Cara Instal Windows 8 dan 8.1

Cara Instal Windows 8

Meskipun sudah ada Windows versi terbaru, masih banyak orang yang tetap menggunakan versi yang lebih lama, seperti Windows 8 atau Windows 8.1.

Perlu diketahui bahwa Windows 8.1 merupakan upgrade gratis dari Windows 8. Itulah sebabnya cara instal Windows 8 dan 8.1 tidak berbeda. 

Untuk meng-instal Windows 8 atau 8.1, ada tiga cara yang bisa Anda pilih, yaitu dengan menggunakan CD/DVD-Rom, menggunakan flashdisk, atau di virtual box.

Dan tulisan ini akan membahas cara meng-instal Windows 8 & 8.1 dengan menggunakan CD/DVD-Rom, baik untuk PC maupun laptop.

Namun sebelumnya, anda perlu aktivasi windows 8 lebih dulu jika belum mengaktifkannya. Dan silahkan kunjungi update windows 8 untuk memperbarui.

Perbedaan Windows 8 dan Windows 8.1

Sebelum menguraikan satu per satu langkah untuk meng-install Windows 8/8.1, ada baiknya jika Anda mengetahui perbedaan di antara keduanya.

  • Ikon menuStart hanya terdapat pada Windows 8.1.
  • Tampilan metro Windows 8.1 lebih menarik daripada Windows 8 dan ukuran ikonnya dapat diatur, kecuali yang sudah default.
  • Pada Windows 8, lock yang terdapat pada komputer hanya satu akun, yaitu default ketika meng-install Windows, sedangkan pada Windows 8.1 terdapat pada dua akun, yaitu default pada Windows dan akun e-mail.
  • Aplikasi yang mendukung Windows 8.1 lebih banyak dibandingkan Windows 8.

Cara Instal Windows 8.1 dengan DVD Rom

Meng-instal Windows 8 atau Windows 8.1 dengan menggunakan CD/DVD-Rom merupakan cara yang paling sering dilakukan. Bagaimana caranya?

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk meng-install Windows 8/8.1 dilengkapi gambar yang diperlukan agar lebih mudah dipahami.

Langkah 1: Persiapan

Sebelum mulai meng-install, siapkan DVD installer Windows 8 atau Windows 8.1. Jika Anda akan meng-install sistem operasi ini ke laptop, pastikan kabel charger sudah terhubung ke sumber listrik untuk mencegah laptop tiba-tiba mati karena kehabisan baterai saat proses install masih berjalan.

Langkah 2: Mengatur Setting BIOS

Ketika pertama kali dinyalakan, komputer akan melakukan booting dari HDD. Karena itu, untuk menginstal Windows 8/8.1, Anda harus mengatur setting BIOS terlebih dahulu supaya komputer melakukan booting pertama kali dari CD/DVD.

Cara untuk mengatur setting BIOS agar booting dari CD/DVD adalah sebagai berikut.

  • Setelah komputer dihidupkan, masuklah ke menu BIOS dengan cara sesuai jenis komputer yang digunakan. Untuk masuk ke sistem BIOS, biasanya Anda harus menekan tombol DEL (Delete), tetapi ada juga yang menggunakan tombol F1, F2, Fn+F2, atau lainnya. Anda bisa mencoba salah satunya.
  • Setelah masuk, monitor akan menampilkan menu BIOS seperti gambar di bawah ini, meskipun tidak semua komputer memiliki tampilan menu BIOS yang sama. Selanjutnya, pilih tab “Boot”.

langkah 1 instal windows 8

  • Pada layar akan terlihat pilihan untuk melakukan booting dan “Hard Drive/HDD” terletak paling atas yang berarti booting dilakukan dari hard drive. Tekan tombol panah ke bawah untuk memilih CD-Rom Drive, kemudian tekan tombol +/- sampai CD-Rom Drive pindah ke posisi paling atas.

Cara menginstal windows 8

  • Masukkan DVD installer Windows 8/8.1 ke dalam DVD-Rom komputer, kemudian tekan tombol F10 untuk menyimpan konfigurasi yang sudah Anda atur tadi.
  • Sesuai perintah yang muncul di layar, tekan tombol apa saja pada komputer untuk memulai proses booting dari CD/DVD. Perlu diingat, jika perintah ini muncul kembali saat proses install sedang berjalan, jangan tekan tombol apa pun karena akan menyebabkan proses install diulang kembali.

proses booting

Langkah 3: Memulai Proses Instal Windows 8/8.1

Pada langkah berikutnya, Anda akan memulai proses install Windows 8/8.1. Lakukan dengan cara berikut ini.

