10 Aplikasi Desain Grafis PC Terbaik untuk Pemula

Tertarik untuk menggeluti dunia desain grafis? Anda bisa memulai dengan mengunduh aplikasi desain grafis PC untuk berlatih sendiri. Jika tertarik di bidang desain grafis, download aplikasi desain grafis PC memang bisa sangat membantu melatih skill desain Anda. 

Namun, yang perlu Anda ketahui adalah tidak semua aplikasi bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk membuat desain. Anda perlu mempelajari desain grafis dari dasar.

Oleh karena itu, Anda bisa memulainya dengan aplikasi desain grafis PC gratis untuk pemula. Kemudian, setelah skill sudah meningkat, Anda bisa naik kelas dengan menggunakan aplikasi desain grafis yang lebih pro.

Rekomendasi 10 Aplikasi Desain Grafis PC

Salah satu skill yang akan sangat berguna di era ini adalah desain grafis. Kreativitas seseorang dalam membuat desain sangat berguna di dunia bisnis. Mereka menjadi salah satu bagian dari konten pemasaran. 

Pada artikel ini akan ada 10 aplikasi yang bisa Anda perhatikan. Aplikasi ini cukup populer untuk pemula dan juga mereka yang sudah pro sekalipun. Langsung saja simak informasi lengkapnya berikut.

1. Canva

 aplikasi desain grafis pc gratis

Anda pasti sudah pernah dengar platform yang satu ini, bukan? Canva adalah salah satu platform desain grafis yang sangat populer. Berkat software ini, orang yang tidak bisa desain sama sekali pun bisa ikut membuat desain yang ciamik. Inilah alasan mengapa Canva berada pada urutan pertama.

Aplikasi desain grafis PC free ini bisa Anda akses bahkan tanpa perlu mengunduhnya jika menggunakan laptop. Anda hanya perlu mengunjungi situs website saja. Di sana, sudah ada banyak template untuk berbagai kebutuhan. Anda hanya perlu mengeditnya hingga menjadi desain terbaik versi Anda.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Telegram yang Terlalu Banyak Mencoba Ketika Akan Login

Dari template-template yang sudah ada, Anda bisa belajar pemilihan font, kombinasi warna, dan style.

2. Easelly

Easelly mirip seperti Canva. Namanya memang tidak sepopuler Canva, tetapi Easelly cukup bisa diandalkan untuk membuat desain grafis yang keren. Masih sama seperti Canva, ada fitur gratis dan premium yang bisa Anda manfaatkan.

Easelly lebih sederhana daripada Canva sehingga cocok untuk pemula. Template yang tersedia tidak sebanyak yang ada di Canva. 

Namun rata-rata, sebagian besar jenis template yang ada adalah  untuk membuat infografis dan poster. Jika Anda memang ingin menekuni pembuatan infografis dan poster, Easelly lebih cocok untuk Anda.

3. Adobe Photoshop

aplikasi untuk desain grafis pc

Setelah belajar banyak hal dari platform desain grafis online, saatnya Anda mulai memanfaatkan aplikasi desain grafis PC offline gratis. Salah satu aplikasi yang recommended untuk Anda adalah Adobe Photoshop.

Aplikasi yang satu ini mungkin menjadi yang paling familiar untuk editor foto atau desainer grafis. Anda pun bisa mulai belajar skill desain grafis secara lebih serius di sini. Fitur pengeditan gambar di Adobe Photoshop sangat banyak. Anda pun bisa menyimpannya dengan berbagai format.

4. Adobe Illustrator

aplikasi desain grafis pc terbaik

Lalu, aplikasi desain grafis lainnya dari Adobe yang perlu Anda coba adalah Adobe Illustrator. Apa bedanya Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator? Letak perbedaannya sebenarnya sudah terlihat dari namanya.

Adobe Photoshop banyak digunakan untuk mengolah foto menjadi lebih bagus. Anda juga bisa membuat poster atau infografis di sini dengan berbasis bitmap. Sementara itu, Adobe Illustrator fokus pada ilustrasi vektor yang tidak akan pecah meski diperbesar.

