Cara Membuat Email Gmail, Yahoo & Hotmail

Cara membuat email

Seiring perkembangan teknologi, media pengiriman file atau surat juga semakin beragam. Tapi yang paling banyak digunakan ialah email.

Bukan sekedar untuk mengirim dan menerima pesan saja, akan tetapi email juga sangat dibutuhkan untuk registrasi sebuah akun dan lain sebagainya.

Sayangnya belum semua orang memiliki akun email. Padahal cara membuat email sebenarnya sangat-sangat mudah. Anda bisa menggunakan perangkat ponsel ataupun PC.

Anda juga bisa memilih penyedia layanan email yang disukai, seperti Gmail dan Yahoo. Nah berikut ini akan dibahas lengkap bagaimana cara membuat email baik Gmail maupun Yahoo.

Cara Membuat Email Gmail

Cara Membuat Gmail

Sebagai penyedia layanan email dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia, tentu Gmail menawarkan berbagai kelebihan. Mulai dari penyaringan spam, marger dengan Google Hangouts, hingga akses offline. Cara membuat akun Gmail pun sangat mudah, berikut, langkah-langkahnya:

Cara Buat Akun Gmail di PC

  • Ketikkan URL www.gmail.com pada browser Anda
  • Setelah itu langsung klik creat an account, maka sebuah kontak akan terbuka
  • Kemudian isi data diri Anda secara lengkap dan pastikan valid
  • Setelah mengisi “nama”, Anda bisa memilih nama untuk username akun
  • Apabila muncul tulisan “This username is taken. Try another” itu tandanya jika username tersebut sudah digunakan oleh orang lain, Anda bisa menggantinya dengan username lain
  • Jika semua kolom sudah diisi lalu klik next step dan akan muncul agreement atau kotak persyaratan. CUkup klik pada kolom I Agree.
  • Akun Gmail Anda pun sudah bisa digunakan.

Cara Membuat Akun Gmail di HP

  • Cari menu pengaturan atau setting pada ponsel Anda
  • Selanjutnya cari menu account atau akun
  • Pilih add account atau tambahkan akun
  • Cari ikan Google, selanjutnya akan muncul pilihan untuk sign in atau crea a new account
  • Pilih create new account, maka Anda akan masuk pada halaman berikutnya
  • Disini Anda harus mengisikan kolom yang tersedia secara lengkap, mulai dari nama depan, nama belakang kemudian klik next
  • Selanjutnya isikan tanggal lahir dan jenis kelamin Anda, lalu klik next
  • Pilih nama sebagai username, biasanya sudah tersedia beberapa pilihan dan Anda hanya perlu memilih satu yang paling mudah untuk diingat, lalu klik next
  • Jika muncul tulisan “That username is taken, Try another” berarti username tersebut telah digunakan orang lain, maka Anda bisa memilih username lain dengan menambahkan nomer atau mengubah abjadnya. Klik next.
  • Selanjutnya masuk pada halaman pengaturan password. Buat password dengan kombinasi angka dan huruf, minimal 8 karakter. Untuk keamanan ekstra gunakan juga kombinasi capital, klik next.
  • Langkah berikutnya ialah halaman pernyataan, Anda bisa skip
  • Selanjutnya muncul kotak Privacy and Terms, Anda bisa klik I Agree
  • Berikutnya akan muncul kolom untuk konfirmasi username dan password. Pastikan Anda mengisinya dengan benar sesuai data yang diperoleh dari langkah sebelumnya. Klik Next.
  • Di halaman selanjutnya akan muncul pilihan pembayaran, Anda bisa skip dengan pilih No Thanks dan klik Next.
  • Aplikasi akan memproses pendaftaran Anda dan selanjutnya akan muncul notifikasi yang mengatakan jika Anda sudah memiliki akun Gmail baru.

Sangat mudah kan? Setelah memiliki akun Gmail Anda bisa langsung mengakses Google Play, YouTube dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Ganti Password Gmail

Cara Membuat Email Yahoo

Cara membuat email yahoo

Selain Gmail, Yahoo juga masih cukup banyak digunakan. Selain menawarkan layanan yang mudah diakses, Yahoo juga dapat dibuat dengan langkah yang relatif mudah dan cepat. Berikut ini langkah-langkah cara membuat email Yahoo.

