Deskripsi: Belajar Rumus Rata-rata Excel: Fungsi Average / Fungsi AVERAGE pada Data Teks atau Kosong / Rumus Manual Rata-rata Excel.
Fungsi rata–rata atau average pada Excel merupakan salah satu fungsi yang paling sering digunakan pada program perangkat lunak Excel.
Fungsi rata–rata berguna terutama untuk perhitungan statistik yang membutuhkan data mengenai rata–rata persebaran suatu kelompok data.
Anda bisa dengan mudah menghitung rata–rata menggunakan rumus rata-rata Excel berikut ini:
Fungsi Average adalah fungsi yang sudah disediakan oleh tim Microsoft Excel untuk menghitung rata–rata dari sebaran kelompok data yang sudah diinputkan ke dalam cell Microsoft Excel. Sintaksis penggunaan fungsi Average juga sangat mudah seperti berikut:
=AVERAGE (Data1; Data2; ..)
Keterangan:
Sebagai contoh Anda ingin menghitung nilai rata – rata dari kelompok data yang tersebar dari cell A2 sampai cell A10.
Maka Anda cukup mengetikkan “=AVERAGE” kemudian klik pada cell data pertama yaitu A2 kemudian seret hingga cel A10. Anda juga bisa mengetik secara manual seperti berikut:
=AVERAGE (A2:A10)
Jika pada kolom yang ingin Anda cek nilai rata–ratanya terdapat gabungan antara cell berisi angka dan teks, maka Anda bisa menghitung rata–ratanya dengan cara menyeret kolom saja seperti cara di atas.
Microsoft Excel akan mengabaikan data berupa teks sehingga yang dihitung hanyalah data angka saja. Cell kosong juga akan diabaikan oleh Microsoft Excel sehingga Anda dapat menyeret formula ke seluruh kolom.
Misal pada cell A3, A5 dan A8 berisi cell kosong dan teks, sementara cell lainnya dari A1 sampai A10 berisi angka, maka Anda cukup memasukkan rumus:
=AVERAGE (A1:A10)
Microsoft Excel akan menjumlahkan data dari cell A1, A2, A4, A6, A7, A9, dan A10 kemudian membaginya dengan angka 7 untuk memperoleh rata–rata. Namun Excel akan terpengaruh cell yang berisi data kesalahan seperti tanda eror #N/A.
Fungsi AVERAGE akan menampilkan nilai error #N/A apabila terdapat tanda eror pada data yang dihitung.
Selain menggunakan fungsi AVERAGE, Anda juga bisa memasukkan formula manual untuk menghitung rata – rata dari sebaran suatu kelompok data.
Cara manual ini mengkombinasikan antara fungsi SUM dengan pembagian. Seperti yang sudah diketahui bahwa rumus rata–rata adalah:
Rata–rata = Total data / jumlah data
Maka Anda bisa menghitung rata–rata nilai dari cell B1 sampai B20 dengan cara menginputkan rumus:
=SUM(B1:B10)/10
Perintah SUM(B1:B10) akan menghitung total data yang tersebar dari mulai cell B1 sampai B10. Total data yang diperoleh kemudian dibagi angka 10 yang merupakan jumlah data yang tersebar.
Rumus manual ini akan sangat membantu bagi Anda yang mungkin lupa fungsi AVERAGE. Fungsi ini juga termasuk mudah terutama untuk menghitung jumlah data yang tidak terlalu banyak atau data yang sudah Anda ketahui jumlahnya dengan tepat.
Namun untuk sebaran data yang tidak diketahui jumlahnya, cara ini sedikit sulit. Pemanfaatan rumus rata-rata Excel umum digunakan oleh para guru di sekolah untuk menghitung nilai rata–rata rapor kelas. Selain itu, fungsi ini juga sangat bermanfaat bagi pekerjaan statistika.
Pelajari Juga :
Download Versi Lama dan Terbaru Aplikasi Anime Lovers - Tidak bisa kita pungkiri bahwasanya makin…
Cari Toko Elektronik Lebih Mudah di Bukalapak - Alat elektronik menjadi salah satu alat-alat yang…
Pelajari cara cepat FYP di TikTok dengan panduan komprehensif ini. Temukan tips & trik algoritma,…
Ingin Jawab Soal Dapat Saldo Dana? Temukan platform terbaik, tips memaksimalkan penghasilan, dan cara menghindari…
Mesin Pencarian Terbaik dan Terpopuler - Untuk mendapatkan berbagai macam informasi di masa kini sudah…
Pernahkah Anda melihat foto dengan subjek yang sangat tajam dan menonjol, sementara latar belakangnya tampak…
This website uses cookies.