Cara Masuk Safe Mode HP Realme Terbaik dan Termudah 2023

Cara Masuk Safe Mode HP Realme Terbaik dan Termudah 2023 – Salah satu perbincangan menarik yang kerap dibahas oleh banyak masyarakat kita di masa kini adalah ‘cara masuk safe mode HP’. Termasuk bagi mereka yang menggunakan aplikasi Realme ya.

Hal ini karena mungkin memang lagi lumayan banyak saja para pengguna Realme yang mengalami permasalahan tersebut, sehingga meski mengakses safe mode. Maka dari itu, kalau misalnya saat ini anda sedang mengalami permasalahan tersebut juga, bisa banget nih simak penjelasan kami.

Karena kami bakalan bagian informasi tentang cara masuk safe mode HP yang perlu diketahui bagi para pengguna Realme. Tahu nggak sih, bahwa di era digital seperti ini, kita bisa banget memperoleh berbagai macam hal menarik dengan sangat mudah dan cepat.

Terlebih lagi dengan hadirnya berbagai macam merk atau brand ponsel yang super canggih. Dimana, masing masing merk atau brand punya target market yang berbeda, pun dengan segmen pasar mereka. Harga dari masing masing brand juga berbeda, dan biasanya akan disesuaikan dengan spek ponsel yang ditawarkan.

Ada yang harganya standar, sampai dengan yang paling mahal. Kalau Realme sendiri termasuk salah satu brand ponsel yang cukup ternama di tanah air, dan nggak sedikit loh orang orang yang menggunakan ponsel dari mereka.

Hal ini karena harga yang ditawarkan oleh pihak mereka yang tergolong terjangkau dengan spek yang bisa dikatakan sudah lumayan bagus. Nah, yang namanya alat elektronik, bisa saja mengalami masalah kan? Secanggih apapun alat elektronik mereka, dan ini juga berlaku bagi para pengguna ponsel.

Sekalipun saat anda menggunakan brand paling ternama. Itu artinya, ponsel Realme yang saat ini anda gunakan pun berisiko terkena masalah di kemudian hari.

Dan tidak bisa dipungkiri, bahwasanya ada beberapa permasalahan ponsel yang solusinya adalah dengan menggunakan safe mode. Maka dari itu, sebagai pengguna Realme, anda juga meski tau gimana sih cara masuk safe mode. Oke, buat yang penasaran gimana caranya, bisa simak penjelasan berikut ini. 

Tentang Safe Mode

Meskipun termasuk sebuah istilah yang umum, namun tetap masih lumayan banyak yang belum tahu istilah satu ini. So, kita bahas dulu ya. Apa sih yang dimaksud dengan safe mode. Karena kalau misalnya sudah tahu pengertiannya bakalan memudahkan anda ketika akan menggunakannya nanti.

Adapun yang dimaksud dengan safe mode adalah salah satu fitur yang sudah disediakan oleh pihak android, Dan semua android bakalan menemukan mode alias fitur satu ini di dalamnya. Kalau misalnya kita artikan ke dalam bahasa Indonesia, maka yang dimaksud dengan safe mode adalah mode aman.

Maksudnya gimana? So, mode aman ini merupakan mode yang bisa digunakan sebagai alat yang bisa banget melakukan diagnosa terhadap masalah masalah yang ada pada perangkat anda.

Sebagaimana yang sudah kami sebutkan sih, bahwasanya semahal dan secanggih apapun ponsel yang anda gunakan, maka ponsel atau perangkat tersebut tetap bisa terkena masalah. Dan kalau sudah demikian, anda bisa mengatasinya dengan masuk ke safe mode pastinya.

Untuk fungsi dari safe mode itu sendiri ialah agar bisa mendeteksi semua masalah yang ada di perangkat android anda. Lantas, gimana sih sistem atau cara mode ini mendeteksi permasalahan yang ada? Tentu saja sesuai dengan ketentuan dan cara yang sudah disediakan atau disajikan oleh pihak android.

Bagi anda yang tertarik dan ingin mencoba, anda bisa banget nih mempraktekkan cara masuk safe mode yang bakalan kami bahasa artinya. Dan sebagai catatan pengingat, sistem ini cuma bakalan memboot sistem pada perangkat anda doang kok.

Bahkan, nggak semua sistemnya bakalan di boot. Hal ini karena memang tersedia beberapa pengecualian nih, yakni pengecualian bagi aplikasi aplikasi pihak ketiga. Maka dari itu, nggak heran jika kemudian mau menggunakan mode ini nggak bisa sembarangan.

Di mana, anda meksi tahu dulu cara masuk safe mode nya. Karena kalau sudah tahu cara masuknya, anda bisa masuk, kemudian mengetahui permasalahan yang ada. Adapun salah satu permasalahan yang mungkin anda alami ialah kamera bagian belakang yang nggak berfungsi.

