10 Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

10 Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Terbaik untuk Bisnis – Kalau kita perhatikan, proses pencarian aplikasi akuntansi terbaik bukanlah sesuatu yang mudah. Karena ada banyak sekali hal-hal yang mesti diperhatikan, agar mendapatkan aplikasi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Keberadaan aplikasi model ini diharapkan bisa meminimalisir terjadinya human error ya. Dan biasanya, tiap aplikasi pasti punya keunggulan yang berbeda, dan konsep yang berbeda pula.

Nah buat anda yang mungkin saat ini lagi nyari aplikasi akuntansi terbaik buat mendukung kinerja bisnis, bisa banget menggunakan beberapa aplikasi yang akan kami rekomendasikan berikut.

Aplikasi akuntansi terbaik

Sebagaimana telah kami singgung sebelumnya, bahwa mencari aplikasi akuntansi terbaik bukanlah perkara mudah. Itu artinya, anda memang dituntut untuk lebih berhati hati dalam memilih aplikasi yang akan digunakan nantinya.

Kalau benar benar masih belum punya gambaran terkait dengan aplikasi model ini, bisa banget kok pertimbangkan aplikasi aplikasi berikut. 

Jurnal

Untuk rekomendasi yang pertama adalah aplikasi jurnal. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi jurnal ialah basisnya yang awan. Kabar baiknya lagi, ia merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh develop asal tanah air loh, namanya adalah Mekari.

Menarik sekali bukan? Aplikasi keluaran anak bangsa ini patut buat dicoba dan digunakan oleh semua orang deh. Sebagai wujud cinta terhadap produk dalam negeri. Nggak usah khawatir, karena aplikasi ini nggak kalah kerennya kok dengan aplikasi aplikasi luar yang lain.

Jurnal siap membantu anda dalam mengelola keuangan secara akurat dan otomatis. Aplikasi Jurnal sendiri sangat recomended buat anda yang mengelola bisnis dengan skala kecil hingga menengah ya. Di dalamnya, sudah tersedia banyak fitur menarik yang bisa anda gunakan.

Mulai dari fitur penyajian laporan keuangan yang lengkap dan juga real time, kemudian memantau kas dengan transaksi yang terjadi, mengurus pembukuan, sistem invoice secara otomatis, manajemen produk, inventaris, mengelola pajak, dan yang lainnya.

Yang mana, fitur fitur tersebut benar benar sangat dibutuhkan oleh sebuah bisnis kan? Aplikasinya berbayar. Hanya saja, sebelum akhirnya mau menggunakan aplikasi dan melakukan pembeli, pihak pengembang sudah menyediakan fitur penggunaan gratis, alias uji coba kok.

Kalau sekiranya cocok, barulah anda melakukan pembayaran. Selain berbasis awan, aplikasi ini juga sangat memungkinkan untuk anda download ke ponsel anda. Kalau malas menggunakan yang versi awalnya sih, bisa langsung download aja aplikasinya sekarang juga. 

SI APIK

Rekomendasi aplikasi akuntansi terbaik yang kedua adalah SI APIK. Pernah mendengar nama aplikasi satu ini? Tenang, meski namanya belum begitu populer, dan nggak sepopuler aplikasi pertama, ia tetap termasuk ke dalam daftar aplikasi yang bisa anda andalkan buat mengelola bisnis kok.

Kabar yang cukup mengejutkan adalah, SI APIK merupakan aplikasi yang ditawarkan oleh pihak Bank Indonesia.  Gimana, masih ragu mau menggunakannya? Aplikasi ini akan membantu para pebisnis dalam melakukan pencatatan laporan keuangan.

Dan ia sangat cocok untuk mereka yang mempunyai bisnis kecil kecilan. Untuk pencatatannya sendiri sudah disesuaikan kok dengan standar yang ada. Jadi, nggak perlu khawatir kalau mau menggunakannya. Karena laporan keuangan yang tercatat di dalamnya bisa banget anda gunakan untuk mengajukan pembiayaan.

