Pengertian Prosesor, Fungsi, dan Jenisnya

Bagi para pekerja kantoran yang sehari-harinya selalu berhubungan dengan komputer tentu tidak asing lagi dengan perangkat komputer yang bernama prosesor. Jika diibaratkan sebagai otak, prosesor adalah otak dari komputer.

Oleh karena itu, prosesor memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengendalikan kerja komputer. Perangkat komputer yang satu ini juga sangat mempengaruhi kinerja komputer kamu. 

Apa itu Prosesor?

Apa itu Prosesor

Jadi, apa definisi prosesor dalam perangkat komputer? Prosesor adalah otak dari komputer. Bersama dengan komponen komputer lainnya, prosesor bekerja mengendalikan seluruh perangkat komputer.

Kecepatan komputer kamu juga sangat dipengaruhi oleh kapasitas prosesor ini. Artinya, komputer dengan kapasitas prosesor besar otomatis memiliki kecepatan yang lebih besar pula.

Perangkat keras ini umumnya berada persis di tengah motherboard. Posisinya sengaja dibuat mudah terlihat agar bisa segera diperbaiki saat terjadi permasalahan (error).

Dari hardware ini, seluruh proses kerja komputer dimulai. Mengingat pentingnya komponen prosesor, kamu harus benar-benar memperhatikan alat ini. Pilihlah prosesor terbaik dengan spek yang sesuai dengan kemampuan komputer kamu.

Prosesor yang kompatibel dengan laptop kamu secara langsung akan meningkatkan kinerja komputer. Apapun yang kamu lakukan, mulai dari buka email hingga bermain game berat bisa running well.

Fungsi Prosesor

Fungsi Prosesor

Selain sebagai otak dari semua perangkat komputer, prosesor juga memiliki beberapa fungsi lain yang tidak kalah penting. Berikut beberapa fungsi prosesor yang perlu kamu tahu.

1. Perangkat untuk Memproses Informasi

Fungsi utama prosesor dalam komputer adalah melakukan processing informasi dalam komputer. Setiap unit komputer umumnya memiliki perangkat elektronik yang mampu memproses informasi dalam komputer.

Prosesor hadir sebagai bagian terpenting yang memproses semua bentuk informasi dalam komputer. Singkat kata, semua informasi yang masuk ke dalam komputer akan proses melalui prosesor.

2. Mengintegrasikan Seluruh Komponen Komputer

Dalam komputer terdapat banyak komponen internal yang saling bekerjasama antara komponen satu dengan lainnya. Agar komponen-komponen tersebut bisa saling bekerjasama, mereka harus terintegrasi.

Disinilah prosesor mengambil peran penting sebagai media untuk mengintegrasikan seluruh perangkat internal komputer. Beberapa komponen yang harus terintegrasi dengan prosesor, seperti hard drive, VGA, RAM, dll.

Mereka bekerjasama dan saling mendukung antara satu dengan lainnya untuk menghasilkan kinerja komputer yang tinggi. Jadi, dapat dikatakan, peran penting prosesor adalah sebagai pusat dari segala kegiatan dalam komputer.

3. Mencegah Overlapping Tugas

Apakah pada setiap perangkat komputer bisa terjadi overlapping tugas? Jawabannya pasti bisa. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya overlapping tugas, dalam komputer terdapat prosesor.

Fungsi prosesor dalam komputer adalah untuk memastikan tidak adanya overlapping tugas. Ketika komponen komputer mengalami overlapping maka yang terjadi adalah kekacauan akses data.

Akses data dan informasi dalam komputer menjadi kacau karena antara komponen satu dengan komponen lainnya saling berebut dalam mengambil data. Misalnya, data yang seharusnya diambil komponen VGA justru diambil hard drive, dll.

Tapi, dengan adanya prosesor, kasus overlapping sangat jarang terjadi. Setiap komponen komputer dapat bekerja sesuai ‘job description’ masing-masing, tanpa saling berebutan.  

4. Menjaga Performa Komputer

Keberadaan prosesor sangat menentukan kinerja sebuah perangkat komputer. Artinya, kualitas dan spesifikasi dari prosesor yang tinggi akan menghasilkan kerja komputer yang tinggi pula.

Untuk menguji kecepatan komputer juga bisa kamu lihat dari bagaimana prosesor bekerja. Tentu prosesor yang memiliki kecepatan super tinggi akan mendorong komponen lainnya untuk bekerja lebih cepat pula.

Tak heran jika banyak orang bilang menganggap prosesor sebagai otak yang menggerakkan seluruh komponen komputer. Tidak hanya itu, banyak orang melihat bagaimana komputer bekerja juga dari keberadaan prosesor.

Namun, seberapa pun pentingnya peran prosesor pada komputer, alat kecil ini tidak bisa bekerja sendirian. Untuk menjalankan tugasnya, prosesor membutuhkan komponen lainnya, seperti RAM, VGA, hardisk, dll.

Mereka terintegrasi dan merupakan satu kesatuan yang saling mendukung untuk menciptakan performa komputer yang tinggi. Jadi, kamu jangan hanya fokus pada prosesor saja namun juga perhatikan komponen lainnya.

5. Mengolah Perhitungan Algoritma

Satu lagi fungsi teknis prosesor adalah memproses kalkulasi algoritma. Dengan adanya proses perhitungan algoritma ini, komponen komputer dapat melaksanakan perintah sesuai yang kamu inginkan.

Tugas prosesor adalah memastikan perhitungan algoritma mampu dijalankan dengan baik. Kamu bisa menjalankan perintah komputer berkat perhitungan algoritma yang berasal dari peran penting prosesor.

6. Memastikan Komputer Bekerja Dengan Baik

Fungsi lain dari prosesor yang tidak kalah penting adalah untuk memastikan bahwa semua komponen komputer dalam menjalankan tugasnya dengan baik.

Peran integrasi prosesor sangat dibutuhkan agar seluruh proses informasi, termasuk di dalamnya komponen input dan output bisa bersinergi dengan baik dan menghasilkan sistem kerja komputer yang baik.

Keberadaan prosesor juga sangat penting untuk menghindari berbagai error yang sering terjadi selama komputer bekerja.

Saat menjalankan komputer, kamu tentu pernah mengalami corrupt, error, dll. Hal itu terjadi karena prosesor sedang mengalami masalah.

7. Menjaga Stabilitas Komputer

Peran lain dari prosesor adalah sebagai stabilisator komputer. Dengan adanya komponen prosesor, stabilitas komputer mampu terjaga dengan baik.

Selain menjaga stabilitas, peran penting prosesor PC adalah menjaga kualitas seluruh perangkat komputer yang sedang beroperasi.

Apalagi, jika kamu berada di daerah yang memiliki tegangan listrik kurang stabil. Maka perangkat prosesor sangat dibutuhkan untuk menjaga arus listrik yang tidak stabil.

Peran lain sebagai stabilisator adalah mencegah kerusakan setiap komponen komputer akibat adanya kelebihan voltase. Overvoltage tidak hanya merusak komponen namun juga mengacaukan sistem komputer.

Jenis-Jenis Prosesor

Merk Prosesor

Untuk kamu yang membutuhkan prosesor komputer, terdapat beberapa jenis yang bisa kamu pilih. Berikut jenis-jenis prosesor yang ada di pasaran saat ini.

1. Intel Processor

Diantara banyak pilihan jenis prosesor, Intel merupakan produk prosesor paling terkenal dan paling banyak diminati di pasaran.

Merek prosesor komputer asal Amerika Serikat itu saat ini menguasai pasar prosesor di dunia. Bahkan, perusahaan Intel Corp ini menjadi salah satu perintis produk mikroprosesor.

2. Advanced Microprocessor (AMD)

Orang lebih mengenal sebagai prosesor AMD. Dari penguasaan pasar, prosesor AMD memiliki market share yang berada dibawah Intel.

Namun, dalam perkembangannya, produsen komputer yang berpusat di Amerika Serikat ini lebih fokus pada pengembangan prosesor komputer. Sama seperti Intel, AMD juga saat ini sudah mengembangkan mikroprosesor.

3. ARM Processor

Satu lagi teknologi prosesor yang muncul untuk memenuhi permintaan pengguna adalah ARM Processor. Oleh produsen yang berpusat di Inggris ini, ARM lebih fokus pada pasar prosesor handphone.

Sejak berdiri pada 1990, prosesor ini selalu menyasar pasar ponsel di seluruh dunia. Saat ini penggunaan prosesor yang memiliki kapasitas 32 bit ini sudah merambah ke berbagai tipe ponsel.

4. Cyrix Processor

Di pasar komputer, Cyrix processor dikenal memiliki kinerja tinggi. Tak heran jika prosesor asal Amerika Serikat ini sering menjadi andalan para teknisi komputer.

Cyrix juga menjadi salah satu supplier processor terbesar di dunia, termasuk produk mikroprosesor komputer yang kini terus dikembangkan.

5. Transmeta Processor

Satu lagi jenis prosesor komputer yang beredar di pasaran adalah merek Transmeta. Di pasar komputer, jenis prosesor ini lebih dikenal sebagai semikonduktor mikroprosesor.

6. Via Processor

Via processor adalah satu-satunya merek prosesor komputer yang diproduksi di Asia, tepatnya di Taiwan. Untuk menyiasati persaingan pasar prosesor yang sangat ketat, produsen kemudian melakukan research and development terhadap chipset.

7. Apple Processor

Selain dikenal sebagai salah satu produsen komputer dan produk gadget lainnya, Apple Inc. juga memproduksi berbagai jenis prosesor yang bisa kamu dapatkan di pasaran.

8. IBM Processor

Dibanding produsen komputer yang lain, IBM termasuk salah satu produsen hardware dan software komputer yang sudah cukup lama malang melintang di pasar komputer.

Kamu tidak akan kesulitan menemukan produk IBM, termasuk prosesor IMB, karena sudah cukup populer di pasar komputer dunia.

9. IDT Processor

Jenis prosesor terakhir yang bisa kamu pilih adalah prosesor IDT. Di pasar komputer, prosesor ini dijual dengan harga miring atau lebih murah dibanding dengan merek prosesor lainnya.

Namun, jangan khawatir soal kualitas. Walaupun dijual dengan harga miring namun pihak produsen tetap memprioritaskan kualitas produk.

Setelah membaca artikel tentang arti prosesor, fungsi, dan jenisnya, tentu kamu akan lebih paham bahwa prosesor adalah otak komputer yang harus diperhatikan keberadaannya di dalam satu perangkat PC.

Tinggalkan komentar