7 Penyebab Mengapa Laptop Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Sedang sibuk mengerjakan tugas tetapi tiba-tiba laptop mati sendiri? Tidak perlu panik dan takut karena banyak yang mengalami hal serupa. Namun, kamu harus mengetahui penyebab dari masalah kamu tersebut agar dapat menemukan solusi yang tepat. 

Masih belum tahu apa saja yang dapat menjadi penyebab masalah kamu tersebut? Simak informasi berikut agar kamu tidak hanya dapat mendeteksi akar masalahnya namun juga menemukan cara mengatasi laptop mati sendiri secara tepat.

Penyebab Laptop Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Layaknya sebuah penyakit yang harus kamu ketahui terlebih dahulu penyebab dan faktor pencetusnya sebelum dapat mengobatinya, begitu juga dengan masalah laptop yang mati sendiri secara tiba-tiba. Kamu harus dapat mendeteksi faktor penyebabnya agar dapat mencari solusi dan cara penanganan yang tepat.

Berikut beberapa penyebab umum mengapa laptop bisa mati sendiri dan cara mengatasinya:

1. Overheating (Laptop Terlalu Panas)

Overheating

Salah satu penyebab utama mengapa laptop tiba-tiba mati sendiri adalah karena overheating yang artinya laptop kamu terlalu panas. Hal ini umumnya terjadi pada waktu kamu menggunakan laptop untuk jangka waktu yang lama, misalnya untuk bermain game.

Laptop masa kini memiliki sebuah sistem yang akan secara otomatis membuat laptop mati apabila komponennya terlalu panas. Segi positif dari kondisi ini adalah laptop kamu dapat terhindar dari kerusakan.  

Penyebab lain bisa jadi karena kipas pada alat elektronik tersebut rusak atau kotor sehingga tidak berfungsi dengan maksimal dan membuat laptop cepat panas.

Cara Mengatasi:

  • Pastikan bahwa fan laptop kamu tidak bermasalah.
  • Cek pada bagian video card, prosesor dan dudukan fan yang ada di laptop kamu. Bersihkan secara teliti menggunakan kuas agar semua kotoran dan debu hilang.
  • Jika fan laptop rusak, maka kamu harus segera menggantinya dengan yang baru.
  • Gunakan cooling pad agar membantu mengurangi potensi laptop menjadi cepat panas sehingga kamu dapat terhindar dari overheating.

2. Adanya Masalah pada Perangkat Keras (Hardware)

Hardware Komputer

Masalah pada perangkat keras laptop kamu terutama laptop hasil refurbished adalah penyebab selanjutnya mengapa laptop mati sendiri padahal tidak panas. Cara mengatasinya adalah dengan mengeluarkan perangkat keras tersebut untuk memastikan bahwa masalah tidak berlanjut.

Cara Mengatasi:

  • Cara praktis yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah melalui Device Manager yang ada di laptop atau komputer kamu. Cek dan deteksi apakah ada laporan mengenai masalah pada hardware.
  • Lakukan cek terhadap komponen lainnya jika kamu menemukan adanya masalah pada hardware. Pasalnya, kerusakan pada harga memiliki kemungkinan besar akan berpengaruh terhadap komponen internal lainnya.
  • Bawa ke pusat servis terdekat karena umumnya kamu tidak dapat mengatasi masalah hardware sendiri.

3. Masalah pada RAM

RAM Laptop

Penyebab ketiga mengapa Laptop mati sendiri setelah beberapa menit adalah karena adanya masalah pada RAM laptop kamu. Biasanya ini terjadi jika RAM yang ada tidak berfungsi sama sekali atau karena kamu baru mengganti atau menambah RAM baru pada laptop kamu

Cara Mengatasi:

  • Coba keluarkan RAM dari laptop kamu, bersihkan dan biarkan dingin terlebih dahulu, kemudian pasang kembali di laptop. Jika laptop kamu berfungsi normal, maka tidak ada masalah. 
  • Namun, jika laptop tetap bermasalah, maka kamu harus segera ke pusat servis laptop untuk penanganan terbaik.

4. Masalah Pada Catu Daya atau Pengisi Daya

Battery Laptop

Masalah pada catu daya laptop kamu bisa jadi merupakan penyebab mengapa laptop tiba-tiba mati saat di cas. Jangan anggap sepele masalah ini karena dapat menyebabkan kerusakan pada laptop kamu. Pasalnya, tinggi rendah arus yang berasal dari catu daya yang bermasalah dapat membuat baterai laptop rusak. Selain itu juga dapat membuat laptop kamu rusak.

Cara Mengatasi:

  • Segera ganti catu daya kamu dengan yang baru jika memang bermasalah
  • Alternatifnya, kamu dapat mencoba menggunakan catu daya keluaran merek yang sama dengan laptop kamu untuk mengatasinya.

5. Terkena Virus

Virus Komputer

Salah satu alasan mengapa Laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh adalah karena terkena virus. Ada beberapa jenis virus yang menyebabkan laptop kamu tiba-tiba mati kemudian hidup kembali. 

Pemicu dari virus tersebut biasanya karena apa yang kamu kerjakan di laptop, misalnya dengan membuka program tertentu atau menekan tombol tertentu.

Cara Mengatasi:

  • Instal dan jalankan program antivirus di laptop kamu
  • Lakukan scan virus secara berkala untuk mencegah laptop kamu terkena virus

6. Driver pada Laptop Kadaluarsa, Hilang, Rusak atau Tidak Kompatibel

Driver Laptop Error

Penyebab lain laptop mati secara tiba-tiba adalah driver pada laptop kamu kadaluarsa, hilang atau rusak. Driver yang tidak kompatibel juga dapat mengakibatkan crash sehingga menyebabkan komputer mati. 

Jadi, kamu harus memastikan bahwa driver yang kamu gunakan tidak hanya versi terbaru tetapi juga kompatibel dengan perangkat yang kamu miliki.

Cara Mengatasi:

  • Kunjungi website produsen laptop kamu untuk mencari driver terbaru yang kompatibel dengan laptop kamu. Atau lakukan hal berikut:
  • Buka Windows Device Drivers agar kamu bisa mendeteksi masalah pada driver kamu dan bagaimana cara penanganan terbaiknya.

7. Tidak Dirawat

Laptop Rusak

Tahukah kamu bahwa tidak merawat laptop atau komputer kamu dengan baik dapat menjadi penyebab mengapa laptop tiba-tiba mati? Ya, jika kamu jarang atau bahkan hampir tidak pernah membawa perangkat kamu untuk diservis, maka laptop akan cepat panas, bermasalah pada baterai atau performanya. 

Hal ini dapat menjadi pemicu masalah utama kamu, yaitu laptop bisa mati secara mendadak. Itulah sebabnya kamu wajib untuk memelihara dan merawat laptop kamu agar tetap awet dan tahan lama

Cara Mengatasi:

  • Bawa ke pusat servis laptop terpercaya secara berkala agar dapat dibersihkan atau diganti komponennya jika perlu.
  • Kamu dapat membersihkannya sendiri menggunakan kuas atau blower jika perangkat kamu tidak bergaransi

Pastinya kamu ingin agar laptop kamu dapat berfungsi dengan baik sehingga membantu aktivitas dan pekerjaan yang kamu lakukan menggunakan alat tersebut. Selain itu, laptop yang awet dan tahan lama dengan performa kerja yang maksimal adalah idaman setiap kita.

Diharapkan agar informasi mengenai penyebab berikut cara mengatasi laptop mati sendiri di atas dapat membantu kamu menyelesaikan problem kamu sehingga laptop kamu kembali berfungsi maksimal. 

Tinggalkan komentar