10 Cara Mengatasi GPS Tidak Akurat, Tidak Berjalan, Loncat-Loncat

10 Cara Mengatasi GPS Tidak Akurat, Tidak Berjalan, Loncat-Loncat – GPS merupakan salah satu aplikasi yang tergolong sangat membantu banyak orang yang akan berpergian jauh.

Terlebih lagi oleh mereka yang tipikalnya tidak bisa menghafal jalan. Sayangnya, GPS mungkin kadang-kadang memberikan referensi jalan yang nggak akurat, Sehingga membuat penggunanya sampai kesasar.

Bahkan, kasus tersebut sudah sangat banyak dialami oleh para penggunanya. Mulai dari dibawa ke jalan yang sangat kecil, padahal pengguna menggunakan mobil, melintasi jalan yang salah, dan lain sebagainya.

Tapi tidak perlu khawatir. Kalau anda merupakan salah satu pengguna GPS aktif, anda bisa kok mengatasinya. Untuk itu, simak 10 cara mengatasi GPS tidak akurat, tidak berjalan, atau bahkan loncat-loncat berikut ini. 

Cara mengatasi GPS tidak akurat

Kita tidak dapat menafikan, bahwasanya GPS memang tergolong ke dalam fitur atau aplikasi yang sangat penting di sebuah ponsel.

Yakni untuk menunjukkan kepada kita terkait letak sebuah lokasi, dan navigasi yang bisa digunakan. Menariknya lagi, dengan bantuan aplikasi tersebut, kita dapat loh memprediksi berapa estimasi perjalanan.

Karena di GPS sudah diberitahu berapa jam perjalanan yang mesti ditempuh, sampai dengan kondisi jalanan.

Apakah sedang macet, atau normal. Oke, daripada penasaran, langsung saja simak 10 cara mengatasi GPS tidak akurat berikut. 

Periksa HP terlebih dahulu

Untuk cara mengatasi GPS tidak akurat yang pertama ialah dengan melakukan pemeriksaan terhadap ponsel yang anda gunakan.

Dan kalau kita perhatikan, nyaris semua ponsel masa kini sudah dibekali dengan aplikasi GPS kan?

Jadi, nggak perlu lagi repot repot buat mendownloadnya. Sayangnya, kalau untuk ponsel versi lawas, belum ada aplikasi ini.

Baca Juga :  Aplikasi Screenshot PC Terbaik

Oleh karena itu, pastikan dahulu, bahwasanya ponsel anda memang telah didukung dengan aplikasi GPS. Caranya adalah dengan memeriksa aplikasi pada daftar spesifikasi ponsel.

Dan kalau menang dibutuhkan, nggak ada salahnya kok buat mendownload aplikasi GPS detector buat mengeceknya.

Karena kini sudah banyak aplikasi-aplikasi seperti itu bertebaran di internet, demi membantu para pengguna GPS.

Cek kecepatan internet

Kemudian, cobalah untuk memastikan bahwasanya koneksi internet yang anda gunakan benar-benar stabil dan berkecepatan tinggi.

Karena biasanya, kalau jaringan yang digunakan lemot dan nggak stabil bakalan membuat proses update GPS nya lemah, sehingga berdampak pada salahnya titik lokasi.

Untuk mengatasinya, silahkan jalankan browser yang ada pada ponsel. Kemudian, silahkan ketikkan tulisan fast.com pada kolom pencarian.

Dengan demikian, maka pihak situs akan melakukan pengujian terhadap kecepatan internet yang anda gunakan. Selain situs tersebut, sudah tersedia banyak situs lainnya yang juga bisa anda manfaatkan.

Pastikan GPS hidup

Cara mengatasi GPS tidak akurat yang berikutnya ialah dengan memastikan bahwasanya GPS nya sudah hidup. Atau, lokasinya sudah aktif.

Karena biasanya, pada bagian control centernya ada tombol yang dapat digunakan untuk mengaktifkan dan juga menonaktifkannya.

Jika belum menemukan tombol tadi, silahkan akses saja menu settings atau pengaturan. Lalu tinggal pilih menu location. Dan aktifkan toggle di bagian use location.

Dan sekarang, google mapsnya sudah dapat digunakan dengan baik. Bahkan, juga bisa digunakan oleh aplikasi-aplikasi lain yang membutuhkan GPS. Gojek dan Grab misalnya.

Mode pesawat

Tahu nggak sih, bahwa ternyata, mode pesawat bukan hanya sekedar bisa kita atasi ketika terjadi permasalahan sinyal. Tapi juga sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai solusi ketika GPS nggak akurat.

Caranya gimana? Gampang banget deh. Aktifkan saja mode pesawat. Bisa menggunakan menu yang ada, atau bisa juga menggunakan menu settings. Aktifkan selama 10 sampai dengan 15 detik.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Kamera Android Terbaik Paling Hits

Kalau sudah, matikan mode pesawat tadi,  dan aktifkan GPS. Dan sekarang, tinggal diperiksa lagi saja. Apakah berhasil?

