Cara Menghilangkan Protected View Microsoft Excel

Anita Apprilia

Cara Menghilangkan Protected View Microsoft Excel

Cara Menghilangkan Protected View Microsoft Excel – Mungkin di antara kita ada yang pernah mengalami permasalahan saat akan membuka file excelnya, dengan berbagai macam ekstensi. Salah satu permasalahan yang mungkin cukup sering terjadi ialah munculnya pesan notifikasi di bagian bawah ribbon. Kalau misalnya Anda ngerasa mengalami permasalahan tersebut mungkin bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang akan kami bahas kali ini.

Adapun notifikasinya ialah Protected view. Dan sebagai pengguna mungkin kadang-kadang kita ngerasa kalau misalnya ini bukanlah sebuah permasalahan yang serius ya. Karena dengan mengklik saja tulisan enable editing, maka dokumennya bakalan tetap bisa dibuka dan diedit sebagaimana kebutuhan. Dan sebenarnya itu menjadi salah satu solusi yang bisa anda lakukan.

Hanya saja sebagian yang lain mungkin bisa saja merasa Malas kalau misalnya harus mengklik enable editing tiap kali akan membuka dokumen. Jika anda termasuk salah satu orang yang malas bolak-balik mengklik enable editing ini tiap kali membuka file tersebut, maka anda bisa lakukan cara menghilangkan Protected view Microsoft Excel berikut.

Cara Menghilangkan Protected View Microsoft Excel

Sebelum kita membahas Bagaimana cara menghilangkan Protected view Microsoft Excel, kita akan bahas terlebih dahulu sebenarnya Apakah fungsi dari Protected view itu sendiri. Jadi perlu diketahui kalau misalnya Protected view menjadi salah satu fitur yang disediakan oleh pihak Microsoft di Microsoft Office mereka. Dan fitur ini sudah hadir dari tahun 2010 yang lalu.

Itu artinya fitur ini sudah berusia lebih dari 10 tahun. Dan jika kita perhatikan memang pihak Microsoft terus melakukan perbaikan-perbaikan serta pengembangan terhadap berbagai macam fiturnya. Tidak terkecuali Protected view Microsoft excelnya. Sesuai dengan namanya, fitur Protected view berperan sebagai protektif kemungkinan virus, dan hal-hal buruk pada dokumen.

Sehingga sebenarnya fitur ini tergolong sangat membantu dan cukup berguna. Karena nantinya Anda Nggak cuma bisa melihat file ataupun dokumen dengan menggunakan mode baca. Tapi juga sangat memungkinkan anda untuk mengedit-edit file tersebut dengan menggunakan mode proteksi. Biasanya Keterangan tersebut akan muncul ketika anda mendapatkan file tersebut dari internet ataupun dokumen yang dikirimkan oleh orang lain.

Biasanya pesan yang muncul untuk memperingatkan anda akan adanya proteksi keamanan dari file tersebut ditampilkan dalam bentuk tulisan yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan beberapa contoh tampilan keterangan proteksi yang kami dapatkan dari internet.

Be careful – email attachments can contain viruses. Unless you need to edit, it’s safer to stay in Protected View. Hati-hati – lampiran email bisa berisi virus. Jika Anda tidak perlu mengedit, lebih aman tetap dalam Tampilan Terproteksi.

Be careful – This file is from someone else’s OneDrive. Unless you trust this person and want to continue collaborating with them, it is safer to stay in Protected View. Hati-hati – File ini dari OneDrive orang lain. Jika Anda tidak memercayai orang ini dan ingin terus berkolaborasi dengannya, lebih aman tetap dalam Tampilan Terproteksi.

Be careful – files from the Internet can contain viruses. Unless you need to edit, it’s safer to stay in Protected View. Hati-hati – file dari Internet dapat berisi virus. Jika Anda tidak perlu mengedit, lebih aman tetap dalam Tampilan Terproteksi.

This file was opened from a potentially unsafe location. Click for more details. File ini dibuka dari lokasi yang berpotensi tidak aman. Klik untuk lebih jelasnya.