Baca Juga :  Cara Membuat Stiker WhatsApp

Untuk pencatatannya  menggunakan sistem yang dinamakan dengan double entry ya, dengan input single entry. Jadi, dijamin bakal gampang banget digunakan. Selain dapat anda gunakan untuk membuat laporan keuangan, aplikasi buatan BI ini juga memungkinkan untuk anda gunakan hal lain.

Karena memang ada segudang fitur menarik di dalamnya. Mulai dari arus kas, kemudian neraca, rincian pos keuangan, laba rugi, dan lain sebagainya. Pihak aplikasi bahkan juga bisa loh menyajikan grafik laporan keuangan anda, layaknya profitabilitas, likuiditas, atau yang lainnya.

Kalau penasaran, langsung download saja aplikasinya lewat google play store, app store, atau yang lainnya. Aplikasi ini nggak cuma bisa digunakan lewat perangkat android dan apple saja, tapi juga bisa banget digunakan untuk perangkat komputer dan laptop. 

EQUIP

Untuk rekomendasi yang lainnya adalah aplikasi equip. Aplikasi equip sendiri merupakan produk yang dikeluarkan dari negara Singapura ya. Dan ia merupakan produk dari HashMicro. Aplikasi ini dirancang untuk anda yang ingin mengelola keuangan bisnis dengan mudah dan cepat.

Karena ada banyak fitur menarik yang sudah tersedia di dalamnya.  Aplikasinya telah dirancang sesuai standar bisnis kok. Dan nantinya, anda dapat dengan mudahnya memodifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis. Kalau untuk sistem akuntansinya, adalah penyajian laporan keuangan yang benar benar detail loh.

Kemudian, sudah disesuaikan juga dengan peraturan negara kita. Keren banget kan? Nah, nggak hanya itu saja. Di dalam aplikasi ini juga sudah disediakan manajemen faktur, kemudian mengelola instruksi pembelian, mengelola rekening dengan mata uang negara luar, manajemen pembayaran, dan yang lainnya deh. Lengkap banget.

SAP

Pernah mendengar istilah SAP? Bagi mereka yang bergelut di bidang akuntansi, pasti sudah familiar banget dengan aplikasi akuntansi terbaik yang satu ini. Yang mana, ia merupakan salah satu software akuntansi yang dikeluarkan oleh salah satu perusahaan besar yang ada di Jerman.

Dan sejauh ini sudah banyak banget perusahaan yang menggunakannya loh. Termasuk perusahaan perusahaan yang ada di tanah air. Hal ini tentu dikarenakan kemampuan terbaik yang dimilikinya. SAP mempunyai kemampuan artificial intelligence loh.

Dalam hal membantu anda untuk menyederhanakan pengelolaan keuangan, lengkap dengan operasionalnya. Sehingga bakalan membuat kegiatan bisnis anda menjadi lebih teratur dan lebih baik tentunya. Pihak aplikasi menawarkan yang namanya SAP HANA.

Yang notabenenya adalah memory database yang bisa menyajikan analisa komprehensif real time, kemudian model datanya juga disajikan secara sederhana. Mulai dari laporan utang piutang, kemudian anggaran, keuangan, hingga aset. Aplikasi ini bisa digunakan dengan berbayar.

Namun untuk mencari tahu seberapa baiknya aplikasi, bisa banget gunakan yang versi trial alias versi ujicobanya terlebih dahulu ya. Versi uji coba bisa anda gunakan secara gratis selama sebulan full. 

Xero

Aplikasi akuntansi terbaik yang berikutnya adalah Xero. Xero juga termasuk ke dalam aplikasi akuntansi terbaik yang menggunakan teknologi awan, alias cloud ya. Sehingga memungkinkan untuk digunakan kapanpun dan dimanapun, selagi anda terhubung ke jaringan internet.

Aplikasi ini menawarkan berbagai macam kemudahan. Yakni kemudahan dalam mengakses laporan keuangan secara rinci lewat berbagai macam jenis perangkat yang anda miliki. Anda bahkan bisa ngeceknya secara real time, alias berkala loh.