Menghapus sampah atau cache aplikasi

Cara mengatasi GPS tidak akurat yang lainnya ialah dengan menghapus sampah atau cache pada aplikasi.

Kita dapat menyimpulkan loh. Bahwa semakin sering sebuah aplikasi digunakan, maka akan semakin banyak sampah yang dihasilkan. Terlebih lagi ketika anda nggak pernah membersihkannya.

Jadi, wajar kalau lokasi yang diarahkan tidak sesuai. Nah, coba deh untuk menghapus sampah yang sudah menumpuk.

Adapun cara menghapus sampah aplikasi ialah dengan masuk ke menu pengaturan ponsel, kemudian masuk ke bagian menu apps and notifications.

Lalu, cari aplikasi GPS nya, dan di bagian storage maupun penyimpanan, klik clear cache.

Update aplikasi

Mungkin, salah satu penyebab yang membuat GPS memberikan arah yang salah ialah versi aplikasinya yang sudah lawas. Sehingga, anda perlu menggunakan versi terbaru mereka.

Karena aplikasi-aplikasi yang lawas pasti mempunya fitur yang tidak terlalu bagus kalau kita bandingkan dengan versi terbaru. Beda halnya ketika anda menggunakan versi yang terbaru.

Untuk mengupdate aplikasinya mudah kok. Buka saja aplikasi google play store. Kemudian klik pada ikon profil, dan pilih menu kelola aplikasi dan perangkat.

Masuk ke bagian update tersedia, dan cari aplikasi GPS, klik tulisan update. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Mengaktifkan mode akurasi tinggi

Cara berikutnya adalah dengan mengaktifkan mode akurasi tinggi. Karena pada umumnya, mungkin para pengguna GPS masih melakukan kesalahan ketika memilih mode akurasi, sehingga membuat titiknya salah atau nggak tepat.

Maka, cobalah untuk mengaktifkan mode akurasi tinggi untuk mengantisipasi hal tersebut. Caranya adalah dengan membuka aplikasi pengaturan atau settingan,  klik di bagian menu lokasi, dan temukan opsi google keakuratan lokasi, terakhir tinggal aktifkan tingkatkan keakuratan lokasi. Kalau sudah, makan sekarang, pengaturan GPS nya telah dalam model akurasi yang tinggi. 

Unroot ponsel

Cara lain yang juga bisa anda lakukan adalah dengan meng root HP. Namun sejauh ini, kami tidak begitu merekomendasikan cara yang satu ini ya. Karena kami berpendapat, cukup berbahaya bagi ponsel anda nantinya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi belajar bahasa Inggris di HP Android

Jika memang ingin mencoba cara satu ini nggak masalah. Tapi sarankan, jangan meng root ponsel anda sendirian, terlebih lagi kalau anda belum pernah melakukannya, dan hanya bermodalkan youtube saja.

Cobalah meminta jasa di counter yang memang sudah berpengalaman. Karena ini jauh lebih baik dan lebih aman. 

Update sistem android

Mungkin, yang menyebabkan GPS and tidak akurat adalah sistem android yang sudah lama. Jika memang demikian, maka tidak ada jalan lain untuk mengatasinya, selain dengan mengupdate sistem android pada ponsel.

Nah biasanya, ada kok pemberitahuan update dari pihak ponsel. Ia kan? Dengan mengupdate sistem android, itu artinya anda telah menggunakan versi teknologi yang terbaru.

Sehingga ada banyak hal yang bisa ponsel perbaiki dengan baik. Termasuk GPS yang selalu tidak akurat.

Bawa ke service

Kalau semua cara yang di atas sudah dicoba, tapi nggak juga berhasil. Waktunya anda membawa ponsel tersebut ke service. 

Karena dengan demikian, ponsel tersebut bakalan memperoleh penanganan yang baik dan tepat, demi memulihkan GPS yang bermasalah. 

Tapi, anda meski mempersiapkan sejumlah uang ya. Karena ada jasa yang meski anda bayar.

Baik, mungkin sekian 10 cara mengatasi GPS tidak akurat dari kami. Anda bisa mencoba cara di atas satu persatu.

Hal ini demi menemukan mana cara yang cocok dan ampuh dalam mengatasi permasalahan yang ada.

Tapi yang jelas, kami nggak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan ketika anda melakukan root pada ponsel. Karena kami tidak merekomendasikan cara tersebut.

Sebab, memang tergolong berbahaya jika anda lakukan sendiri, tanpa adanya pengetahuan, dan pengalaman me root sebuah ponsel.

Demikian sekilas informasi menarik mengenai GPS, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba ya.