BlogPress Strategi Blogging & Marketing. Tips Seputar Bisnis Online, Internet Marketing, Desain dan Teknologi.

2 Cara Mengatasi Laptop Hang

1 min read

Belajar Cara Mengatasi Laptop Hang dan Lemot. Mengatasi Laptop yang Hang saat Proses Booting. Mengatasi Laptop yang Hang dengan Task Manager.

Jika laptop sudah terlalu lama dan mengalami keadaan hang, maka anda perlu meneliti lebih lanjut penyebabnya. Hang adalah keadaan dimana laptop berhenti memproses perintah, atau not responding, kadang dengan layar hitam tidak bergerak.

Berikut cara-cara yang bisa dilakukan jika mengalami masalah laptop hang dari BlogPress.ID :

Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mode BIOS

Masuk ke Mode BIOS jika laptop mengalami hang saat proses booting. Langkah pertama yakni restart laptop anda, tekan terus tombol F2 hingga tampil jendela masuk BIOS.

Tiap merk laptop berbeda-beda untuk masuk ke menu BIOS, ada pula selain F2 tombol yang ditekan. Setelah masuk ke BIOS, pilih Advanced BIOS Features, cari Bios Cache, kemudian pilih disable. Simpan dengan menekan F10, lalu enter.

mengatasi laptop hang dengan setting mode bios

Jika laptop mengalami hang saat baru dinayalakan maka kemungkinan penyebab masalahnya adalah program windows yang bermasalah. Program windows bisa jadi karena missing file system, corrupt atau terkena virus. Langkah yang dilakukan adalah scan registry dengan CCleaner dan scan virus dengan Antivirus.

Jika laptop mengalami Not Responding saat menjalankan suatu program, maka cara yang dilakukan adalah membuka task manager. Penjelasan soal task manager akan dijelaskan di pembahasan selanjutnya.

Baca Juga: Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Task Manager

Cara terakhir yang efektif untuk mengatasi laptop lemot adalah melalui task manager. Task Manager biasanya dibuka untuk mematikan program atau aplikasi yang berjalan di background.

Anda bisa membuka Task Manager dnegan shortcut  tombol Crtl+Shift+Esc. Klik More Details untuk melihat lebih lengkap Task Manager. Sementara untuk mematikan program atau aplikasi yang sedang berjalan di background, plih Startup.

mengatasi laptop hang dengan task manager

Anda akan melihat berbagai program atau aplikasi yang berjalan di background. Pilih aplikasi atau program yang menurut anda ‘menganggu’ kinerja laptop, klik kanan dan pilih “disable”.

Tidak perlu khawatir karena tidak mematikan aplikasi lalu tidak bisa digunakan lagi, melainkan program ini hanya berhenti tiap kali anda menyalakan laptop kembali.

Itulah 2 cara mengatasi laptop hang dengan menggunakan mode BIOS dan juga Task Manager. Silahkan kirim komentar anda jika ada kendala.

BlogPress Strategi Blogging & Marketing. Tips Seputar Bisnis Online, Internet Marketing, Desain dan Teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *