Rekomendasi 10 Aplikasi Kasir PC Terbaik untuk UMKM

Perkembangan teknologi perlu dimanfaatkan setiap orang untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari. Di dunia bisnis sekalipun, Anda perlu cerdas dalam memanfaatkan teknologi agar pekerjaan menjadi mudah. Dalam hal ini, Anda perlu memanfaatkan aplikasi kasir PC.

Apa itu aplikasi kasir? Bagi yang mempunyai toko, entah itu fisik atau online, Anda pasti membutuhkan alat untuk membuat transaksi penjualan. Di toko offline, Anda pasti sering melihat mesin kasir. Nah, di era yang lebih modern ini, ada alat yang lebih mutakhir, yakni aplikasi kasir.

Aplikasi kasir merupakan sebuah aplikasi untuk membuat transaksi penjualan lebih aman, mudah, dan terorganisasi. Dengan begitu, pembukuan keuangan pun bisa Anda lakukan secara mudah dan otomatis. Anda perlu memilih aplikasi kasir PC gratis full version agar pembukuan keuangan lebih maksimal.

Rekomendasi Aplikasi Kasir PC Terbaik

Bagi pemilik UMKM, modal dan perputaran modal tentu hal yang penting untuk dipikirkan dengan baik. Dengan adanya aplikasi kasir versi PC, Anda bisa memiliki “karyawan” yang siap mempermudah bisnis, namun tanpa perlu merogok kocek. 

Berikut beberapa aplikasi kasir untuk PC gratis yang recommended dengan fitur yang akan sangat berguna bagi bisnis kecil Anda. 

1. Keyhut

aplikasi kasir untuk pc gratis

Aplikasi kasir offline untuk PC yang cocok untuk Anda adalah Keyhut. Kalau Anda melihat tampilannya, aplikasi yang satu ini memang terlihat jadul. Namun, justru tampilan yang jadul inilah yang menjadi kelebihannya.

Keyhut dengan tampilan yang jadul memiliki sistem yang ringan dan compatible untuk PC jaman dulu. Jadi, jika memiliki PC lama yang tidak terpakai, Anda bisa mengunduh aplikasi Keyhut. Lalu, Anda pun sudah memiliki mesin kasir yang cukup bagus untuk mencatat transaksi.

Baca Juga :  10 Aplikasi Download Lagu MP3 Online Gratis Terbaru

Lalu, yang lebih penting lagi adalah aplikasi ini bisa Anda gunakan gratis. Anda pun tak perlu menyambungkannya dengan internet untuk menggunakan aplikasi ini. Cocok untuk Anda, bukan?

2. VendHQ

aplikasi kasir pc offline gratis

Untuk Anda yang ingin aplikasi kasir pintar desktop dengan tampilan yang lebih menarik dan modern, VendHQ adalah pilihan terbaik. Tampilan UI yang modern tidak terlihat membosankan.

VendHQ sendiri sebenarnya merupakan aplikasi kasir online yang berbasis cloud. Namun, Anda tetap bisa menggunakannya secara offline dengan berbagai keterbatasan. Penggunaan aplikasi secara online dengan koneksi internet yang lemot sekalipun lebih disarankan daripada secara offline.

Ada banyak fitur yang tersedia di VendHQ. Namun, beberapa fitur terbaik hanya diperuntukkan untuk pengguna premium. Versi gratis hanya bisa Anda gunakan untuk mendukung satu mesin kasir.

3. uniCenta

kasir pintar desktop

Selanjutnya, ada juga aplikasi kasir yang bernama UniCenta. Untuk aplikasi yang satu ini, semua pebisnis bisa masuk. Fitur yang ada di UniCenta tidak hanya yang berkaitan dengan pencatatan transaksi penjualan, namun ada juga fitur untuk UKM secara umum.

UniCenta memiliki fitur premium berupa inventory management, CRM, reporting, hingga manajemen karyawan. Khusus untuk fitur reporting memang masih butuh pembaruan, tetapi sudah lumayan bagus untuk dipakai.

Lalu, yang tak kalah penting adalah aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk banyak hardware, entah itu PC atau HP. Sistem yang dipakai juga open source sehingga bisa Anda kembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan.

4. TruePOS

aplikasi kasir pc gratis full version

Selanjutnya, TruePOS juga mirip seperti UniCenta. Aplikasi yang satu ini juga mempunyai banyak fitur. TruePOS sangat mendukung kebutuhan pencatatan keuangan untuk perusahaan ritel. Lalu, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan secara online dan offline.

Kelebihan TruePOS adalah memiliki banyak fitur yang memudahkan pengguna mengelola keuangan. Namun, ada beberapa fitur yang hanya bisa digunakan untuk user premium. Lalu, kelebihan lain adalah kompatibel dengan berbagai perangkat, entah itu PC atau HP.

Baca Juga :  Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android

5. Odoo

aplikasi kasir pc terbaik

Lalu, untuk kebutuhan aplikasi kasir untuk PC, Anda juga bisa menggunakan Odoo. Perangkat lunak yang satu ini mendukung penggunaan online maupun offline. Jadi, meski tanpa koneksi internet, Anda tetap bisa menjalankan software ini.

Kemudian, Odoo juga mempunyai beberapa fasilitas tambahan lain, seperti email marketing, fitur pemberitahuan stok barang, hingga menghubungkan Anda dengan e-commerce bisnis. Sistemnya yang open source juga bisa Anda kembangkan dan sesuaikan dengan bisnis Anda.

6. Kasir Pintar Desktop

Ingin aplikasi kasir buatan buatan anak negeri, Anda bisa menggunakan Kasir Pintar Desktop. Melalui informasi dari website resminya, Aplikasi Kasir Pintar sudah digunakan hingga 1 juta user, lho. Selain tersedia untuk versi desktop (baik Windows maupun MAC OS), aplikasi ini juga tersedia untuk versi Android, lho.

Beberapa kelebihan dari aplikasi ini adalah ada login khusus untuk owner dan staf, data dijamin aman dan terintegrasi dengan cloud. Lalu, tersedia banyak fitur untuk memudahkan pencatatan keuangan.  

7. Majoo

Selanjutnya, ada aplikasi kasir bernama Majoo yang juga bisa Anda gunakan untuk PC. Aplikasi ini mempunyai fungsi utama untuk mencatat penjualan secara online. Keunggulan aplikasi ini adalah ada satu dashboard untuk melihat seluruh transaksi yang Anda catat melalui aplikasi.

Kemudian, Majo juga mempunyai berbagai fitur canggih untuk mencatat transaksi. Bahkan, ada informasi yang memuat pesanan serta panggilan pelanggan. Fitur ini jarang ditemukan di aplikasi kasir lainnya.

8. Olsera

Lalu, perangkat lunak lainnya untuk mesin kasir adalah Olsera. Aplikasi yang satu ini juga lumayan populer karena sudah dipakai hingga 10.000 toko di Indonesia. Kepopulerannya tersebut disebabkan oleh aksesnya yang sangat mudah.

Baca Juga :  Aplikasi Karaoke PC

Selain itu, ketika menggunakan Olsera, ada fitur loyalty point untuk pelanggan. Anda bisa memberikan poin-poin dengan berbagai keuntungan agar pelanggan yang sudah berbelanja di toko Anda semakin puas dan ingin kembali ke toko Anda.

9. Cash Register

Di poin ke-9 ini, masih ada aplikasi kasir gratis yang layak untuk Anda gunakan. Aplikasi yang dimaksud adalah Cash Register. Kelebihan aplikasi ini adalah dapat menginput hingga 26.000 barang. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk Windows dan DOS.

10. Square POS

Terakhir, ada aplikasi bernama Square POS. Ini adalah aplikasi kasir dengan fitur melimpah. Semua fitur tersebut bisa Anda gunakan secara gratis, tidak ada biaya bulanan atau tahunan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan laporan penjualan, inventaris, dan berbagai fitur untuk memanajemen pelanggan. Lalu, aplikasi ini juga bisa Anda integrasikan untuk berbagai e-commerce. Semua data yang tersimpan di aplikasi ini pun bisa dipastikan keamanannya.

Kesimpulan

Kemajuan teknologi memang menjadi berkat untuk siapa pun, terutama di dunia bisnis. Ada banyak sekali kemudahan yang pebisnis dapatkan dari kemajuan teknologi. Aplikasi kasir PC offline gratis adalah salah satu di antaranya.

Untuk memudahkan pembukuan keuangan, Anda bisa download aplikasi kasir gratis yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan. Di antara 10 daftar yang sudah disebutkan di atas, pasti ada salah satunya yang cocok.

Sebagai pebisnis, Anda tidak hanya fokus mengatur strategi pemasaran. Anda juga perlu memanfaatkan teknologi untuk memudahkan dalam mengembangkan bisnis, salah satunya dengan aplikasi kasir PC ini. Jadi, pastikan Anda memanfaatkannya, ya.