Baca Juga :  10+ Rekomendasi Aplikasi Ojek Online Terbaik 

Sebagaimana aplikasi sejenisnya, di dalam aplikasi juga sudah disediakan banyak sekali fitur menarik. Salah satunya adalah multi currency. Fitur ini nggak hanya sekedar bisa mengkonversi atau mengubah mata uang asing secara langsung loh.

Tapi juga siap memberikan tampilan gimana sih perubahan kursnya mempengaruhi keuntungan bisnis anda dan juga mempengaruhi arus kas. Sebagaimana aplikasi aplikasi sebelumnya, xero juga mengharuskan anda untuk membayar sejumlah nominal, karena hanya bisa digunakan secara berbayar.

Tapi nggak usah khawatir, karena mereka juga menyediakan versi trial atau uji coba gratisnya kok. Yakni selama sebulan. Jika sudah menghabiskan masa trial, dan anda merasa cocok dengan aplikasi ini, bisa langsung download aja aplikasinya menggunakan versi berbayar atau premium yang tersedia ya.

MYOB

Rekomendasi lainnya adalah MYOB. Namanya terdengar agak aneh dan asing ya. Meskipun hadir dengan nama yang agak asing, namun fitur yang ditawarkan oleh pihak aplikasi masih tergolong sangat bagus loh. Bahkan nggak kalah bagusnya dengan fitur fitur yang dihadirkan oleh aplikasi lain.

Ia merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh seorang developer asal Australia, namanya adalah MYOB. Sesuai dengan nama aplikasinya. Kabar yang mengejutkannya adalah, sudah banyak sekali perusahaan besar berskala internasional yang menggunakan aplikasi ini.

Bahkan, yang menggunakannya nggak hanya perusahaan perusahaan besar doang kok. Tapi juga banyak digunakan oleh perusahaan yang skalanya kecil. Untuk itu, kalau bisnis anda skalanya kecil, nggak ada salahnya buat menggunakan aplikasi MYOB.

Fitur yang tersedia di dalamnya bakalan membantu anda dalam mengerjakan berbagai macam kegiatan akuntansi. Seperti mengelola invoice, kemudian menyajikan laporan keuangan, mengatur rekaman customer dengan supplier, rekonsiliasi bank, manajemen inventaris, pengelolaan pajang, dan yang lainnya deh.

Gimana, lengkap banget kan? Aplikasi ini juga mengharuskan anda buat membayar. Untuk mengetahui sebagus apa fitur yang dihadirkan, silahkan manfaatkan versi uji cobanya dulu. Gratis kok. Nantinya, misal anda merasa cocok dan pas, baru deh bisa gunakan yang versi berbayarnya langsung.

Wave

Dalam menjalankan kegiatan bisnis, anda juga bisa mengandalkan aplikasi wave loh. Aplikasi ini juga termasuk ke dalam salah satu aplikasi akuntansi terbaik yang sangat menarik buat dipertimbangkan dan diandalkan. Baik untuk anda yang menjalankan bisnis dengan skala besar maupun kecil.

Aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam fitur menarik di dalamnya. Mulai dari fitur untuk membuat laporan keuangan, laporan arus kas, kemudian laba dan rugi, dan yang lainnya. Bahkan nggak cuma itu saja. Aplikasi ini juga punya kemampuan untuk mengkalkulasikan pajak dari pengeluaran dan pemasukan loh.

Untuk keunggulan utama dari aplikasi ialah satu akunnya bisa digunakan untuk lebih dari satu bisnis loh. Sehingga cocok banget untuk anda yang mengelola bisnis lebih dari satu. Kabar baiknya, aplikasi ini juga punya yang versi webnya. Sehingga, kalau memang nggak ingin mendownload aplikasi, anda bisa menggunakan versi webnya saja.

FreshBooks

Aplikasi akuntansi terbaik berikutnya adalah aplikasi freshbooks. Untuk aplikasi yang satu ini tampaknya memang konsep untuk digunakan oleh para pebisnis yang skala bisnisnya masih agak kecil ya. Yang mana, lewat freshbooks, anda dapat membuat laporan dengan sangat mudah, akurat, dan cepat pastinya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Nonton Anime Subtitle Indonesia

Menariknya, laporan laporan tersebut tetap detail dan gampang dipahami. Karena bagaimanapun, data yang lengkap menjadi hal penting dalam sebuah laporan bisnis kan? Kabar baiknya lagi, pihak aplikasi bahkan menyajikan service bagi pekerja lepas, dengan pekerja proyek dalam mengelola pembayaran loh.

