18 Desember Memperingati Hari Apa, Berikut Ulasannya

18 Desember Memperingati Hari Apa, Berikut Ulasannya – Saat ini, banyak masyarakat yang lebih update seputar peringatan beberapa momen penting. Iya kan? Dan salah satu momen yang tidak boleh dilewatkan adalah seputar 18 Desember memperingati hari apa.

Yes, meskipun tidak sepopuler dan se hype peringatan hari hari besar yang lainnya, namun anda juga meski tahu sih 18 Desember memperingati hari apa. Banyaknya orang orang yang tidak mengetahui peringatan apa di tanggal 18 Desember mungkin dikarenakan tidak ada keterangan di kalender.

Meskipun demikian, ada kok peringatan di hari tersebut. Nah tanggal 18 Desember sendiri adalah hari yang ke 352 di tahun ini, sementara untuk tahun kabisatnya adalah di hari yang ke 353, selisih beberapa hari.

Dan tentu saja, jika sudah berada di tanggal 18 Desember, itu artinya tidak lama lagi akan diperingati yang namanya pergantian tahun, atau yang biasa disebut dengan tahun baru.

Dan seminggu setelah 18 Desember tersebut dirayakan hari raya natal oleh umat Kristiani. Oke oke, daripada penasaran, bisa langsung simak 18 Desember memperingati hari apa berikut ini ya. 

18 Desember Memperingati Hari Apa 

Tahu nggak sih, bahwasanya ternyata di tanggal tersebut ada beberapa peringatan yang meski diketahui. Berikut ini beberapa di antaranya:

Hari Migran Internasional

18 Desember memperingati hari apa yang pertama ialah memperingati Hari Migran Internasional. Pasti masih pada belum tahu kan?

Yes, tiap tanggal 18 di bulan terakhir diperingati yang namanya hari migran internasional. Karena kelasnya bukan nasional, itu artinya yang memperingati hari ini nggak cuma negara kita doang, tapi juga seluruh negara yang ada di dunia.

Dan tiap negara bebas memperingatinya sesuai dengan kultur dan budaya masing masing. Nah ada yang tahu nggak, siapa sih yang membuat hari migrasi internasional ini? So, 18 Desember memperingati hari migran internasional ini merupakan hari yang dibentuk oleh PP.

Dan sudah dideklarasikan dari tahun 2000. Adapun tujuan diperingatinya hari ini ialah meningkatkan pemahaman mengenai migrasi yang ada di seluruh dunia, sesuai dengan nama peringatannya, hari migrasi.

Selain itu, hari ini diperingati juga untuk memberikan kesejahteraan serta hak yang sama bagi semua migran yang ada di dunia. Dan tanggal ini diperingati dalam rangka memberikan perlindungan tentunya kepada para pekerja migran beserta anggota keluarga mereka.

Dan peringatan hari migran internasional ini sudah dimulai dari tahun 1990 yang lalu. Sudah cukup lama banget kan? Nah, tiap tahunnya, orang orang yang ada di dunia mendapati dampak buruk dari perubahan iklim, kemudian konflik bencana, sehingga akan membuat para migran mendapati atau mengalami dampaknya.

Sehingga perlu diadakan yang namanya peringatan hari migran ini. Berdasarkan data, disebutkan bahwasanya angka migran internasional mengalami peningkatan yang sangat besar dalam lima dekade terakhir ini. Dan tampaknya angka tersebut bakalan terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Pihak PBB sendiri mengartikan migran sebagai orang ataupun kelompok tertentu yang pindah ke negara yang lain. Dan biasanya, orang atau kelompok tersebut melakukan pindahan dengan jangka waktu yang lumayan lama, yakni dengan jangka tahunan pastinya.

Tiap orang atau kelompok melakukan kegiatan migrasi ini tentu dengan tujuan yang berbeda beda. Ada yang karena ingin mengadu nasib ke negara lain, ada yang ingin mengubah nasib, mencari kerja, dan yang lainnya.

Bahkan kadang, nggak sedikit juga orang yang berpindah ke negara lain dikarenakan adanya konflik dan juga krisis di negaranya loh. Jadi gimana, pentung banget kan keberadaan peringatan hari migrasi internasional? Menurut anda bagaimana?

Baca Juga :  Pemain Timnas Argentina Piala Dunia 2023

Hari Republik Niger

18 Desember Memperingati hari apa yang berikutnya ialah memperingati Hari Republik Niger. Sebagaimana halnya yang pertama, anda juga pasti baru tahu kan, ternyata di tanggal 18 Desember juga diperingati hari penting yang lainnya.

Dan bagi masyarakat atau negara Niger, tanggal ini merupakan tanggal yang sangat bersejarah. Karena di tanggal tersebut adalah hari mereka. Jika diibaratkan negara kita, maka hari negara kita adalah 17 Agustus, sementara di negara Niger sana, hari mereka adalah 18 Desember.

Karena bagaimanapun, bagi sebuah negara, hari republik merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diperingati. Karena tanggal tersebut lah mereka dinyatakan sebagai sebuah negara.

Dan pada umumnya, tiap negara yang mendapati hari lahir atau hari mereka, akan ada yang namanya tanggal merah, alias hari libur nasional. Dan saat libur tersebut, tiap negara mempunyai tradisi yang berbeda beda.

Kalau di negara kita sendiri, hari republik biasanya diperingati dengan banyaknya kegiatan kegiatan yang menyenangkan, dan bisa mempererat rasa nasionalisme antara yang satu dengan yang lain. Dan bagi negara Niger, mereka juga pasti punya cara tersendiri untuk memperingati hari jadi mereka. Iya kan?

Hari Kemerdekaan Negara Qatar

18 Desember Memperingati hari apa yang berikutnya ialah memperingati hari Kemerdekaan Negara Qatar. Selain diperingati hari republik Niger, ternyata di tanggal yang sama juga diperingati hari kemerdekaan Negara Qatar, yang notabenenya menjadi tuan rumah di ajang piala dunia 2023 kali ini.

Tiap tahunnya, di tanggal 18 Desember, negara penghasil minyak tersebut memperingati hari kemerdekaannya, dan sebagaimana halnya peringatan yang sebelumnya, Negara Qatar pasti juga punya agenda sendiri dalam merayakan kemerdekaan mereka. 

Tentu saja, di tanggal tersebut diberikan tanggal merah. Sehingga masyarakatnya dapat menikmati hari libur, baik itu mengisinya dengan bersantai ria, berlibur, beribadah, atau yang lainnya.

Perbudakan Dihapuskan Di Amerika

Siapa sangka, jika ternyata 18 Desember juga merupakan tanggal yang penuh sejarah di Amerika. Hal ini karena di tanggal tersebut, Amerika berhasil menghapus perbudakan yang terjadi di negara mereka. Hal ini sebagaimana yang sudah diputuskan lewat keputusan perubahan konstitusi 13 AS.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa ternyata, sebelum dikeluarkannya peraturan penghapusan perbudakan di negara tersebut, angkanya memang sangat sangat tinggi.

Dan ini mendapatkan perhatian dari para pejabat. Sehingga akhirnya dibuatlah undang undangan yang menghapuskan hal tersebut. Ini perlu diapresiasi oleh siapapun, termasuk orang orang yang berasal dari negara yang berbeda ya. 

Pertempuran Puputan Bayu

Meskipun pertempuran puputan bayu ini tidak ditemukan di kalender, dan nggak dibuat tanggal merah, namun kita juga tetap harus tahu bahwasanya di tanggal tersebut ada kejadian yang sangat besar. Karena di tanggal 18 Desember memperingati hari apa ini pernah terjadi yang namanya pertempuran di Banyuwangi, Indonesia.

Iya, terjadi di negara kita sendiri. Sehingga, tanggal ini merupakan tanggal yang sangat bersejarah bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Usaha yang dilaksanakan oleh masyarakat pada masa tersebut adalah dalam rangka melawan invasi VOC.

Dan tidak sedikit para pemuda yang ikut serta dalam pertempuran tersebut, sehingga sangat sangat layak mendapatkan apresiasi.

Dan yang snagat menyedihkannya, dalma pertempuran hebat tersebut, harus ada 60 ribuan jiwa yang syahid. Sementara 5 ribuan lagi yang tersisa.

Sayangnya, pertempuran hebat tersebut dimenangkan oleh VOC. Meskipun demikian, sebagai masyarakat tanah air, kita tetap membela dan mendoakan saudara saudara kita yang sudah gugur dalam pertempuran, sebab mereka sudah berusaha melindungi hak hak mereka. Meskipun harus mengalami kekalahan.

Oke itulah dia beberapa jawaban dari pertanyaan 18 Desember memperingati hari apa. Dan selain beberapa peringatan di atas, masih ada beberapa peringatan lain yang tidak kita bahas ya.

Baca Juga :  Cara Menggunakan FaceTime di Perangkat iOS

Demikian penjelasan singkat tentang 18 Desember memperingati hari apa kali ini, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mengingat ngingat hari bersejarah tersebut ya.; Terutama yang terjadi di tanah air.

Jangan lupa membagikan informasi 18 Desember memperingati hari apa kepada orang di sekitar ya.