Baca Juga :  Cara Membuat Stiker WhatsApp

Oleh karena itu, penggunaan Adobe Illustrator lebih banyak untuk membuat logo, iklan, ilustrasi, atau desain grafis yang membutuhkan visual besar, seperti papan reklame atau kemasan produk.  

5. Corel Draw

Selain Adobe, yang juga banyak penggunanya adalah Corel Draw. Hal yang membuat aplikasi ini populer adalah fiturnya yang sangat lengkap. Anda bisa membuat poster, banner, logo, undangan, dan masih banyak lagi hanya dengan satu aplikasi.

Kekurangan Corel Draw adalah aplikasi ini cukup berat. Anda harus mempunyai PC yang mumpuni agar proses pembuatan desain tidak terkendala.

6. Google SketchUp

Kemudian, untuk Anda yang ingin belajar desain 3 dimensi, ada satu aplikasi yang layak Anda coba, yakni Google SketchUp. Aplikasi ini merupakan buatan dari Tribe. Melalui aplikasi ini, Anda bisa membuat desain 3 dimensi dengan lebih mudah.

Google SketchUp umumnya memang digunakan oleh para arsitektur. Ada banyak sekali tools yang memudahkan Anda dalam membuat desain. Hasil dari aplikasi ini juga bisa Anda letakkan di Google Earth. Sangat menarik, bukan?

7. Affinity Designer

Affinity Designer adalah aplikasi yang secara fisik mirip sekali dengan Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Fitur-fitur yang ada di dalamnya pun hampir sama. Namun, Affinity Designer termasuk aplikasi desain grafis PC ringan. Produk ini kompatibel untuk Windows, Mac, bahkan Ipad.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan memanfaatkan versi trial yang terbatas. Manfaatkan versi trial untuk mempelajari fitur-fitur yang ada di dalamnya. Setelah Anda yakin dan puas, Anda bisa melakukan pembelian aplikasi.

8. Sketch

Selanjutnya, untuk Anda yang bertugas mendesain website atau aplikasi, software yang bisa Anda gunakan adalah Sketch. Aplikasi ini umum dipakai untuk membuat desain user interface (UI). Perangkat lunak ini berbasis vektor sehingga kualitasnya sangat bisa diandalkan untuk membuat desain grafis.

Baca Juga :  Download Instagram Plus

9. Inkscape

Ingin membuat karya seni yang luar biasa dan berbeda dengan desainer grafis lainnya, Anda bisa menggunakan Inkscape. 

Aplikasi ini juga mempunyai banyak fitur andalan untuk menghasilkan gambar berbasis vektor yang sempurna. Anda bisa membuat logo, ilustrasi, bahkan karya seni lainnya yang lebih besar dan menakjubkan.

Banyak orang menganggap bahwa Inkscape adalah versi lebih mudah daripada Corel Draw. Jika Anda memang merasa kesulitan mengaplikasikan Corel Draw, silakan coba aplikasi ini.

10. Krita

Terakhir, ada salah satu aplikasi desain grafis gratis untuk PC yang cocok untuk Anda yang suka membuat komik. Aplikasi yang dimaksud adalah Krita.

Krita mempunyai banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat karakter-karakter komik atau webtoon. 

Fitur yang jarang terdapat pada aplikasi desain grafis adalah layer mask, halftones, vanishing point, dan smooth. Fitur-fitur tersebut amat membantu Anda untuk membuat desain komik yang menarik.

Penutup

Seorang desainer grafis umumnya tidak hanya menggunakan satu aplikasi desain grafis PC terbaik. Mereka menggunakan beberapa aplikasi sekaligus untuk menghasilkan desain yang lebih bagus. Karena setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, menggunakan beberapa aplikasi sekaligus bisa menjadi solusi.

Untuk Anda yang masih pemula, Anda bisa memulai dengan menggunakan software desain grafis yang bisa Anda akses secara online. Dari situ, setelah kreativitas dan kepekaan Anda mulai terlatih, Anda bisa menggunakan aplikasi yang memberikan fitur lebih baik.

Dari 10 aplikasi yang sudah tersebut di atas, masing-masing aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangan. Anda bisa memilih aplikasi desain grafis PC yang paling cocok dengan style Anda.