Cara Membuat Email Yahoo di PC

Silahkan kunjungi situs Yahoo Mail degan mengetikkannya langsung di browser. Setelah masuk pada halaman pertama, Anda bisa klik link “Sign Up” yang posisinya berada di bagian bawah halaman

Selanjutnya Anda akan diarahkan pada halaman formulir pendaftaran akun Yahoo Mail. Isi semua kolom yang ada dengan data yang valid dan lengkap:

  1. Pada kolom first name & Last name Anda bisa mengisikan nama depan dan nama belakang Anda
  2. Kolom Email addres diisikan dengan nama pengguna yang juga akan menjadi alamat email Anda
  3. Password: diisi dengan password email yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf serta capital. Pastikan password yang Anda buat kuat
  4. Mobile phone number diisikan dengan nomor ponsel Anda yang masih aktif
  5. Birth Month, Day & Year diisi dengan tanggal lahir, bulan dan tahun
  6. Gender diisi dengan jenis kelamin Anda.

Jika semua kolom sudah diisi, selanjutnya klik Continue untuk masuk ke langkah berikutnya.

Berikutnya Anda akan diarahkan pada halaman verifikasi. Cek kembali nomor ponsel yang Anda gunakan untuk verifikasi akun. Jika sudah benar langsung klik Text me an Account Key.

Beberapa saat kemudian Anda akan menerima SMS ke nomor yang Anda daftarkan tadi yang berisikan kode verifikasi. Biasanya proses pengiriman SMS kode verifikasi ini sangat cepat sekitar 5-30 detik saja.

Tapi jika Anda belum juga menerima SMS, Anda bisa klik Resend untuk meminta agar SMS dikirim ulang. Masukkan kode verifikasi dari SMS yang Anda terima pada halaman Verify that you have this phone dan klik Verify.

Terakhir Anda akan melihat halaman Congratulation pada layar monitor yang menandakan jika akun Yahoo Mail Anda sudah bisa digunakan. Klik Lets get started untuk mulai menggunakannya.

Trik agar cara membuat email Yahoo cepat ialah gunakan data yang benar-benar valid, terutama nomor, mengingat Anda juga membutuhkan verifikasi dari nomer telephone.

Cara Membuat Email di Hotmail

Cara membuat email hotmail

Satu lagi layanan email yang bisa Anda gunakan, yaitu Hotmail. Meski tak sepopuler dua layanan sebelumnya tapi Hotmail juga memiliki beberapa kelebihan tersendiri, seperti cara penggunaan yang mudah.

Cara Daftar Email di Hotmail Melalui PC

Masuk pada situs Hotmail di browser Anda, selanjutnya klik Buatlah Akun yang ada di bagian kanan bawah halaman Hotmail.

Selanjutnya Anda akan masuk di halaman pendaftaran dan harus mengisikan kolom yang ada dengan data diri yang lengkap serta valid.

  1. Nama depan dan belakang diisi dengan nama Anda
  2. Nama pengguna diisi dengan nama email atau username
  3. Sandi diisi dengan password yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka agar kuat
  4. Masukkan ulang password
  5. Negara/kawasan diisi dengan Indonesia
  6. Tanggal lahir diisi dengan tanggal lahir, bula serta tahun.
  7. Jenis kelamin pilih jenis kelamin Anda
  8. Kode negara pilih +62
  9. Nomor telephone isi dengan nomor ponsel yang masih aktif.
  10. Alamat email alternatif bisa dibiarkan kosong.
  11. Masukkan karakter yang Anda lihat, yaitu diisi dengan kode captcha yang ada
  12. Centang/hapus pada pilihan tawaran promosi dari Microsoft
  13. Terakhir klik “Buat Akun Baru” jika semua kolom sudah diisi.

Sampai disini akun Hotmail Anda sudah jadi, tapi untuk mulai menggunakannya Anda bisa klik “Mari kita mulai” yang berada di akhir langkah pembuatan email melalui Hotmail.

Tak kalah mudah bukan cara membuat email hotmail ini dari Gmail dan Yahoo?

Anda bisa memilih penyedia layanan sesuai selera, namun sebagai saran akan lebih baik jika Anda menggunakan Gmail mengingat layanan ini lebih banyak memberikan kelebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Cara Menghapus Akun Instagram

Pusat Bantuan Instagram / Cara Menghapus Akun Instagram / Hapus Secara Permanen atau Sementara. Menonaktifkan Instagram Lewat HP / Laptop dengan Mudah. Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang…
Selengkapnya