10 Cara Mengatasi iPhone Lemot dan Lelet

10 cara mengatasi iPhone lemot dan lelet supaya stabil kembali – IPhone merupakan salah satu merek ponsel yang terkenal sangat baik. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang ingin memiliki ponsel tersebut.

Meskipun demikian, kita tetap tidak bisa Menutup Mata bahwasanya aplikasi tersebut juga pasti memungkinkan untuk Mengalami berbagai macam masalah.

Misalnya iPhone yang mulai memiliki kinerja cukup lambat dan lelet. Sehingga kadang-kadang membuat para penggunanya merasa khawatir dan tidak nyaman.

Tapi nggak perlu takut karena sebenarnya ada banyak sekali cara mengatasi iPhone lemot dan lelet supaya stabil kembali. Nah untuk Anda yang merasa informasi ini penting bisa mengikuti 10 caranya berikut ini.

Cara mengatasi iPhone lemot dan lelet

Sebagaimana disebutkan di atas bahwasanya iPhonex terkenal mempunyai performa yang sangat baik, dalam artian cepat dan sangat anti lelet.

Tapi ketika iPhone yang Anda gunakan merupakan versi lama tentu kinerjanya terus melambat Kian waktu.

Nah untuk mengatasinya sih Ma beberapa cara mengatasi iPhone lemot dan lelet supaya stabil kembali berikut ini.

Merestart iPhone

Cara pertama yang dapat anda lakukan ialah dengan merestart iPhone. Cara satu ini tergolong cara yang paling cepat dan instan.

Meskipun demikian merestart iPhone tergolong sangat recommended untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada iPhone anda. Bahkan hal tersebut bukan hanya berlaku pada ponsel iPhone saja.

Tapi juga berlaku pada perangkat-perangkat yang lainnya. Dengan merestart atau ulang ponsel tentu akan membuat pihak ponsel membersihkan file-file yang tersimpan dan sampah-sampah yang ada.

Sehingga bakalan membuat ponsel tersebut segar kembali setelah melewati proses restart. Adapun cara untuk merestart iPhone sendiri tergolong sangat mudah.

Dan sebagai pengguna iPhone anda tentu mengetahui bagaimana cara mereset ponsel tersebut. Adapun caranya ialah dengan menekan tombol power lalu slide switch yang terdapat di bagian layar untuk mematikan ponsel tersebut.

Saat perangkatnya telah mati tinggal tekan dan tahan tombol power hingga muncul logo Apple. Setelah proses restart selesai maka ponsel bisa memberikan kinerja yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga :  7 Earphone Gaming Terbaik

Mangan install aplikasi yang tidak digunakan

Tampaknya, dengan install aplikasi yang tidak lagi digunakan biasanya akan membuat kinerja ponsel akan menurun. Hal ini dikarenakan semakin banyak ruang yang dibutuhkan.

Nah kalau anda mempunyai banyak aplikasi-aplikasi yang gak digunakan mungkin akan jauh lebih baik jika anda menghapus atau menginstal aplikasi-aplikasi tersebut.

Dan setelah selesai menginstal aplikasi-aplikasi yang nggak dipakai tadi ponsel akan memiliki kinerja yang jauh lebih meningkat.

Lantas kalau sudah mengantar aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan, Namun ternyata ponsel masih juga lemot.

Maka anda dapat mencoba beberapa cara berikutnya. Itu artinya permasalahan lemotnya ponsel Anda bukan dikarenakan aplikasi yang ada.

Matikan visual FX

Bagi pengguna iPhone Anda pasti mengetahui bahwasanya visual effect memang didesain untuk membuat tampilan iPhone menjadi lebih keren dan lebih bagus.

Hanya saja, siapa sangka kalau ternyata efek visual tersebut membuat hardware bekerja lebih berat sehingga membuat ponsel menjadi lemot. Oleh karena itu, cobalah untuk mematikan visual efeknya.

Dengan cara pergi ke menu pengaturan ataupun settings, pilih general lalu masuk ke bagian aksesibility. Ketika muncul menu-menu pilih pada bagian increase contrast.

Lanjutkan dengan memilih reduce transparency dan klik on. Balik lagi ke menu aksesibility tadi pilih reduce motion menjadi on.

Dengan menonaktifkan visual FX maka ponsel tidak akan lagi merasa keberatan untuk menjalankan tugas-tugas yang ada.

Menonaktifkan Siri

Pada perangkat iPhone, Siri adalah salah satu produk yang merupakan asisten pribadi. Dengan adanya Siri ini maka para pengguna iPhone merasa dimudahkan untuk melakukan berbagai hal.

Sayangnya, Siapa yang mengira bahwasanya dengan adanya Siri juga membuat iPhone merasa terbebani ketika digunakan. Apalagi kalau anda sering menggunakannya.

Oleh karena itu nggak ada salahnya untuk menonaktifkan fitur Siri tersebut supaya performa iPhone menjadi lebih baik.

Cara yang mesti dilakukan untuk menonaktifkan Siri ialah dengan pergi ke menu pengaturan atau setting. Lalu pilih menu general, dan klik menu spotlight search.

Terakhir tinggal matikan saja opsisir suggestion. Dan kalau perlu matikan juga Hey Siri. Yakni dengan balik lagi ke menu general dan pilih sendiri. Kemudian klik opsi Hai Siri pada halaman tadi.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Earphone Terbaik 2021

Gunakan aplikasi bawaan

Cara mengatasi iPhone lemot yang berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan atau aplikasi default.

