Cara Ganti Password Gmail

Cara Ganti Password Gmail

Di halaman ini anda akan mempelajari cara ganti password gmail dengan 4 langkah mudah. Mengubah kata sandi akun google secara berkala agar lebih kuat dan aman.

Jika dulunya surat banyak dikirim melalui pos atau diantarkan langsung pada yang bersangkutan, di era digital seperti sekarang semua dijadikan lebih mudah.

Dengan adanya surat elektronik atau email, pengiriman surat bisa menjadi lebih mudah, dan menariknya hampir semua orang pasti memiliki email pribadi.

Nah salah satu layanan penyedia email yang paling banyak digunakan ialah Gmail. Dengan beragam kelebihan yang ditawarkan, khususnya pada sektor keamanan akun, Gmail dapat memberikan kepuasan tersendiri pada penggunanya.

Meski demikian, namun para  pakar keamanan internet tetap menyarankan para user untuk mengganti password atau kata sandi akun Gmail secara regular.

Hal ini bertujuan untuk menghindari pelacakan atau kemungkinan buruk yang disebabkan oleh hacking. Kebocoran informasi juga sering menjadi kendala yang menjadikan Anda wajib mengganti password secara reguler atau berkala.

Lalu bagaimana cara ganti password Gmail? Sama mudahnya dengan cara membuat email di Gmail, untuk mengganti passwordnya pun Anda hanya membutuhkan beberapa langkah saja.

Cara Ganti Password Gmail dengan 4 Langkah

Untuk mengganti password Gmail Anda bisa menggunakan perangkat PC atau HP. Langkah-langkahnya pun sangat mudah dan jelas. Cukup ikuti instruksi dari BlogPress.ID di bawah ini dan password email Anda pun sudah bisa tergantikan.

1. Buka Setting Gmail

Pertama buka Gmail Anda kemudian pilih menu setting yang berada pada pojok kanan atas Gmail.

Setelan Gmail

Sedangkan untuk versi ponselnya Anda bisa klik garis tiga yang berada di sisi kiri Gmail, kemudian scroll ke bawah dan klik setting yang posisinya berada di bawah kiri halaman.

Setelan Gmail di HP

2. Akun dan Impor

Setelah masuk pada halaman setting, selanjutnya pilih pada bagian Account and Import. Bagian ini berada di tab yang ada pada menu bagian atas Gmail. Kemudian akan muncul sebuah kotak yang berisikan beberapa kolom. Anda cukup pilih “change account setting/ubah kata sandi” lalu klik “Change password”.

Akun dan Impor

Jika anda menggunakan HP dalam mengubah kata sandi gmail ini. Maka pilih “kelola akun google anda”.

Akun dan Impor

3. Masukkan Password

Jika sudah klik change password, Anda akan menemui form untuk mengisikan password Anda saat ini. Pastikan Anda mengingat password yang Anda gunakan sekarang.

Password Gmail Lama

Hal ini dilakukan untuk tujuan verifikasi bahwa Anda mengetahui kata sandi atau password sekarang (orang yang mengganti adalah pemilik akun). Setelah itu langsung klik Next untuk masuk pada langkah berikutnya.

Untuk cara menggunakan HP, klik => Sandi => Masukkan Password Email Lama. Lihat gambar di bawah:

4. Masukkan Password Baru

Sekarang Anda bisa mengisikan password baru pada kolom yang tersedia. Di bagian ini Anda juga akan diminta untuk mengkonfirmasi password baru dengan susunan yang benar.

Agar lebih mudah dan menghindari kesalahan Anda bisa mengaktifkan ikon mata untuk melihat password lebih jelas. Jika sudah fix selanjutnya klik “Change Password/Masukkan Password Baru”.

Masukkan Password Baru

Tampilan di HP juga sama seperti di atas. Dan proses selesai.

Selesai memperbaharui password Gmail, Anda sudah bisa melog out email dari perangkat lain dan mencoba masuk dengan password baru tersebut.

Selain 4 langkah di atas, Anda juga bisa melakukan langkah tambahan berikut untuk memastikan keamanan akun Gmail Anda.

  • Coba sign out akun Anda dari semua session Gmail Anda
  • Selanjutnya verifikasi jika Anda mengenali semua layanan dan orang yang mengakses akun Gmail tersebut
  • Berikutnya aktifkan 2-step authentication Gmail untuk memberikan perlindungan ekstra pada akun.

Bagaimana, sangat mudah bukan mengganti password Gmail? Cukup dengan 4 langkah akun Gmail Anda sudah bisa lebih aman. Anda bisa mengganti password Gmail ini setiap 6 bulan sekali atau sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Cara Ganti Password Wifi IndiHome

Membuat Password Gmail yang Kuat

Membuat password gmail yang kuat

Ketika membuat password sebuah akun, Anda pasti disarankan untuk membuat password yang kuat. Termasuk ketika mengganti password lama dengan password baru, perintah untuk membuat susunan password yang kuat pun akan muncul kembali.

