10 Rekomendasi Game Edukasi Anak Terbaik

Seiring perkembangan teknologi, banyak anak mulai mengenal dan bermain gawai. Sebagai orang tua, sebaiknya mengenalkan game edukasi anak yang tidak hanya menghibur tetapi juga bermanfaat untuk perkembangan fitrah anak. 

Perlu Kamu ketahui, setiap anak yang terlahir ke dunia ini membawa fitrah masing-masing.  Salah satu fitrah anak adalah bermain. Dengan bermain, perkembangan otak dan kreativitas anak akan terstimulasi. 

Manfaat Game Edukasi Untuk Perkembangan Anak

Manfaat Game Edukasi Anak

Anak kecil bermain gawai sudah menjadi pemandangan yang umum belakangan ini.  Terlebih ketika pandemi dan aktivitas anak-anak sekolah harus melalui daring, menjadikan anak terpaksa mengenal gawai. 

Beberapa pakar psikologi mengatakan bahwa gawai dapat memberikan dampak buruk pada perkembangan anak. Namun, ketika orang tua berperan aktif dalam pengawasan, mengenalkan game-game edukasi kepada anak maka gawai pun dapat memberi manfaat baik. 

Berikut manfaat game edukasi anak yang positif, yaitu:

  • Dapat mempertajam penglihatan anak
  • Mengenalkan bahasa inggris kepada anak
  • Meningkatkan ingatan
  • Meningkatkan koordinasi yang menstimulasi mental anak

Rekomendasi Game Edukasi Anak Usia 3-5 Tahun

Rekomendasi Game Edukasi Anak Dibawah 5 Tahun

Game edukasi, baik game online maupun game offline memang bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Permainan pun dibuat sesuai dengan usia anak. Berikut beberapa rekomendasi game edukasi anak terbaik yang cocok untuk si kecil usia prasekolah, antara lain:

Ballon Pops Kids

Permainan ini adalah salah satu game edukasi yang mengenalkan warna, angka atau huruf kepada si kecil. Tugas anak adalah memecahkan balon sesuai dengan instruksi. 

Warna-warna balon akan mencuri perhatian dan meningkatkan konsentrasi anak.

Animal shapes and Jigsaw Puzzle

Permainan ini cocok untuk mengasah otak anak. Anak akan bermain mencocokan bentuk, menebak gambar, menyusun objek dan menyelesaikan teka-teki jigsaw. 

Permainan ini cocok untuk anak mulai usia 4 tahun ke atas. Akan lebih seru jika orang tua ikut bermain menyelesaikan permainan.

Cooking Mama : Let’s Cook!

Permainan ini merupakan game offline bertema masak-memasak. Dalam permainan ini, anak harus mengikuti instruksi dan tahapan memasak yang benar.

Anak juga akan mengenal konsep waktu. Permainan menjadi seru karena ketika anak tidak fokus, hasil masakan pun akan gagal.

Cooking Mama: Let's cook!
Cooking Mama: Let's cook!

Sesame Street – Alphabet Kitchen

Tokoh utama dalam permainan ini adalah Elmo dan Cookie Monster. Anak akan bergabung dengan tokoh utama untuk membantu memasak huruf-huruf dan kata. 

Sembari memasak, Elmo dan Cookie Monster akan mengajarkan anak melafalkan kata yang mereka masak dengan tepat. Game offline ini akan mengajarkan literasi kepada anak.

Sesame Street Alphabet Kitchen
Sesame Street Alphabet Kitchen

Cut the Rope

Game offline sederhana yang mengajarkan strategi kepada anak. Tugas anak-anak dalam game “Cut the Rope”  adalah memotong tali sesuai instruksi. 

Menariknya, pilihan gambar dan bentuk yang terdapat di permainan ini dapat menambah keseruan.

Cut the Rope Classic
Cut the Rope Classic
Developer: ZeptoLab
Price: Free+

Rekomendasi  Game Edukasi Untuk Usia 6-10 Tahun

Game Edukasi Anak 10 Tahun

Educational Game For Kids-Math

Game edukasi ini cocok untuk anak usia SD. Sesuai dengan namanya, anak akan belajar matematika dengan berbagai soal yang berbeda menggunakan bahasa inggris. 

Jadi, game ini tidak hanya mengasah kemampuan berhitung anak, namun juga bahasa inggris mereka. Semakin tinggi level yang anak mainkan, maka soal pun semakin sulit.

Educational Game- Memory

Permainan ini tidak jauh berbeda dari sebelumnya, namun anak akan berlatih mengasah ingatan. Anak harus mengingat barang, mencari perbedaan gambar dan masih banyak lainnya. 

Terdapat tiga level yang berbeda dalam permainan ini, easy, medium dan hard.

Kinderlernspiele - Memory
Kinderlernspiele - Memory
Developer: AppQuiz
Price: To be announced

Block! Hexa Puzzle

Rekomendasi game offline selanjutnya adalah Block!Hexa Puzzle. Permainan ini membutuhkan strategi bermain anak. Anak harus menempatkan blok-blok sesuai dengan bentuk. 

Tantangan permainan ini adalah anak tidak dapat memutar blok sehingga membutuhkan ketepatan berpikir untuk memenangkannya.

Block! Hexa Puzzle
Block! Hexa Puzzle
Developer: BitMango
Price: Free+

Snoopy Spot the Difference

Permainan Snoopy Spot the Difference merupakan game online yang mengajarkan ketelitian pada anak. 

Anak mencari perbedaan dua gambar dan juga mengenal konsep waktu. Anak harus bermain dalam waktu 30 detik. Jika lewat dari 30 detik maka permainan harus mengulang dari awal.

Snoopy Spot the Difference
Snoopy Spot the Difference
Developer: SUNDAYTOZ Corp.
Price: To be announced

Village and Farm

Anak akan menjelajahi pertanian dan peternakan. Dalam permainan ini, kreatifitas anak akan teruji. Selain itu, anak harus mengatur keuangan, lahan dan masa panen, seru bukan?

Village and Farm
Village and Farm
Developer: Playday Games
Price: Free+

Akhir Kata

Itulah rekomendasi game edukasi anak yang sesuai dengan usia perkembangan si kecil.  Bijaksana mengenalkan gawai dengan selalu berkomitmen untuk terlibat dalam permainan si kecil sudah menjadi tugas orang tua. Sebab, anak dan bermain merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan.

Tinggalkan komentar