Karena memang, aplikasi-aplikasi tersebut didesain untuk memudahkan para penggunanya dan mampu bekerja secara stabil tanpa bantuan pihak yang ketiga.

Sayangnya, tidak sedikit para pengguna iPhone yang justru kurang puas dengan aplikasi default yang ada. Sehingga kerak mendownload aplikasi yang lain.

Padahal Ketika anda menggunakan aplikasi yang lain alias tidak menggunakan aplikasi default yang ada, akan mempengaruhi kinerja iPhone.

Untuk itu gunakanlah aplikasi bawaan dari iphone-nya supaya performa HP tetap terjaga.

Mematikan sistem download otomatis

Sebagaimana aplikasi Android pada umumnya, ternyata di iPhone para penggunanya juga dapat mengaktifkan sistem download otomatis.

Sehingga ketika ada pembaruan pembaharuan terhadap sebuah aplikasi ponsel akan secara otomatis melakukan pembaharuan tersebut untuk mendapatkan versi aplikasi yang terbaru.

Tahukah Anda, bahwasanya proses download otomatis tergolong membebani sistem juga. Sehingga membuat iPhone yang anda miliki menjadi panas dan lemot.

Maka dari itu, cobalah untuk mematikan saja fitur atau bagian download otomatis. Yakni dengan mengubah preferensi jaringan.

Adapun cara yang bisa dilakukan ialah dengan pergi ke menu pengaturan atau settings, pilih bagian apps and itunes, masuk ke bagian Stores. Berikutnya matikan menu download automatically.

Dan jangan lupa juga untuk mematikan opsi use seluler data. Itu artinya Ketika anda telah menonaktifkan opsi use seluler data proses download aplikasi hanya bisa Ketika anda sedang menggunakan wi-fi saja.

Selain baik terhadap performa ponsel Anda, pemilihan uniseluler data juga sangat baik terhadap kondisi paket internet yang anda miliki.

Nonaktifkan background apps

Kita tidak bisa memungkiri bahwasanya cara satu ini merupakan cara yang paling banyak direkomendasikan oleh banyak situs.

Karena memang, dengan mengaktifkan background akan mempengaruhi performa iPhone sehingga membuatnya menjadi lemot dan sangat lambat.

Untuk cara menonaktifkan backgroundnya sendiri tinggal masuk ke bagian menu pengaturan atau setting.

Lalu pilih menu general, dan klik background apps refresh. Berikutnya tinggal matikan saja aplikasi-aplikasi yang nggak penting.

Baca Juga :  7 Earphone Bluetooth (Headset) Terbaik

Dan biasanya hal tersebut bukan hanya berlaku untuk HP iPhone saja. Tapi juga berlaku untuk para pengguna Android.

Yang mana aplikasi-aplikasi yang berjalan di background memang sangat berpengaruh terhadap kinerja sebuah ponsel.

Membersihkan browsing history

Sebagai pengguna ponsel seharusnya kita sudah memahami bahwasanya membersihkan browsing history atau sampah-sampah yang ada merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Hal ini karena ketika sampah ataupun history Browser yang menumpuk sebab tidak pernah dibersihkan akan memberikan pengaruh yang buruk terhadap sebuah ponsel.

Maka dari itu mulai sekarang Anda harus rajin-rajin membersihkan browsing history supaya performa ponsel tetap terjaga.

Untuk menghapus atau membersihkan browsing historynya bisa langsung dicoba lewat aplikasi settings, dan cari menu Safari. Kemudian pilih Clear History And website data.

Menghapus file

Cara mengatasi iPhone lemot yang berikutnya ialah dengan menghapus file. Karena ada banyak sekali pesan lama, sampah-sampah, video, yang telah di-backup oleh pihak ponsel.

Dan ternyata semuanya memberikan pengaruh yang buruk terhadap performa iPhone anda. Maka cobalah untuk menghapus file-file yang gak dibutuhkan.

Supaya ponsel tidak keberatan untuk melakukan berbagai macam perintah. Caranya adalah dengan pergi ke menu setting atau pengaturan, kemudian klik general.

Lalu pilih bagian storage and iCloud usage. Masuk ke manage storage, terakhir Hapus file-file yang gak dibutuhkan lagi.

Dengan demikian penyimpanan ponsel akan lebih maksimal dan membuat kinerjanya jauh lebih cepat.

Merestart iPhone

Selain bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan merefresh iPhone, Anda juga bisa mengatasinya dengan merestart iPhone.

Restart iPhone ini bisa dilakukan ketika seluruh cara-cara di atas tidak mempan atau tidak membuahkan hasil sama sekali.

Caranya ialah dengan masuk ke bagian menu pengaturan, pilih yang general, kemudian klik opsi reset. Berikutnya pilih opsi reset all settings, dan tinggal tunggu saja hingga prosesnya selesai.

Dengan mereset pengaturan iPhone, maka ia akan kembali layaknya ponsel baru. Hanya saja, pastikan bahwa semua file-file penting sudah diamankan. Selain itu, Anda juga meski masuk kembali ke Apple ID serta passwordnya.

Itulah dia 10 cara mengatasi iPhone lemot dan lelet supaya stabil kembali. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.