Cara Menghitung Persen Di Kalkulator Terbaik 2023

Cara Menghitung Persen Di Kalkulator Terbaik 2023 – Menghitung persen adalah sebuah kemampuan sederhana yang penting untuk diketahui oleh setiap orang. Terutama untuk yang suka berbelanja di mall. Kok gitu? Ya karena kalau belanja di mall kan suka ada diskonan kan?

Dan diskonan tersebut bakalan dituliskan dalam bentuk persen. Daripada bingung ngeliatin diskonan yang ada, ya mending tahu cara menghitung persen kan? Ya biar memudahkan anda buat ngitungnya kalau lagi belanja, atau kalau lagi ada sesuatu dalam bentuk persen yang mesti dihitung.

Nah untuk ngitungin persen sendiri, bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa alat. Mulai dari kalkulator, kemudian excel, dan yang penting harus tahu rumusnya dulu.

Karena kalau sudah tahu rumusnya, semuanya bakalan lebih mudah, sederhana, dan cepat loh. Oke, berikut ini merupakan beberapa cara menghitung persen. Baik itu di kalkulator, excel, rumus, atau yang lainnya. Buat yang sudah penasaran, langsung saja simak penjelasan berikut. 

Sejarah Munculnya Nilai Persen 

Sebelum kita bahas cara menghitung persen, kita akan bahas sekilas sejarah munculnya nilai persen. Karena mungkin, ada banyak di antara anda yang penasaran karena belum pernah tahu sejarah tersebut. Jadi, nilai persen sendiri punya nilai paling rendah itu 0, sementara untuk yang paling tingginya adalah 100 persen.

Inilah alasan kenapa nggak ada nilai 101 persen, 200 persen, atau yang lainnya. Dan di dalam sejarah, bilangan persen ini sudah dimulai dari masa romawi kuno. Yang mana, ketika itu mereka tengah melakukan kegiatan berupa pemungutan pajak, dengan menggunakan cara fraksi 1 hingga 100 dari nilai lelang keseluruhan.

Dan ternyata, sistem itu terus mengalami perkembangan secara terus menerus. Dan ini merupakan cikal bakal atau alasan mulai munculnya  nilai sebagian dari semua keseluruhan populasi. Persen ternyata mengalami perubahan istilah loh dari masa ke masa.

Jadi, dulunya namanya bukan persen. Dan perubahan ini sampai ke tahap munculnya simbol persen sebagaimana yang kita ketahui sekarang. Dan setelah tahu sejarahnya, kita basah juga pengertian presentasi secara singkat. 

Cara Menghitung Persentase

Persen atau presentasi adalah bagian dari matematika yang kerap digunakan buat menghitung bagian tertentu dari seluruh populasi. Kalau dalam bahasa penelitiannya sih, bisa dikaitkan dengan populasi dengan sampel alias contoh.

Adapun dalam menghitung persen, anda harus tahu cara menghitung persentase nya dahulu. Hal ini karena kan ada rumus yang meski digunakan. Dalam hal ini, rumusnya ialah jumlah setiap bagiannya akan dibagikan dengan jumlah keseluruhan, lalu dikalikan 100 persen.

Yang notabenenya adalah angka maksimal persen itu sendiri. Menariknya lagi, anda bisa banget nih membagikan seluruh bentuk pecahan, kemudian rasio, desimal, dan yang lainnya ke dalam bentuk persen. Hal ini dengan tujuan supaya bisa memperoleh per bagian dari semua populasi yang sedang dihitung.

Dalam hal ini, yang perlu anda lakukan ya cma sebatas mengaikan pecahan ataupun angkaya ke 100 persen doang, hingga memperoleh bagian dalam bentuk persennya. Gimana gimana, menarik banget kan? Oh ya, kalau untuk lambang ataupun simbolnya pasti sudah pada kenal lah ya.

Dimana, persen punya simbol berupa sebuah lingkaran kecil di bagian atas, kemudian dipisahkan dengan sebuah garis miring, dan lambang kecil lagi di bagian bawah. Jika anda masih bingung gimana cara menghitung persentase, bisa simak beberapa cara berikut ini. 

Baca Juga :  Cara Download PPT di Slideshare

Dengan Kalkulator

Cara menghitung persentase yang paling mudah adalah dengan menggunakan kalkulator. Siapa sih yang nggak kenal dan nggak pernah menggunakan kalkulator? Pasti sudah pada kenal semuanya kan? Atau bahkan, anda seringkali menggunakan aplikasi satu ini.

Dalam menghitung persentase sendiri, memang ada beberapa alat yang bisa anda gunakan. Salah satunya ya kalkulator. Dan kalkulator itu ada yang scientific, manual, hingga yang biasa kita gunakan, yakni kalkulator yang ada pada ponsel yang di genggaman kita.

Basisnya sama kkok. Tinggal gimana anda menggunakannya saja. Cara menghitung persentase dengan menggunakan kalkulator sendiri gampang banget kok. Anda tinggal membuka aplikasi kalkulator  yang ada di ponsel.

Yes, tiap ponsel biasanya sudah dibekali dengan aplikasi satu ini. Sehingga anda nggak perlu lagi yang namanya repot repot buat mendownloadnya dulu. Kalau misalnya sudah, anda bisa mengetikkan angka 2 dengan 0, sehingga bakalan menghasilkan angka 20. Ini contohnya.

Kemudian, anda bisa langsung mengetikkan simbol persen. Maka dengan demikian, anda bakalan menemukan angka 0.2 kan? Kemudian tinggal lanjutkan dengan mengklik simbol kali saja, dan kalikan dengan angka 3000 ribu, yakni nggak pakai koma.

Terakhir, tinggal klik lambang sama dengan saja. Selesai. Nah, ini adalah sebuah cara yang bisa anda lakukan untuk kasus, saat anda lagi pergi ke toko buah di supermarket, dna menemukan ada tulisan diskonnya 20 persen. Denan harga buah 300 ribu per buahnya.

Nah kira kira, berapa sih harga yang meski dibayar kalau sudah dipotong dengan diskon yang diberikan? Gitu. Gampang kan. Itu artinya, anda bisa menyesuaikan saja angka diskonnya dengan angka diskon yang anda temukan, begitupun dengan harga barang sebelum didiskon. 

Dengan Excel

Jadi, selain bisa menggunakan kalkulator, ternyata anda juga bisa banget kok menghitung persentase dengan menggunakan excel. Dan ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Nggak kalah mudahnya deh dengan cara yang pertama. 

Oke, itulah dia sekilas pembahasan kita mengenai cara menghitung persentase yang bisa anda lakukan. Dan anda bisa menghitungnya dengan sangat cepat dan mudah kan?

Bagi yang selama ini masih beneran bingung banget cara ngitungnya, sekarang sudah bisa, yakni dengan memperhatikan contoh yang kami berikan, lalu menghitungnya dengan cara penyelesaian yang sudah kami bagikan pula. Demikian, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba ya.