11 Tingkatan Prosesor AMD dari Generasi ke Generasi

Berbicara mengenai komputer, pastinya tidak akan lepas dari yang namanya prosesor. Pasalnya, komponen ini memang merupakan bagian penting yang menentukan kinerja komputer tersebut. Salah satu pabrikan yang menawarkan jenis prosesor terbaik adalah AMD. Perusahaan yang sering dibanding-bandingkan dengan Intel ini memiliki beberapa tingkatan prosesor AMD hingga saat ini.

Tingkatan prosesor AMD dari rendah ke tinggi perlu kamu ketahui agar dapat memilih prosesor terbaik yang paling sesuai dengan komputer dan tujuan penggunaan perangkat. Ingin tahu lebih lanjut mengenai tingkatan tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Mengenal tingkatan prosesor AMD

Buat kamu yang penasaran dengan urutan tingkat prosesor keluaran perusahaan AMD, maka kamu wajib untuk membaca urutan prosesor AMD dari terendah sampai tertinggi berikut:

1. AMD K5

AMD K5

AMD memperkenalkan jenis prosesor pertamanya yang bertajuk AMD K5 pada tahun 1986. Generasi awal dari prosesor AMD ini merupakan desain yang ambisius. Pasalnya, pembuatan prosesor ini mendekati prosesor Intel Premium Pro, terutama dalam hal arsitektur internal dan solusi teknisnya. 

Namun, pada waktu itu tidak banyak motherboard yang mendukung penggunaan prosesor ini karena dominasi dari Intel.  Tetapi, belakangan setelah bagian BIOS mengalami pembaharuan, maka K5 dapat secara sempurna melakukan sinkronisasi dengan beragam motherboard.  

2. AMD K6

AMD K6

Generasi K6 melanjutkan generasi sebelumnya yaitu AMD K5 yang sudah diperbaharui sehingga memiliki performa yang lebih baik. AMD K6 mendukung semua jenis motherboard yang sebelumnya didominasi oleh Intel. 

Kelebihan dari prosesor yang rilis pada April 1997 ini adalah performa yang serupa dengan Intel Pentium II namun memiliki harga yang lebih murah. Kali ini AMD mulai menjadi pesaing Intel yang harus diwaspadai. 

Beberapa model prosesor K6 diantaranya adalah AMD K6, AMD K6-2 serta AMD K6-III. Pada dasarnya ketiganya memiliki karakteristik yang serupa, namun berbeda memiliki perbedaan utama pada kecepatan masing-masing prosesor dalam mengolah data.

3. AMD Duron

AMD Duron

Model yang rilis pertama kali pada tahun 2000 ini awalnya Bernama Spitfire Thunderbird karena memakai versi Thunderbird pada bagian inti atau core-nya yang performanya tinggi. Pada masanya prosesor ini merupakan salah satu prosesor favorit karena menawarkan performa tinggi dengan harga rendah. 

Sayangnya kini AMD sudah tidak memproduksi model ini karena teknologinya tidak lagi sesuai. Namun model ini pernah berjaya dan memberi kepuasan kepada para penggunanya di jamannya.

4. AMD Athlon

AMD Athlon

Setelah AMD Duron mendulang sukses, tingkatan prosesor AMD laptop versi terbaru kala itu adalah AMD Athlon. Prosesor ini sekaligus menjadi produk unggulan perusahaan tersebut. Athlon memiliki sistem yang mendukung pemakaian teknologi multi prosesor sehingga pada masa itu dapat mengungguli Intel Premium 3.  

Multiprosesor sendiri artinya sebuah komputer dapat menggunakan dua buah prosesor Athlon secara bersamaan. AMD Athlon rilis pertama kali pada Juni 1999. 

5. AMD Athlon 64 X2

AMD Athlon 64 X2

Setelah sukses dengan Model Athlon, AMD semakin mempertajam produknya dengan versi selanjutnya yaitu AMD Athlon 64 X2. Model yang rilis pada tahun 2005 ini merupakan prosesor dual core pertama yang didesain oleh AMD. Athlon 64 X2 memiliki beberapa kelebihan antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki pengatur memori yang mendukung teknologi multi-channel
  • Dapat bersinkronisasi dengan baik apalagi dengan komputer yang memiliki sistem operasi 64 bit

6. AMD Athlon 64 FX

AMD Athlon 64 FX

AMD terus berinovasi dengan merilis generasi selanjutnya yaitu AMD Athlon 64 FX pada tahun 2003. Produk ini memiliki antivirus yaitu Antivirus Enhanced Virus Protection sehingga sangat sesuai untuk PC dengan perangkat lunak grafis yang tinggi misalnya untuk bermain game.

