Penyebab Blue Screen Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Penyebab Bluescreen dan Cara Mengatasi Bluescreen  – Pernah mengalami blue screen ketika sedang asyik asyiknya menggunakan laptop? Mungkin, ada beberapa di antara anda yang pernah mengalaminya.

Dan sialnya, kondisi ini merupakan sebuah kondisi yang sangat tidak mengenakkan, dan sangat ditakuti oleh sebagian besar, atau bahkan nyaris semua pengguna windows.

Hal ini mungkin karena panik, dan tidak mengetahui kenapa sih bisa bluescreen, dan gimana cara mengatasinya. Untuk itu, kali ini kami akan membahas seputar penyebab bluescreen dan cara mengatasi bluescreen yang mungkin akan berguna buat anda nantinya.

Pengertian 

Mungkin masih ada yang belum tahu, apa sih yang dimaksud dengan blue screen itu? Jadi, yang dimaksud dengan blue screen adalah layar berwarna biru. Dan biasanya ia disebut dengan blue screen of the dead.

Yang mana, kondisi ini merupakan sebuah pemberitahuan atau notifikasi dari sistem operasi yang digunakan, terutama yang windows ya, ketika ada error di bagian sistem, dan tidak dapat memperbaikinya. Sayangnya kondisi ini biasanya terjadi secara tiba tiba.

Kita tidak pernah tahu kapan kondisi ini akan terjadi. Sehingga ketika sedang mengerjakan sesuatu, bisa saja tidak tersimpan. Kecuali ketika anda mengerjakannya di google doc ya. 

Penyebab Blue screen  

Nah sebenarnya, apakah yang menyebabkan laptop bisa mengalami blue screen? Beberapa di antara anda pasti penasaran kan? Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang bisa anda perhatikan, lengkap dengan cara mengatasinya. Ini penting diperhatikan, agar ketika mengalami kondisi ini anda tidak sampai panik berlebihan. 

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Apabila bluescreennya menunjukkan keterangan tersebut, maka kondisi ini disebabkan oleh adanya ketidakcocokan antara driver hardware yang anda install ke laptop.

Kemudian, bisa juga disebabkan oleh VGA Cardnya bermasalah, hingga driver audio cardnya yang belum terpasang dengan benar ataupun tidak cocok dengan laptop yang digunakan. Untuk mengatasinya, maka anda meski memastikan bahwasanya anda menginstall driver hardware yang memang sesuai.

Cobalah untuk mencopot pemasangannya, kemudian memasang ulang VGA card dengan audio cardnya. Pasang dengan baik dan benar ya. 

DATA_BUS_ERROR

Penyebab bluescreen dan cara mengatasi blue screen yang kedua adalah data_bus_error. Yang ini, kondisi ini dikarenakan memory atau ram penyimpanan anda rusak. Dan untuk mengatasinya, hanya perlu mencoba memeriksanya. Jika memang beneran rusak, anda perlu mengganti ram tersebut dengan ram yang baru.

NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Jika keterangannya seperti poin ketiga ini, maka penyebabnya ada pada bagian file system ataupun partisi. Tapi bukan ada di bagian hardisk ya. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa memeriksa kabel SATA/IDE hardisknya yang sudah terpasang dengan baik dan benar, kemudian cek juga partisi.

BAD_POOL_CALLER

BAD_POOL_CALLER adalah penyebab blue screen, dikarenakan adanya instalasi OS. Dan biasanya, ini terjadi hanya pada pengguna windows XP Saja. Cara mengatasinya, pastikan dahulu bahwasanya kaset CD installernya masih bagus, alias tidak corrupt (tidak rusak).

Baca Juga :  Cara Mematikan Update Windows 10

Kemudian, kalau ternyata tidak bermasalah, anda bisa banget mencoba menginstall ulang laptop tersebut. Dengan memastikan kembali bahwasanya CD windows ataupun ISO nya tidak rusak. Kalau misalnya belum berhasil? Maka bisa jadi, kerusakannya ada pada bagian hardware. 

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Apabila menemukan keterangan UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F), maka penyebab bluescreen pada laptop anda ialah suhu komputer yang terlampau panas, kemudian overclocking secara berlebihan, BIOS yang rusak, sampai dengan processor yang rusak.

Untuk mengatasinya, anda bisa mematikan laptop terlebih dahulu ya. Kemudian cek, apakah sistem pendingin pada laptop sudah bekerja dengan baik. Kalau misalnya ternyata terjadi masalah pada bagian pendingin, maka anda bisa menambahkan komponen pendinginnya. 

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Penyebab bluescreen dan cara mengatasi bluescreen yang berikutnya adalah masalah yang terjadi pada jumper di hardisk. Karena ini juga bisa membuat layar menjadi biru semua. Untuk mengatasinya, maka anda bisa memeriksa kondisi kabel, kemudian bersihkan virus yang ada pada boot sector, dan atur lagi jumpernya. 

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Kondisi yang satu ini disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian hardware laptop. Terutama memory di processor, kemudian memory ram, hingga VGA. Dan anda bisa memperbaikinya sesuai masalah tersebut ya.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Terakhir, dikarenakan adanya kesalahan ketika sedang melakukan pemasangan VGA. Jika ini adalah masalah atau penyebab bluescreen pada laptop anda, maka silahkan lakukan penginstalan ulang driver VGA nya. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwasanya drivernya adalah driver yang terupdate. 

Nah bagaimana, cukup jelas sekali bukan? Oke, sederhananya, cari tahu dahulu penyebabnya apa, maka akan memudahkan anda dalam mengatasinya dna mengambil langkah. Demikian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Semoga berhasil ya.

refrensi : myrepairsolution.blogspot.com