Motherboard Adalah: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Apakah kamu penasaran apa saja komponen penting pada sebuah perangkat komputer yang kamu gunakan sehari hari? Motherboard adalah salah satu komponen penting yang bisa membuat perangkat komputer berjalan dengan baik. 

Apa pengertian dari motherboard dan bagaimana komponen ini berperan dalam sistem kerja komputer? 

Berikut ini ialah berbagai hal mengenai motherboard yang perlu kamu ketahui. 

Pengertian Motherboard 

Motherboard (papan induk)  adalah papan sirkuit utama yang berada dalam komputer dan berfungsi untuk menghubungkan berbagai bagian komputer bersama-sama. 

Adapun komponen atau bagian komputer yang terhubung ialah CPU, RAM, kartu ekspansi, kartu grafik, BIOS, dan kartu memori. 

Semua komponen tersebut terhubung menjadi satu sehingga bisa menjalankan komputer. 

Motherboard juga berfungsi untuk mengontrol berbagai perangkat seperti keyboard, DVD drive, Hard drive dan mouse. 

Singkatnya, motherboard yang membuat berbagai komponen komputer terhubung sehingga bisa saling bekerjasama untuk menjalankan komputer. 

Fungsi dan Peran Motherboard

Bagaimana peran dan fungsi motherboard untuk memastikan komputer berjalan dengan baik? 

Berikut ini adalah beberapa peran penting motherboard pada perangkat komputer yang perlu kamu ketahui

1. Penghubung Antara Perangkat 

Seperti telah dibahas sebelumnya, motherboard memiliki peran sebagai jembatan atau penghubung antara perangkat. Fungsi ini sebagai fungsi utama motherboard yakni menyatukan sistem perangkat keras pada komputer. 

2. Pusat Komunikasi 

Fungsi motherboard adalah sebagai pusat komunikasi untuk berbagai komponen komputer yang terhubung baik secara langsung dan tidak langsung. 

Motherboard akan mengirimkan semua lalu lintas data ke berbagai komponen sesuai dengan kebutuhan masing masing bagian komputer. 

3. Mengatur Daya Listrik

Fungsi penting lainnya dari motherboard ialah mengatur daya listrik sekaligus mengalirkan daya ke berbagai bagian penting dari komputer. 

Motherboard juga memiliki peran untuk tetap menjaga daya listrik agar tidak terjadi over voltage pada komponen yang bekerja. 

Peran motherboard dalam menjaga stabilitas daya listrik masuk dan keluar sangat penting agar komputer dapat bekerja secara maksimal.

4. Pengendali Komponen Komputer 

Motherboard merupakan pengendali komponen komputer yang berada di dalam komputer. 

Adapun komponen yang berada dalam motherboard ialah VGA, CD-ROM, SSD, Printer, Mouse, dan keyboard. 

Semua komponen tersebut merupakan bagian penting pada komputer, oleh karena itu motherboard memiliki fungsi yang krusial untuk bisa mengendalikan komputer. 

Jenis-Jenis Motherboard 

Apakah hanya ada satu jenis motherboard untuk mengendalikan komputer? Nyatanya, terdapat jenis-jenis motherboard yang berfungsi untuk mengendalikan komputer. 

Berikut ini ialah jenis motherboard yang paling umum digunakan pada perangkat komputer 

1. Motherboard ATX 

Motherboard ATX

Jenis motherboard pertama ialah Motherboard ATX (Advanced Technology eXtended). Motherboard ini memiliki beberapa perbaruan dari generasi sebelumnya yakni AT yang sudah mulai ditinggalkan. 

Papan induk jenis ATX memiliki ukuran yang lebih kecil daripada motherboard AT. Berukuran 12 x 9.6 inci (30.5 x 24.4 cm) motherboard ini merupakan salah satu yang cukup populer. 

Motherboard ATX mempunyai beberapa keistimewaaan seperti menyediakan slot PCI dan sekurangnya 4X slot DIMM untuk mendukung memori. Selain itu, motherboard ini juga memiliki port Serial Advanced Technology Attachment (SATA) dan perangkat penyimpan lainnya. 

Memiliki banyak fitur, motherboard cocok untuk mendukung produktivitas komputer dan bahkan untuk komputer gaming. 

2. Motherboard Micro-ATX

Motherboard Micro ATX

Seperti namanya, papan induk Micro-ATX merupakan bentuk kecil/mikro dari motherboard ATX. Ukuran dari motherboard ini ialah 9.6 X 9.6 inci ( 24.4 x 24.4 cm) 

Adapula ukuran motherboard micro-ATX yang lebih kecil yakni 24.2 x 20.6 cm, hal ini tergantung pada slot yang tersedia. 

Selain memiliki ukuran yang lebih kecil, motherboard Micro-ATX memiliki harga yang lebih terjangkau. 

Jumlah slot pada papan induk micro-ATX maksimal ialah 4, namun jumlahnya bisa berbeda tergantung pada dimensinya. 

3. Motherboard Mini ITX 

Motherboard Mini ITX

Satu lagi motherboard berukuran kecil yang memiliki berbagai fitur dasar pada motherboard yang memiliki ukuran besar. Papan induk Mini ITX memiliki ukuran 17 x 17 cm atau 6,7 x 6,7 inci. 

Selain memiliki ukuran yang kecil dan mampu menghemat ruang, motherboard ini memiliki sistem pendinginan  yang dilakukan tanpa menggunakan kipas. Hal ini memungkinkan konsumsi daya listrik yang lebih rendah. 

Karena memiliki ukuran yang kecil maka jumlah slot pada motherboard terbatas pula. Akan tetapi, fitur motherboard bisa beragam sesuai dengan varian motherboard yang lain.

4. Motherboard E-ATX 

Motherboard EATX

Papan induk E-ATX merupakan motherboard yang memiliki ukuran cukup besar yakni berukuran 30, 5 x 22,7 cm. 

Karena memiliki ukurannya yang cukup besar, maka slot dari motherboard ini juga cukup banyak sehingga dapat meningkatkan kapasitas memori. 

Bagi kamu yang memang membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi untuk memainkan game, mengedit video atau melakukan tugas berat lainnya maka motherboard ini sangat tepat. 

Memang, karena motherboard ini memiliki slot yang lebih lengkap, harganya cukup mahal. Harga motherboard adalah tergantung slot yang tersedia beserta dengan kualitas dari motherboard tersebut. 

Motherboard adalah bagian penting untuk menjaga fungsi komputer sehingga kamu harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan komputer. Temukan motherboard yang tepat dan dapatkan kualitas komputer yang terbaik.

Tinggalkan komentar