Tujuannya tentu tak lain dan tak bukan adalah untuk menjaga keamanan akun. Lalu bagaimana cara membuat password Gmail yang kuat? Berikut ini beberapa tipsnya.

  • Anda bisa menggunakan kombinasi angka dan nomor. Untuk komposisinya sendiri bisa disesuaikan karena tidak ada ketentuan khusus. Posisinya pun akan lebih baik jika diacak, semisal menggunakan angka di tengah-tengah huruf atau sebaliknya.
  • Gunakan capital pada beberapa huruf, baik di bagian depan, tengah ataupun belakang.
  • Hindari menggunakan angka dan huruf yang berurutan, semisal abcdefg atau 1234567.

Setelah Anda mencoba tips di atas biasanya pemberitahuan pada grade keamanan password akan menunjukkan warna hijau yang berartikan jika password Anda sangat aman.

Tanda ini akan muncul pada langkah cara mengganti password Gmail keempat yaitu ketika Anda memasukkan password baru.

Penting diingat jika indikasi keamanan masih menunjukkan warna merah, sebaiknya ganti password baru Anda karena ini masih sangat rawan dengan hacking atau tingkat keamanan masih lemah.

Sedangkan jika grade sudah berwarna orange, Anda bisa meningkatkan dengan kombinasi yang lebih kompleks. Namun jika Anda tak ingin menggantinya, grade orange pun sudah cukup aman.

Baca Juga: Cara Ganti Password Wifi First Media

Mengubah Kata Sandi Akun Google Secara Berkala

Ganti password gmail secara berkala

Seperti yang sudah disebutkan berulang kali di atas jika Gmail merupakan salah satu layanan email yang menawarkan banyak kelebihan dibanding dengan penyedia layanan lain.

Hal ini juga ditunjukkan dengan banyaknya pengguna Gmail. Namun apa saja sih keuntungan menggunakan dan mengganti password Gmail secara berkala?

1. Satu Login untuk Semua

Ketika Anda sudah memiliki akun Gmail dan login pada satu perangkat, maka otomatis Anda bisa langsung login ke blogger, YouTube, Google Play dan sebagainya tanpa harus login lagi.

2. Keamanan Oke

Ya walau harus secara berkala mengubah kata sandi akun google, namun bukan berarti keamanan Gmail bisa diragukan. Bahkan Anda akan mendapat perlindungan data yang begitu bagus dengan pastinya perlindungan dari aksi spaming. Kelebihan inilah yang cukup sulit Anda dapatkan dari penyedia layanan lain.

3. Penyimpanan Besar

Untuk satu akun saja, Gmail menawarkan kuota yang sangat besar yaitu 2828 MB, jadi Anda tidak perlu repot-repot sering menghapus email yang masuk. Yang terpenting kuota ini bisa Anda gunakan secara gratis!

4. Fitur Lengkap

Selain menawarkan software pada pihak ketiga, Gmail juga menawarkan fitur yang lengkap sehingga akan memudahkan Anda mengajak atau membagikan email pada pihak lain.

Tak hanya itu, Gmail juga memiliki beragam fitur lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, seperti pesan berbintang, layanan Hangout dan banyak lainnya.

5. Antivirus

Pengamanan Gmail juga ditunjukkan dengan adanya scan virus melalui antivirus avg. Dengan begitu ketika email masuk pada akun Anda tidak akan ada ancaman virus lagi. Layanan ini bahkan bisa Anda nikmati secara otomatis, jadi tak perlu repot scan secara manual.

6. Tanpa Iklan

Salah satu kelemahan akun pengiriman surat elektronik lain ialah banyaknya iklan yang justru mengganggu. Namun di Gmail Anda tak akan menjumpai iklan. Dengan begitu kenyamanan dan keamanan akun pun akan lebih terjamin.

Yups itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengubah kata sandi akun google secara berkala. Semoga informasi di atas membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Ukuran foto feed Instagram

Ukuran Feed Instagram

Deskripsi: Ukuran feed instagram baik foto maupun video memiliki standar ideal dari segi bentuk dan resolusi. Berapa ukuran foto dan video feed untuk instagram tersebut? Buat kamu yang aktif di…
Selengkapnya
Cara Registrasi Kartu XL

Cara Registrasi Kartu XL

Cara registrasi kartu XL dapat dilakukan dengan beberapa metode. Baik melalui SMS dan secara online pada situs resmi situs operator telekomunikasi XL, dan sebagainya. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sejak…
Selengkapnya