Office has detected a problem with this file. Editing it may harm your computer. Click for more details. Office telah mendeteksi masalah dengan file ini. Mengeditnya dapat membahayakan komputer Anda. Klik untuk lebih jelasnya.

This file was opened in Protected View. Click for more details. File ini dibuka dalam Tampilan Terproteksi. Klik untuk lebih jelasnya.

Oke setelah mengetahui hal-hal penting di atas sekarang kita akan bahas Bagaimana cara menghilangkan Protected view Microsoft Excel yang dapat Anda lakukan.

Unlock Dulu File Microsoft Excel

Cara menghilangkan Protected view Microsoft Excel pertama yang bisa anda lakukan ialah meng unclock di dokumen tersebut atau mendisablekan fiturnya dengan menggunakan trust center. Untuk unlock filenya sendiri adalah sebuah fitur yang memungkinkan para penggunanya buat ngedit-ngedit dan juga membuat perubahan di dokumen tersebut tanpa harus merasa adanya kendala dari proteksi windows-nya.

Kalau misalnya kita menggunakan unlock maka dokumennya nggak bakalan lagi muncul keterangan Protected view sebagaimana biasanya. Yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana cara unlock file Microsoft Excel? Oke tenang aja karena caranya cukup gampang. Dalam hal ini anda bisa mengklik kanan di bagian dokumen Excel yang tadinya bermasalah.

Kemudian Anda bisa Klik di bagian menu properties. Lalu tinggal centang saja di bagian unlock yang letaknya ada di sebelah kanan bawah dengan tulisan this file came another computer and might be blocked to help protect This computer. Kalau misalnya sudah anda bisa klik menu apply yang ada di sana, dan dengan demikian maka fitur unlock-nya bakalan hilang.

Langkah terakhir yang miskin dilakukan ialah dengan mengklik tulisan oke pada layar. Dan sekarang anda bisa membuka file tersebut tanpa harus menemukan keterangan tadi. Gimana gimana cukup mudah dan singkat kan?

Disable Protected View melalui Trust Center

Cara menghilangkan Protected view Microsoft Excel berikut yang bisa anda lakukan ialah dengan disable protected view dengan menggunakan trust center. Cara yang satu ini bakalan ngebuat proteksinya nggak berjalan. Sehingga nantinya valval yang anda dapatkan dari orang lain atau yang sudah anda download dari internet nggak bakalan diproteksi lagi.

Adapun cara yang bisa anda lakukan ia dengan membuka dulu program Microsoft Excel yang digunakan kemudian Anda bisa membuka dokumen Excel manapun. Selanjutnya tinggal pilih menu option. Dan di sana anda akan menemukan berbagai macam pilihan. Untuk melanjutkan langkahnya Anda dapat memilih menu trust center. Kemudian pilih trust center settings. 

Lihat di bagian video tersebut dan anda bisa menghilangkan seluruh centang yang tulisannya enable. Mulai dari enable Protected vuew for Files  originating from the internet, kemudian enable Protected view for files located  in potentially unsave location, dan yang lainnya. Kalau udah tinggal klik Oke. Kemudian hilangkan Protected view. 

Nah gimana-gimana tergolong gampang dan cepat kan? Jadi itulah dia beberapa cara yang bisa anda Cobain untuk mengatasi permasalahan munculnya tulisan enable editing. Yang sebenarnya Ini adalah sebuah keterangan yang menunjukkan kalau misalnya dokumen tersebut diproteksi atau dilindungi oleh pihak Microsoft. Tapi kalau misalnya Anda ngerasa terganggu dengan tulisan tersebut memang lebih baik disable-kan aja.

Hari ini agar nantinya ngebuat Anda bisa langsung mengedit dokumen ataupun melihatnya tanpa harus repot-repot menghilangkan lagi keterangan enable tersebut yang bisa dikatakan agak mengganggu. Oke itulah dia pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

Artikel Terkait

Bagikan: