pastikan kamu mempunyai cukup banyak stok foto pribadi. Buat juga foto pribadi yang menarik untuk sampul Youtube.

Ada banyak youtuber yang tidak menggunakan fotonya sendiri. Ada juga yang hanya sekedar logo. Hal itu sah-sah saja. Namun, kami tetap merekomendasikan ini, agar kamu mudah dikenal oleh penonton.

2. Perhatikan Kecerahan Gambar

Sebelum digunakan sebagai sampul, perhatikan terlebih dahulu kualitas gambar tersebut. Pastikan kecerahannya optimal.

Sampul yang cerah akan tampak mencolok. Namun, tetap pastikan gambar tidak terlalu gelap juga tidak terlalu cerah.

3. Taruh Judul Video Pada Sampul

Jangan lupa untuk menambahkan tulisan pada thumbnail yang dibuat. Kamu bisa memajang judul video di dalam sampul tersebut. Pengaruhnya cukup besar, loh, salah satunya dapat memberikan pesan konteks kepada pemirsa.

Dengan hanya melihat sampul, user bisa mendapatkan gambaran tentang isi video tersebut. Beberapa youtuber juga sering menggunakan nomor pada sampul videonya.

Cocok untuk video berseri atau bersambung. Penomoran akan memudahkan penonton menemukan setiap part dari video tersebut.

4. Gunakan Font yang Sama

Ketika membuat sebuah sampul, pastikan kamu menggunakan font yang sama. Ingatlah selalu nama font yang kamu gunakan. Hal ini untuk memberikan ciri khas dan kesan desain yang kuat pada Channel milikmu.

Ada banyak sekali variasi font yang bisa kamu pilih. Silahkan sesuaikan dengan konsep konten atau keinginanmu.

Nah, itulah ukuran thumbnail Youtube dan header YouTube yang bisa kamu aplikasikan. Sebelum meng-upload thumbnail dan header, pastikan ukurannya pas. Karena, mengatur YouTube Thumbnail Size sangat penting agar gambar menarik dan tidak terpotong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cek Kuota Smartfren

Cara Cek Kuota Internet Smartfren

Apakah Anda termasuk orang yang suka menghabiskan waktu berjam-jam memandangi medsos atau YouTube di ponsel pintar? Jika iya, pastinya Anda membutuhkan provider yang memiliki jaringan baik dan harga paket internet…
Selengkapnya
Membuat Channel YouTube di Laptop

Cara Membuat Channel YouTube

Deskripsi: Informasi cara membuat channel youtube lengkap dengan tips mengembangkannya. Cocok untuk kamu yang baru memulai menjadi youtuber & sulit mendapatkan subscriber. Ingin menjadi youtuber tapi belum tahu cara membuat…
Selengkapnya