10 Cara Mengatasi Facebook yang Lemot dan Nge-lag

10 cara mengatasi Facebook yang lemot dan nge-lag Supaya kembali lancar – Facebook merupakan aplikasi populer di seluruh dunia.

Meskipun salah aplikasinya sudah skala Internasional, namun kita tetap tidak bisa memungkiri bahwasanya aplikasi satu ini tetap mempunyai peluang untuk error, ngelag, lemot, atau bahkan aplikasinya tidak berfungsi sama sekali ketika digunakan.

Nah mungkin beberapa di antara anda sedang mengalami posisi tersebut. Tenang, nggak perlu khawatir karena kali ini kami akan memberikan 10 solusi mengatasi Facebook lemot dan ngelag Supaya kembali lancar.

10 cara mengatasi Facebook lemot dan nge-lag

Facebook yang lemot dan ngelag merupakan kondisi yang sangat menyebalkan. Terlebih lagi Ketika anda sedang membutuhkan akses ke aplikasi ini.

Oleh karena itu kami sediakan 10 cara mengatasi Facebook lemot tanpa harus mempunyai keahlian IT sama sekali.

Buka tutup aplikasi 

Cara mengatasi facebook yang lemot dan ngelag pertama ialah dengan membuka tutup aplikasinya. Meski kedengarannya agak aneh, tapi cara ini beneran ampuh loh.

Dan sudah cukup banyak kok pengguna aplikasi yang melakukannya. Membuka tutup aplikasi adalah sebuah trik yang wajib banget dicobain kalau aplikasi Anda lagi lemot dan ngelag.

Nggak usah khawatir, karena dijamin bakalan berhasil deh. Kalau misalnya gagal, dan nggak membuahkan hasil apapun, Anda bisa mencoba cara yang kedua, ketiga, dan seterusnya ya. 

Keluar masuk aplikasi

Selain bisa mengatasi aplikasi yang ngelag dan lemot dengan membuka tutup aplikasi, ternyata, Anda juga bisa mencoba keluar masuk aplikasi Facebook loh. Maksudnya gimana?

Jadi, Anda bisa keluar dari akun Facebook terlebih dahulu, kemudian, masuk lagi dengan menggunakan akun tersebut.

Karena pada dasarnya, dengan melakukan aktivitas keluar dan masuk dari akun Anda, mampu membuat kinerja dari aplikasi menjadi lebih baik, alias nggak lemot dan nggak ngelag lagi.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Terbaik 2022

Trik ini bisa dicoba dengan sangat mudah kan? Jadi, kalau semisal sedang menghadapi facebook yang lemot, ngelag, atau error, coba aja trik unik yang satu ini. Ampuh, asli. 

Memulai ulang ponsel

Adapun cara mengatasi facebook lemot dan ngelag yang berikutnya adalah dengan merestart HP Anda.

Kita nggak bisa memungkiri, bahwa sebenarnya, ada banyak permasalahan ponsel dan aplikasi yang bisa diatasi dengan merestart atau memulai ulang sebuah ponsel.

Karena ketika kita memulai ulang sebuah ponsel, maka ada beberapa hal yang diperbaharui, sehingga sangat ampuh untuk mengatasi masalah-masalah yang menimpa.

Baik itu permasalahan pada ponsel, atau permasalahan pada aplikasi. Facebook misalnya. Perlu diketahui juga, bahwasanya selesai merestart HP, maka sistem ponsel bakalan lebih segar loh.

Sehingga dipercaya berhasil dan sangat ampuh dalam memperbaiki aplikasi facebook Anda yang lagi lemot. Dan cara ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang lainnya.

Menutup aplikasi yang lain

Adapun cara yang lainnya ialah dengan menutup aplikasi yang lain, selain aplikasi Facebook. Dalam artian, Anda meski menutup aplikasi-aplikasi yang nggak digunakan.

Karena banyak di antara kita yang membuka aplikasi Facebook berbarengan dengan aplikasi yang lain. Ia kan? Dan ini bukan lagi rahasia umum loh.

Karena nyaris dilakukan oleh banyak orang. Kalau demikian, silahkan tutup aplikasi yang nggak digunakan.

Karena bisa membuat sistem ponsel bekerja lebih ekstra hanya untuk merespon aplikasi yang satu dengan aplikasi yang lain. Dan inilah yang membuat facebook ngelag dan menjadi lemot.

Usahakan hanya membuka aplikasi Facebook saja, guna membuat sumber daya hanya berusaha merespon aplikasi Facebook, tidak yang lain.

Dengan demikian, kinerja aplikasi juga pasti bakalan bagus banget. Semua sistem bekerja dengan baik, dan performa aplikasi terasa lebih maksimal.

Menghapus cache aplikasi

Pernah mendengar istilah cache? Di antara kita pasti sudah banyak yang pernah mendengar istilah ini ya.

Jadi, cache sendiri merupakan sampah-sampah yang disebabkan oleh seringnya kita membuka sebuah aplikasi atau sistem.

Itu artinya, kalau kita sering mengakses aplikasi Facebook, maka cache atau sampahnya juga bakalan makin banyak.

Baca Juga :  10 Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik di HP Android

Bayangin deh, kalau selama setahun full kita bermain facebook, sudah berapa banyak sampah yang dihasilkan? Pasti nyaris nggak terhitung kan?

