Cara Menggunakan Dubsmash Untuk Membuat Lipsync

Cara Menggunakan Dubsmash Untuk Membuat Lipsync – Dubsmash merupakan salah satu aplikasi yang populer, dan sempat viral beberapa waktu lalu.

Yang mana, aplikasi ini adalah aplikasi yang recomended banget digunakan oleh anda yang pengen buat video lipsync, baik itu dengan lagu atau suara suara lucu yang menggemaskan. Selain bisa dijadikan sebagai bahan hiburan, aplikasi ini juga memungkinkan anda buat menjadi seorang content creator.

Yang mana, hasil lipsync nya nanti, bisa anda bagikan ke media sosial yang anda inginkan. Tiktok misalnya. Nah, aplikasi dubsmash sendiri, merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Mobile Motion GmbH.

Selain bisa digunakan lewat perangkat yang menggunakan sistem operasi android, ia juga bisa digunakan lewat ponsel bersistem operasi iOS.

So, kalau anda menggunakan kedua sistem operasi tersebut, bisa langsung mendownloadnya. Kalau sudah selesai mendownloadnya, bisa mempelajari dan mempraktekkan cara menggunakan dubsmash untuk membuat lipsync nya ya. Berikut adalah tutorial lengkapnya. 

Cara Menggunakan Dubsmash untuk Membuat Lipsync

Sebelum membahas cara menggunakannya, pastikan anda mendownload aplikasinya dahulu. Untuk mendownload aplikasinya, tinggal buka saja aplikasi google play store ataupun app store yang sudah terpasang pada ponsel.

Kemudian cari menu pencarian di bagian beranda, ketikkan tulisan dubsmash di menu pencarian tersebut, lalu download aplikasinya, seperti anda bisa mendownload aplikasi. Kalau sudah, baru deh tinggal ikuti tutorialnya. Oh ya, aplikasi adalah aplikasi yang sangat sederhana.

Karena proses penggunaannya yang sangat mudah. Anda cuma diminta buat memilih ataupun mengupload suara saja, kemudian merekam videonya. Gampang kan? Untuk yang butuh tutorial lengkapnya, simak penjelasan singkat berikut. 

Membuat Akun Dubsmash

Setelah selesai mendownload aplikasi, berikutnya anda perlu membuat akun dubsmash dahulu. Sebagaimana halnya aplikasi aplikasi lain, yang mengharuskan para penggunanya untuk membuat akun terlebih dahulu, agar bisa mengakses semua menu yang ada di dalam aplikasi.

Untuk proses pendaftarannya gampang. Silahkan buka aplikasi dubsmash yang sudah anda download tadi, kemudian pergi ke bagian pengaturan atau menu settings, pilih yang bagian login atau sign up. Masukkan data data yang diminta oleh aplikasi, isi di kolom yang sudah tersedia ya.

Mulai dari username yang mau digunakan, email yang aktif, password, sampai dengan usia. Kalau sudah selesai mengisi semua data, anda tinggal klik di menu register. Agar proses pendaftarannya bisa diakhiri, dan anda berhasil membuat akun.

Membuat Video

Nah ketika sudah selesai membuat akun, sekarang kita akan bahas cara menggunakan dubsmash untuk membuat lipsync. Cara yang akan kita bahas ini merupakan cara yang tergolong sangat mudah dan cepat. Karena lagu lagu yang digunakan merupakan lagu ataupun suara yang sudah tersedia di dalam aplikasi.

Menariknya, semua lagu atau suara yang ada di aplikasi bisa digunakan oleh semua pengguna aplikasi, dimanapun ia berada. Baik itu di Indonesia, atau di negara negara yang lain. Karena memang, pihak developer menyediakan koleksi koleksi tersebut untuk diakses oleh semua orang.

Adapun cara yang bisa anda lakukan, adalah dengan membuka aplikasinya. Jika sudah, anda bakalan ada di halaman utama aplikasi. Dan di sana, ada banyak sekali koleksi suara suara yang lagi populer di para pengguna aplikasi. Kalau anda mau menggunakan koleksi suara yang populer, maka tinggal gunakan yang ada di daftar.

Tapi kalau mau mencari yang baru atau suara lain, maka anda dapat mengklik di bagian tab latest. Lalu, klik di bagian tombol play yang letaknya ada di sebelah kiri.

Ini fungsinya buat mendengarkan suaranya dulu ya. Untuk menentukan, apakah anda merasa cocok dengan suara tersebut, dan akan menggunakannya, atau justru kurang cocok.

Kalau misalnya sudah ada yang kiranya cocok dan mau anda lipsync, tinggal klik saja di bagian judul lagunya, dan anda bisa memulai proses pembuatan video.

Merekam Video

Ketika akan mulai merekam, maka anda hanya perlu mengklik saja di bagian tombol start, yang diletakkan oleh developer di bagian bawah layar ponsel anda ya. Dalam hal ini, anda bisa dengan mudahnya mengganti kamera yang mau digunakan. Yakni dengan cara klik saja ikon kamera yang letaknya di bagian atas sebelah kanan.

Lalu mulailah merekam. Dan setelah proses perekaman, maka anda bisa dengan bebas menambahkan beberapa elemen yang mungkin dibutuhkan.

Kayak teks, kemudian emot, dan yang lainnya. Hal ini agar lebih maksimal, dan lebih menarik ya videonya. Namun, kalau ternyata hasil rekamannya tidak sesuai dengan anda inginkan, anda bisa kok mengulangi proses rekamannya. Yaitu dengan cara mengklik tombol back.

Proses Editing

Yang namanya konten dalam bentuk video, pasti butuh sentuhan editing, meski nggak banyak kan? Dan hal ini sama seperti video lipsync. Akan jauh lebih baik jika anda mengeditnya dahulu sebelum akhirnya dipublish ke berbagai media sosial.

Kalau proses editingnya sudah selesai, hasilnya sudah sesuai keinginan anda, maka anda bisa langsung share aja videonya ke beberapa media sosial. Sayangnya, untuk fitur share nya hanya menyediakan dua aplikasi. Adapun aplikasinya adalah wa dan juga Facebook messenger.

Lantas, jika ingin membagikannya ke media sosial yang lainnya? Tenang, karena tetap bisa kok. Yakni dengan cara menyimpan videonya ke perangkat anda terlebih dahulu. Barulah kemudian anda bagikan ke media sosial yang sesuai keinginan. Entah itu instagram, twitter, ataupun yang lainnya. 

Menariknya, selain bisa membuat video lipsync dengan menggunakan suara orang lain, anda juga bisa banget loh membuatnya dengan suara sendiri. Karena sudah ada fitur yang bisa digunakan. So, tinggal pilih saja yang sesuai dengan keinginan anda. 

Tips Memilih Suara

Sebagai penutup, kami sarankan anda untuk menggunakan suara yang lagi viral ya. Karena dengan menggunakan suara suara yang viral akan membuat video anda lebih mudah ditemukan orang lain, dan bakalan lebih mudah trending juga.

Lagipula, suara yang trending biasanya bukan hanya satu atau dua saja, tapi ada beberapa. Sehingga nggak bakalan membosankan. Tinggal cari saja mana yang paling sesuai dengan keinginan. 

Oke, demikian tutorial cara menggunakan dubsmash untuk membuat lipsync yang bisa anda coba sekarang juga. Semoga bermanfaat, dan semoga membantu ya. Jangan lupa untuk share informasi ini ke orang orang di sekitar anda ya, agar semakin banyak yang bisa berekspresi dengan model lipsync.