7. AMD Sempron

AMD Sempron

Urutan prosesor laptop AMD selanjutnya adalah AMD Sempron yang merupakan pesaing utama prosesor milik Intel berlabel Intel Celeron. Sempron merupakan produk yang relatif fleksibel namun hanya dapat beroperasi pada komputer dengan sistem operasi 32 bit. 

Maksud AMD Sempron adalah agar sesuai untuk penggunaan praktis dan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari pengguna. Prosesor ini rilis pertama kali pada Juni 2004 sedangkan versi terbarunya rilis pada April 2014. Namun, setelah muncul AMD A-series, maka penggunaan produk ini tidak lagi dilanjutkan.

8. AMD 64 X2 Dual Core

AMD 64 X2 Dual Core

Produk yang rilis pada Maret 2006 ini adalah prosesor dual core yang dibuat untuk menyaingi produk Intel Core dan Intel Core 2. Kelebihan produk ini adalah memiliki fitur hemat tenaga dan teknologi virtualisasi milik AMD (AMD Virtualization Technology). 

Itulah sebabnya, prosesor ini sangat sesuai untuk kamu yang banyak menggunakan software multimedia.

9. AMD Opteron

AMD Optreon

AMD Opteron merupakan prosesor pertama yang mendukung arsitektur AMD64 atau x86-64. Rilis pertama kali pada April 2003 fokus dari prosesor ini adalah untuk pasar workstation dan komputer server. 

Saat ini pengguna tidak lagi dapat memanfaatkan prosesor ini karena pada awal 2017 lalu proses produksi prosesor ini sudah berhenti.

10. AMD Cadiz

Prosesor yang satu ini dirilis pada tahun 2008 dengan speks berikut:

  • 4-core
  • Mengusung shared L2 cache
  • DDR2/3 dan
  • HyperTransport3

11. AMD Ryzen Threadripper

AMD Ryzen Thredripper

Masuk dalam generasi terbaru, AMD Ryzen Threadripper merupakan prosesor untuk perangkat high-end dengan performa yang mumpuni, yaitu untuk bermain game dan multimedia. 

Mengapa harus memilih prosesor ini? Karena AMD Ryzen Threadripper menawarkan performa 90% melebihi prosesor pendahulunya. Luar biasa, bukan?

Buat kamu yang penasaran dengan prosesor ini, berikut Urutan generasi AMD Ryzen jenis Threadripper ini:

Generasi Pertama AMD Ryzen Threadripper

Model Pertama kali Rilis Core Thread
AMD Ryzen Threadripper 1900X 31 Agustus 2017 8 16
AMD Ryzen Threadripper 1920X 10 Agustus 2017 12 24
AMD Ryzen Threadripper 1950X 10 Agustus 2017 16 32

Generasi Kedua AMD Ryzen Threadripper

Tingkatan prosesor AMD Ryzen Threadripper generasi kedua ini memiliki jumlah core serta termal desain poin yang lebih tinggi. Untuk seri 2900 ini jumlah inti atau core digandakan menjadi 32. 

Selain itu seri ini juga mengenalkan fitur overclocking otomatis baru bertajuk Precision Boost Overdrive.

Model Pertama kali Rilis Core Thread
AMD Ryzen Threadripper 2920X 29 Oktober 2018 12 24
AMD Ryzen Threadripper 2950X 31 Agustus 2018 16 32
AMD Ryzen Threadripper 2970WX 29 Oktober 2018 24 48
AMD Ryzen Threadripper 2990WX 13 Agustus 2018 32 64

Generasi Ketiga AMD Ryzen Threadripper

Model Pertama kali Rilis Core Thread
AMD Ryzen Threadripper 3960X 25 November 2019 24 48
AMD Ryzen Threadripper 3970X 25 November 2019 32 64
AMD Ryzen Threadripper 3980X   48 96
AMD Ryzen Threadripper 3990X 7 Februari 2020 64 128

Untuk saat ini, AMD Ryzen Threadripper model 3960X dan 3970X adalah prosesor desktop yang paling kuat yang pernah dibuat oleh AMD. Pasalnya, hingga kini kedua jenis prosesor high-end tersebut belum ada yang menandingi dan merupakan prosesor terkuat yang pernah dibuat.

Tentu saja inovasi AMD tidak berhenti sampai disitu saja karena perusahaan ini masih terus mengembangkan teknologinya menjadi semakin baik. Jadi, nantikan saja di tahun-tahun mendatang prosesor keluaran AMD terbaru yang pastinya akan lebih powerful.

Dengan demikian daftar tingkatan prosesor AMD tidak hanya berhenti sampai di titik ini saja, melainkan akan terus bertambah. Penambahannya seiring dengan perkembangan dan inovasi-inovasi baru yang mereka lakukan. Jadi, terus ikuti perkembangan teknologi yang ada untuk mendapatkan update terbarunya.

Tinggalkan komentar