10 Rekomendasi Aplikasi Desain Baju Terbaik

10 Aplikasi Desain Baju Terbaik untuk PC dan Laptop – Untuk saat ini memang banyak banget model dan desain baju di pasaran. Cuma sayangnya, ketika membeli baju jadi, tentu anda harus siap kalau suatu hari nanti menemukan desain baju yang sama digunakan oleh orang lain.

Dan ini merupakan salah satu kelemahan dari baju jadi. Nah, buat anda yang nggak mau hal tersebut terjadi, bisa banget loh membuat baju sendiri, yakni dengan membuat desainnya sendiri. Kabar baiknya, proses pembuatan desain baju sudah bisa dilakukan dengan mudah kok sekarang.

Karena sudah banyak aplikasi desain baju terbaik yang bisa anda gunakan nantinya. Baik itu aplikasi yang sifatnya gratis atau berbayar. Menarik sekali bukan? Bagi yang tertarik dan nggak sabar untuk membuat desain bajunya sendiri, bisa simak beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan berikut ya. 

Aplikasi desain baju terbaik

Pada artikel ini kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi. Yang mana, semua aplikasi ini hanya kompatibel dengan perangkat komputer atau laptop saja. Daripada penasaran dengan aplikasi aplikasinya, langsung simak saja daftarnya berikut.

Nantinya, anda bisa mencari tahu tentang aplikasi yang akan digunakan ya. Mulai dari penggunaannya seperti apa, berapa banyak uang yang mesti anda keluarkan untuk membeli lisensinya, berlangganan, dan lain sebagainya.

Sesuaikan saja dengan budget yang ada. Atau, kalau anda adalah tipikal yang suka gratisan, tinggal cari saja yang bisa digunakan secara gratis. Sederhana sekali bukan?

Autodesk Sketchbook

Aplikasi desain baju terbaik pertama adalah autodesk sketchbook. Bagi yang sering bergelut dengan dunia desain mungkin sudah nggak asing lagi dengan autodesk sketchbook ya. Karena aplikasi ini memang termasuk ke dalam salah satu terbaik yang patut untuk dipertimbangkan.

Dan sekarang sudah banyak banget orang orang yang menggunakannya. Bagi anda yang saat ini sedang nyari aplikasi buat desain baju lewat laptop atau komputer bisa menggunakan aplikasi ini saja. Karena pihak pengembang aplikasi sudah menawarkan berbagai macam keunggulan pada aplikasi mereka.

Salah satu keunggulannya adalah menyediakan lebih dari 150 an jenis brushes yang bisa menunjukkan hasil gambaran yang bener-bener kayak gambar di atas kanvas atau kertas loh.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini bahkan juga nyediain panel samping yang isinya adalah alat alat buat menggambar atau mendesain, sesuai dengan kebutuhan anda nantinya. Penataan alat alat desainnya dibuat atau ditata sebaik mungkin.

Sehingga, walaupun nyaris mengisi seluruh layar, anda tetap bisa menggunakannya dengan mudah, dan menggunakannya dengan nyaman. Penataannya keren deh. Rapi juga. Keunggulan lainnya ialah dari segi tampilan yang masih tergolong sederhana.

Dengan tampilan sederhana tersebut memungkinkan anda buat mendesain baju dengan sangat mudah. Cocok juga buat yang masih pemula.

Tayasui Sketches

Rekomendasi aplikasi desain baju terbaik yang kedua adalah tayasui sketches. Pernah tahu aplikasi ini? Buat yang belum tahu, patut memperhatikan penjelasan singkat mengenai tayasui sketches ya. Jadi, tayasui ini merupakan salah satu aplikasi untuk mendesain baju yang juga sangat recomended buat anda gunakan nantinya.

Untuk alat alat desainnya diletakkan di bagian sisi layar. Penempatan yang tepat membuat anda bisa menggunakan setiap toolnya dengan sangat mudah tanpa harus merasa kesulitan.  Menariknya lagi, pihak pengembang aplikasi menyediakan pensil yang beragam, mulai dari segi ukuran, kemudian jenis tip, hingga opacitynya.

Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan banyak template pola loh. Jadi bakalan bener-bener memudahkan banget deh. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini bahkan memungkinkan anda ketika mau color mix.

Yakni menggabungkan dua buah warna, kemudian mengatur konsentrasinya supaya menghasilkan sebuah warna yang keren, menarik, dan sempurna, sesuai dengan keinginan. Hal yang paling disayangkan dari tayasui ialah, hanya bisa digunakan pada perangkat yang sistem operasinya mac saja.

Itu artinya, aplikasi ini tidak bisa digunakan oleh sistem operasi windows ya. Bagi yang menggunakan mac bisa banget langsung download aplikasinya. Gratis loh.

Concepts

Dewasa ini siapa sih yang nggak kenal dengan concepts? Tampaknya hampir semua orang kenal dengan aplikasi satu ini. Karena mungkin, banyak yang tertarik dengan konsep aplikasi dan keunggulan keunggulan yang mereka tawarkan. Salah satunya adalah dari segi handy tools.

Yang mana, pihak pengembang aplikasi menyediakan banyak handy tools yang bisa anda gunakan untuk menunjang produktivitas saat membuat desain baju terbaik.  Dengan bantuan concepts, anda bisa menciptakan sebuah gambar yang tajam loh, termasuk ketika gambarnya di zoom atau anda perbesar.

So, bener bener bakalan membuat proses desainnya menjadi lebih mudah dan cepat. Kemudian, pihak pengemhang aplikasi juga menyediakan tools wheel. Yang memungkinkan anda buat mengganti tools yang digunakan sesuai kebutuhan, tanpa meninggalkan kanvas yang tengah dikerjakan.

Menarik sekali bukan? Aplikasi ini termasuk aplikasi yang terkenal loh. Dan sangat ramai pengguna. Sayangnya, penggunaannya hanya bisa digunakan untuk perangkat iphone dengan ipad saja. 

Baca Juga :  Aplikasi Screenshot PC Terbaik

Untuk yang tertarik dengan aplikasi aplikasi model ini, atau buat anda yang berencana akan mendesain baju sendiri mungkin bisa langsung download saja aplikasi concepts, dan ciptakan desain baju terbaik anda sekarang.

Adobe Illustrator

Kalau sudah ngebahas aplikasi desain, kita memang nggak bisa melepaskan diri dari pembahasan seputar adobe illustrator ya. Kayak ada yang kurang aja gitu. Karena memang aplikasi ini hampir menjadi aplikasi yang direkomendasikan oleh banyak pihak deh.

Adobe illustrator sendiri merupakan salah satu produk dari adobe yang memang sangat ramai digunakan oleh para desainer. Termasuk desainer fashion loh. Mengapa demikian? Tentu hal tersebut dikarenakan oleh banyak hal. Mulai dari tampilannya yang sederhana, mudah digunakan, tools lengkap, dan lain sebagainya.

Aplikasi adobe illustrator dapat anda gunakan ketika mau membuat fashion illustration kemudian katalog line sheet, sampai dengan flat sketches. Cuman, penggunaannya berbayar ya. Nggak bisa digunakan secara gratis. Kalau tertarik, anda akan dikenakan biaya sebesar 280 ribu perbulannya.

Tapi tenang saja, kalau masih penasaran dengan aplikasinya anda punya kesempatan untuk menggunakan versi trial atau masa uji cobanya kok. Dan menurut kami, harga tersebut masih tergolong terjangkau banget lah. Kapan lagi kan, dengan harga tidak sampai tiga ratusan bisa menikmati berbagai macam tools yang keren keren? 

CLO

Adapun rekomendasi aplikasi desain baju terbaik yang berikutnya adalah CLO. Aplikasi ini juga masih ke dalam deretan aplikasi yang ramai penggunanya. Bagi anda yang ingin membuat desain baju dengan bentuk tiga dimensi, wajib sih mempertimbangkan CLO.

  Karena dengan menggunakan CLO, proses pembuatan desain baju bakalan lebih mudah dan cepat. Karena ada banyak sekali macam macam style yang bisa anda gunakan. Mulai dari ketika membuat kemeja yang sederhana, atau pakain yang detail dengan pola yang cukup kompleks.

Di dalam aplikasi juga sudah tersedia kok avatar tiga dimensi yang bisa anda gunakan nantinya. So, membuat proses pembuatan desainnya bisa lebih mudah. Bukan hanya itu saja, CLO bahkan juga punya koleksi berbagai macam bahan-bahan dengan visualisasi yang dekat dengan material asli loh.

Hanya saja, anda meski membayar sejumlah nominal kalau mau menggunakan CLO. Nggak bisa gratis. Adapun harga berlangganannya adalah kisaran 50 an dolar Amerika per bulan.

Tapi tenang, untuk memutuskan apakah mau menggunakan aplikasi CLO atau tidak, anda bisa menikmati mode trial atau masa percobaan dari pihak aplikasi. Mereka menawarkan masa percobaan selama sebulan full. Menarik sekali bukan?

Adobe Photoshop

Sebagaimana aplikasi-aplikasi desain baju terbaik lainnya, aplikasi adobe photoshop juga merupakan sebuah aplikasi yang terkenal di berbagai kalangan. Ada banyak sekali desainer yang menggunakannya.

Hal ini karena di dalam aplikasinya tersedia berbagai macam fitur yang menarik, lengkap dengan alat-alat desain yang menarik buat digunakan. Mulai dari tools ketika mau memodifikasi desain bahannya, kemudian nambahin shadow, highlight, dan lain sebagainya deh.

Salah satu keunggulan adoba photoshop ialah masalah sketchingnya. Unggul banget deh. Karena ia memang unggul untuk urusan desain dengan modif bahan tekstil loh. Menarik sekali bukan? Layaknya produk produk adobe yang lainnya, anda bisa menggunakan aplikasi ini secara berbayar.

Untuk harganya sendiri adalah sekitaran 280 ribu. Masih tergolong terjangkau lah ya. Harga tersebut buat per bulannya.  Kalau misalnya tidak ingin membeli dulu, silahkan cobain menggunakan yang versi percobaannya. Karena memang pihak pengembang aplikasi suah nyediain mode trial atau percobaan kok.

Corel Draw

Kalau masih bingung mau menggunakan aplikasi desain baju terbaik yang mana, mungkin corel draw bisa menjadi pilihannya. Karena aplikasi ini juga ramai banget digunakan oleh mereka yang bergelut di bidang desain. Termasuk desain desain baju ya.

Di dalam aplikasi coreldraw, anda bisa menemukan banyak sekali fitur menarik, yang bakalan membantu anda dalam membuat flat sketchnya, atau membuat ilustratornya deh. Proses pembuatannya juga mudah dan sederhana. Jika tertarik dengan aplikasi ini, anda juga mesti membayar sebesar 49.95 dollar Amerika per bulannya.

Tergolong agak mahal sih. Tapi tenang, karena fitur fiturnya akan membantu anda menciptakan sebuah mahakarya yang luar biasa. Jika ingin mencoba yang versi gratisnya bisa. Tapi cuma tersedia untuk 15 harian saja. 

MediBang Paint

Untuk rekomendasi lainnya adalah mediang paint. Beberapa di antara anda mungkin sudah nggak asing lagi dengan aplikasi desain baju terbaik satu ini ya. Ia merupakan aplikasi all in one terbaik yang recomended banget buat anda cobain.

Apalagi nih, fitur fitur yang tersedia di dalamnya juga keren keren. Sehingga bisa anda maksimal sebaik mungkin ketika sedang membuat desain baju. Apapun jenis bajunya.  Sejauh ini, cukup banyak desainer yang memanfaatkannya dalam pembuatan manga dan yang lainnya. 

Selain menawarkan banyak fitur keren, pihak pengembang aplikasi juga menyediakan banyak tools atau perlengkapan yang dapat anda gunakan. Mulai dari membuat shading, tekstur dari bahan garmen, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, pihak aplikasi bahkan juga nyediain banyak tipe brush.

Hal yang paling disayangkan mungkin dari penataan toolsnya ya. Karena agak kurang tepat. Sehingga ngebuat layarnya kelihatan penuh banget. Hal lain yang juga patut anda pertimbangkan ketika mau menggunakan medibang ialah hasilnya yang mungkin kurang maksimal.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Komik Terbaik

Mengapa demikian? Ya, karena nantinya hasilnya nggak begitu bagus, alias agak pecah ketika anda zoom. Buat yang tetap penasaran dengan fitur serta tools yang disediakan oleh pihak aplikasi bisa langusng download saja medinga paint sekarang. Karena anda dapat menggunakannya secara gratis loh.

Repaper Studio

Aplikasi desain baju terbaik yang berikutnya adalah repaper studio. Sebagaimana aplikasi aplikasi sebelumnya, repaper studio juga sangat recomended buat anda pertimbangkan. Aplikasi ini punya sebutan berupa imagink.

Yang mana, di dalamnya sudah tersedia banyak sekali tools dan fitur menarik yang akan membantu anda dalam membuat desain baju terbaik versi anda. Repaper studio hadir dengan tampilan yang sederhana, simpel, dan sangat the point. Jadi, sangat pas buat yang masih pemula dalam urusan desain desain.

Selain itu, di dalamnya juga sudah tersedia banyak brushes yang bisa anda atur sesuai kebutuhan. Kayak opacitynya, kemudian ketebalannya, warna, sampai dengan line smoothing.  Salah satu hal yang paling menarik dari aplikasi ini adalah ada fitur yang bisa anda gunakan ketika mau menggunakan time lapse video loh.

Yakni video time lapse proses pembuatan desain baju yang sedang anda buat. Kalau kita perhatikan tools pembuatan gambarnya memang terbatas, beda halnya dengan fitur yang ada pada aplikasi lainnya. Karena memang tools yang tersedia hanya sebatas fitur yang esensial saja. 

Tapi tenang, meskipun demikian, hasil desain yang anda buat tetap bisa maksimal kok.  Kabar baiknya, aplikasi ini kompatibel dengan perangkat bersistem operasi mac os ataupun windows 

Affinity Designer

Rekomendasi aplikasi desain baju terbaik yang terakhir adalah affinity designer.  Dari namanya sudah kelihatan, bahwa aplikasi ini adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi para desainer ya. Nah, sebagaimana aplikasi yang lainnya, ia juga termasuk ke dalam salah satu aplikasi yang ramai digunakan oleh orang orang loh.

Bahkan, aplikasi satu ini digadang gadang sebagai rivalnya aplikasi keluaran adobe. Keren kan? Tentu, ini bisa menjadi salah satu indikator, bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat baik. Pihak pengembang aplikasi menyediakan banyak fitur menarik pada aplikasi mereka. 

Kabar menariknya, affinity designer telah terintegrasi dengan pantone color swatches, supaya anda bisa lebih mudah dalam memainkan warna yang akan digunakan pada desain yang tengah dibuat. Kalau aplikasi aplikasi lain mayoritas bisa digunakan dengan sistem berbayar per bulan kan?

Kalau aplikasi ini juga berbayar. Tapi bayarnya nggak setiap bulan. Melainkan hanya sekali saja. Menarik sekali bukan? Kalau penasaran dengan aplikasinya, bisa manfaatkan saja mode uji coba yang sudah mereka sediakan. 

Oke, itu dia beberapa rekomendasi aplikasi desain baju terbaik yang bisa anda gunakan dan pertimbangkan dulu nantinya. Semua aplikasi di atas termasuk aplikasi yang sangat direkomendasikan oleh banyak pihak.

Jadi, manapun aplikasi yang anda gunakan, pasti memiliki kelebihan dan keunggulan daripada aplikasi yang lainnya. Karena tiap aplikasi memang hadir dengan keunggulan dan konsep yang berbeda.  Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.