Nah, sampah-sampah yang menumpuk tadilah yang juga memberikan pengaruh buruk terhadap performa aplikasi Facebook.

Sampah-sampah tadilah yang membuat aplikasi menjadi lemot dan ngelag. Untuk itu, cara mengatasinya adalah dengan menghapus cache atau sampah aplikasi. Gampang kan? 

Menghapus data dan riwayat facebook

Selain harus membersihkan sampah aplikasi secara rutin, ada hal lain yang juga harus dibersihkan loh. Salah satunya adalah data dan juga riwayat pencarian facebook.

Biasanya, semua aplikasi memang menyimpan data-data di dalam memori, dan sebenarnya, nggak semua data diperlukan. Sehingga harus dibersihkan untuk menjaga performa sebuah aplikasi.

Bukan hanya itu saja, selain data-data yang tersimpan, riwayat pencarian yang tersimpan di aplikasi juga menjadi beban tersendiri untuk sebuah aplikasi.

Maka dari itu, Anda meski rajin-rajin untuk menghapus atau membersihkan riwayat pencarian aplikasi. Buat yang suka nyari-nyari akun atau informasi di Facebook, pasti riwayat pencariannya banyak banget kan?

Nah, sudah waktunya untuk membersihkan semua riwayat pencarian tersebut demi mendapatkan performa aplikasi yang maksimal, no ngelag dan no lemot deh.

Mengupdate aplikasi

Kita semua mengakui, bahwa Facebook merupakan aplikasi yang terus melakukan pengembangan-pengemabangan.

Mulai dari fitur fitur yang ditawarkan oleh pihak developnya, sampai dengan update versi aplikasi terbaru.

Permasalahan aplikasi yang ngelag dan lemot yang dialami, mungkin dikarenakan versi aplikasi lawas yang Anda gunakan. Oleh karena itu, coba deh untuk mengupdate aplikasinya menjadi versi yang terbaru.

Tidak dapat dipungkiri, bahwasanya dengan mengupdate aplikasi dengan versi yang terbaru, kita akan menemukan versi aplikasi yang terbaik dari banyak segi.

Mulai dari performanya, tampilan, dan yang lainnya. Jadi, jangan ragu untuk mengupdate versi yang terbaru ya. Biar nggak lemot dan ngelag lagi aplikasinya. 

Membersihkan HP

Selain harus membersihkan sampah aplikasi, Anda juga perlu loh yang namanya membersihkan HP.

Karena di HP juga ada banyak sampah yang menumpuk kalau nggak dibersihkan. Yang jelas, kalau kita sering memainkan ponsel, maka sampah yang ada di HP nya juga sudah pasti makin banyak.

Baca Juga :  Grab vs Gojek, Ini Perbandingannya

Maka dari itu, coba lah untuk membersihkan HP secara berkala. Karena pada dasarnya, banyaknya sampah HP yang menumpuk bukan hanya membuat performa aplikasi buruk, tapi juga performa HP nya itu sendiri.

Dalam membersihkan HP, nggak ada salahnya buat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dan untuk saat ini, sudah banyak kok aplikasi aplikasi pembersih HP yang bisa digunakan.

Gunakan saja versi yang gratisnya. Karena banyak juga yang versi gratis terbaik, dan terbukti ampuh dalam membersihkan sampah sampah yang ada pada ponsel.

Tapi semisal punya dana lebih, bisa gunakan yang versi berbayarnya saja. 

Install ulang aplikasi

Adapun cara mengatasi Facebook lemot dan ngelag yang lainnya adalah dengan menginstall ulang aplikasinya.  Cara satu ini merupakan cara yang sangat ampuh buat dicoba.

Bahkan, ia bukan hanya berlaku untuk aplikasi Facebook saja, tapi juga aplikasi lainnya. Dengan artian, ketika ada masalah yang menimpa atau terjadi pada aplikasi yang digunakan, coba saja menghapusnya, kemudian menginstalnya kembali.

Dijamin bakalan bagus lagi deh aplikasinya. Karena pada dasarnya, ketika menginstal aplikasi yang baru, maka Anda seolah-olah sedang menggunakan aplikasi versi terbaru loh.

Rasanya beda deh. Tapi sebelum menginstall aplikasi yang baru, pastikan bahwa Anda sudah mengingat informasi login ke akun Anda ya. 

Gunakan aplikasi versi lite

Ada banyak sekali faktor atau penyebab mengapa aplikasi Facebook lemot dan ngelag. Salah satunya adalah spesifikasi hp Anda yang mungkin kurang mendukung.

Kalau sudah demikian, maka kami sarankan buat menggunakan yang versi lite aja deh. Karena ini jauh lebih baik. Daripada memaksakan menggunakan aplikasi yang biasa, tapi ngelag dan lemot. Ia kan?

Nah, aplikasi facebook lite sendiri merupakan aplikasi versi minimalisnya. Dan sudah terkenal sejak beberapa tahun lalu. Ini adalah solusi terbaik bagi ponsel yang tidak sesuai dengan spesifikasi. 

Oke, itulah dia 10 cara mengatasi Facebook yang lemot dan nge-lag Supaya kembali lancar yang patut untuk dicoba. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba ya.