Ada fitur buat trackingnya juga, kemudian billing otomatis, dan yang lainnya deh. Keren sekali bukan? Untuk menggunakan aplikasi keren ini, anda memang diharuskan untuk menggunakan versi berbayar mereka. Namun sebelum memutuskan buat menggunakannya, silahkan manfaatkan saja versi trialnya terlebih dahulu.

Karena pihak aplikasi menawarkan versi trial selama sebulan full. Lumayan kan. Selama sebulanan itulah anda bisa mengambil keputusan, apakah akan menggunakannya atau tidak.

Accurate

Accurate adalah salah satu aplikasi akuntansi terbaik yang juga bisa diandalkan untuk mengelola bisnis anda. Ia merupakan aplikasi yang dihadirkan oleh anak negeri loh. Produk lokal. Dan kini, suda cukup banyak kok para pelaku umkm yang menggunakannya, pun dengan perusahaan perusahaan bisnis besar di tanah air.

Aplikasi ini didesain untuk membantu para pebisnis dalam menjalankan atau mengoperasikan bisnis mereka. Apapun bidang bisnis yang dijalankan. Sebagaimana aplikasi lainnya, aplikasi ini juga bisa banget memberikan laporan keuangan yang detail, mulai dari arus kas, kemudian buku besar, laba rugi, catatan penjualan, dan lain sebagainya.

Ia juga sangat memungkinkan untuk membantu anda dalam melakukan pembuatan faktur, kemudian pengelolaan stok barang, kalkulasi pajak, dan yang lainnya. Aplikasinya bahkan sudah bisa anda hubungkan langsung dengan smart link internet banking.

Gimana, banyak banget kan keunggulannya? Sebelum menggunakan aplikasi secara real, anda bisa menggunakan versi trial mereka selama sebulan full. Anda bisa mendapatkan aplikasi lewat google play store ataupun app store ya.

Zahir

Rekomendasi yang terakhir adalah zahir. Yang mana, zahir ini termasuk ke dalam salah satu aplikasi akuntansi terbaik yang sangat populer di tanah air. Bahkan sekarang, sudah banyak sekali perusahaan besar yang menggunakannya loh. Mulai dari transvision, kemudian ada bukalapak, traveloka, dan yang lainnya.

Pihak aplikasi menawarkan berbagai macam produk yang menarik. Yang bakal ngebantu banget. Lewat aplikasi zahir, anda bisa memperoleh laporan keuangan dengan cepat dan detail secara real time, kemudian bisa juga menggunakannya untuk mengelola pembayaran dan pembelian, mengelola hutang piutang, manajemen kas, dan yang lainnya.

Banyaknya kemampuan yang dimiliki oleh aplikasi menjadikannya banyak digunakan oleh perusahaan besar. Sebagaimana aplikasi lain yang sejenisnya, aplikasi ini juga mengharuskan anda buat membeli, karena memang sistem aplikasinya yang berbayar.

Namun sebelum menggunakan yang versi berbayar, anda bisa banget mencoba menggunakan aplikasi secara gratis selama sebulan. Yakni dengan memanfaatkan versi trial mereka.

Selama versi uji coba gratis tersebutlah anda bisa menikmati setiap fitur yang ada, dan merasakan berbagai macam keunggulannya. Jika ngerasa cocok, bisa lanjut menggunakan yang versi berbayarnya. Sesederhana itu loh.

Oke, itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi akuntansi terbaik yang bisa banget anda pertimbangkan. Dan kalau kita perhatikan, mayoritas aplikasinya memang berbayar.

Tapi nggak masalah sih, toh meskipun berbayar, ada banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa anda peroleh. Dan itu memberikan dampak baik terhadap bisnis anda. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba ya. Semoga membantu.