Baca Juga :  Harga Oppo F11 Pro Marvels Avengers dan Spesifikasi

Kalau anda tertarik buat ngeceknya, maka anda bisa banget melakukan deteksi dengan memanfaatkan safe mode ini. Supaya tahu permasalahannya ada dimana. Setelah membahas pengertian safe mode di atas, anda pasti sudah mulai paham kan yang dimaksud dengan safe mode?

Nah yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah fitur ini hanya tersedia di real me doang? Maka jawabannya nggak dong. Dimana, fitur ini nggak cuma ada di realm saja. Karena ia bukanlah fitur yang dibuat dan dikeluarkan oleh pihak realme.

Secara sederhana, semua perangkat yang anda gunakan, mulai dari yang dekstop ataupun yang mobile, sudah pasti ada safe modenya.

Karena ini kan buat ngedeteksi masalah yang ada. Dan biasanya, cara masuk safe mode tiap perangkat berbeda beda. Inilah kenapa anda mesti tahu gimana caranya. Biar pas prakteknya gampang. 

Cara Masuk Safe Mode 

Meskipun di semua mobile dan dekstop punya safe mode, namun perlu diketahui kalau misalnya cara masuk safe mode nya nggak semuanya sama. Ada perbedaan pada tiap perangkat, dan ada perbedaan juga antara satu merk atau brand dengan yang lainnya.

Tapi, di tulisan kali ini, kami akan bahas cara masuk safe mode yang bisa digunakan atau dilakukan bagi anda yang menggunakan ponsel realme ya.

Bagi anda yang belum tahu, harus benar benar mem[erhatikan cara satu ini. Agar nggak mengalami bingung dna trouble saat akan praktek di ponsel. Adapun cara masuk safe mode yang pertama adalah dengan mematikan ponsel anda.

Dalam artian, anda perlu mematikan ponsel realme yang anda punya. Cara mematikannya bagaimana? Yakni dengan mengklik atau menekan tombol power hingga beberapa detik. Yakni sampai aplikasi menawarkan beberapa menu yang bisa dipilih.

Dalam hal ini, anda bisa banget memilih yang power off. Dengan demikian, maka ponselnya bakalan mati, dan anda bisa melanjutkan cara masuk safe mode dengan cara mengklik tombol power sekaligus volume down. Dalam artian, mengklik dua tombol tersebut sekaligus atau secara bersamaan.

Anda bisa menekan keduanya agak lama, alias beberapa saat ya. Kalau misalnya sudah melakukan cara tersebut, maka anda akan menemukan ponselnya hidup lagi nih. Dan di sana, anda kana melihat ada logo realme, dan tinggalkan saja tombol powernya, tanpa melepaskan tombol power down.

Berikutnya, tunggu hingga ponsel anda melakukan proses boot sistem operasi, dan tunggu sampai prosesnya selesai. Jangan ditinggal ya. Nah ketika anda sudah mendapati ada tulisan safe mode di bagian sebelah kiri layar, itu menandakan bahwasanya anda sudah ada dan sudah masuk ke dalam safe mode ya.

Dengan demikian, langsung saja melakukan pengujian semua fitur yang tersedia pada aplikasi aplikasi yang tersedia pada ponsel. Dan ini memugnkinkan anda untuk menguji fitur, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Tentu, setelah selesai melakukan cara masuk safe mode di atas, anda harus keluar.

Dan anda meski tahu juga gimana cara keluar dari mode tersebut. Jangan hanya tahu cara masuk safe mode nya doang, tapi nggak tahu cara keluarnya. Anda bisa keluar dari mode ini kalau misalnya sudah selesai melakukan pengujian terhadap berbagai macam fitur yang tersedia di dalam aplikasi ya.

Dan ketika melakukan pengujian tersebut, anda kan tahu apa saja sih masalah yang menimpa perangkat anda. Untuk keluar dari safe mode nya sendiri tergolong sangat mudah dan nggak butuh waktu lama kok. Bahkan, anda bisa keluar dari mode tersebut cuma dalam hitungan beberapa detik doang nih.

Adapun cara yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tombol power yang ada pada ponsel anda, kemudian pilih menu tampilan, dan pilih yang menu restart. Hal ini agar ponselnya dimuat kembali, dan memulihkan beberapa permasalahan yang mungkin ada.

Baca Juga :  Harga Xiaomi Redmi 7 Terbaru 2023 dan Spesifikasi

Tinggal tunggu saja proses bootingnya sampai dengan selesai. Kalau sudah, baru deh anda keluar dari mode tersebut.

Dan kalau misalnya anda sudah selesai, alias uda keluar dari mode tersebut, anda nggak bakalan menemukan ada tulisan safe mode yang tersedia dan tertera di bagian sebelah kanan ya. Karena menu tersebut bakalan hilang. 

Nha gimana, cara masuk safe mode nya gampang banget kan? Oke, itulah dia ulasna kita mengenai cara masuk safe mode yang mesti anda ketahui. Semoga bermanfaat ya.