  • Jika di layar sudah muncul tampilan seperti gambar di bawah, pilihlah “Indonesian (Indonesia)” pada bagian “Time and currency format”. Bagian yang lainnya tidak perlu diubah, lalu klik menu “Next”.

Proses Instal Windows 8

  • Setelah muncul tampilan berikutnya di layar komputer, klik “Install Now”.

klik “Install Now”

  • Masukkan product key Windows 8/8.1 yang sudah disediakan ketika Anda membeli CD/DVD installer, lalu klik “Next”.

Masukkan product key Windows 8

Product key Windows 8

  • Sebelum melanjutkan proses install, Anda harus memberikan konfirmasi persetujuan atas syarat dan ketentuan penggunaan sistem operasi Windows 8/8.1. Caranya adalah dengan memberi tanda centang pada kotak kecil di sebelah tulisan I accept the license terms yang ada di bagian kiri bawah monitor, lalu klik “Next”.

Langkah 4: Mengatur Partisi

Proses instalasi berikutnya adalah mengatur partisi. Pada tahap ini, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

  • Pada layar, Anda akan melihat dua pilihan tipe instalasi, yaitu “Upgrade” dan “Custom”. Pilihlah “Custom” karena menu ini akan meng-install ulang dan menghapus Windows sebelumnya sehingga instalasi benar-benar baru dan aman dari virus.

INSTAL ULANG WINDOWS 8

  • Selanjutnya, monitor akan menampilkan pilihan tempat Anda akan meng-install Windows 8/8.1. Langkah ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati, jangan sampai partisi yang berisi data-data penting terhapus. Agar lebih aman, sebaiknya pindahkan lebih dahulu data penting ke flashdisk.
  • Anda bisa menentukan lokasi instalasi Windows 8/8.1 di dalam partisi yang diinginkan. Pilih jendela drive atau partisi yang akan dipilih, lalu klik “New” pada deretan menu di bagian bawah untuk membuat partisi baru, lalu tentukan besar kapasitas partisi tersebut.

Jika hanya ada satu partisi, Anda bisa langsung mengeklik tombol “Apply” dan akan terbentuk dua partisi baru.

Klik tombol apply

  • Pilih partisi yang kapasitasnya lebih besar sebagai lokasi untuk meng-install Windows 8/8.1, lalu klik “Next” sehingga proses instalasi mulai berjalan dan akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah.

proses akhir instalasi

  • Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit, tunggu sampai komputer restart sendiri. Selama proses berlangsung, jangan khawatir jika komputer melakukan restart beberapa kali.
  • Setelah restart, komputer akan booting secara otomatis, ubah BIOS untuk booting ke HDD, jangan ke DVD-Rom lagi karena akan menyebabkan proses instalasi diulang kembali dari awal.
  • Isi serial number atau product key yang ada pada saat Anda membeli DVD installer, kemudian klik “Next”.

Langkah 5: Mengatur Desktop Windows

Setelah langkah-langkah pada tahap pengaturan partisi selesai diikuti, lanjutkan cara instal Windows 8/8.1 ke tahap berikutnya, yaitu mengatur desktop Windows dengan cara berikut ini.

  • Ketikkan nama komputer sesuai keinginan Anda, lalu klik “Next”. Selain memberi nama, pada bagian ini Anda juga bisa mengatur warna tema yang disukai.

Mengatur Desktop Windows

  • Pada monitor akan muncul jendela “Setting” dan pilihlah “Use express setting”.

Use express setting

  • Langkah berikutnya adalah memililh “Create a local account”.

Create a local account

  • Layar akan menampilkan menu pengaturan akun. Ketikkan nama pengguna dan password jika Anda merasa perlu menggunakannya untuk mencegah komputer diakses sebarang orang. Buatlah password yang kuat dan mudah untuk Anda ingat. Jika sudah selesai, selanjutnya klik “Finish”.

nama pengguna dan password

  • Tunggu beberapa menit dan setelah itu Anda akan dibawa menuju desktop sesuai pengaturan yang telah dilakukan.

Tunggu beberapa menit dan setelah itu Anda akan dibawa menuju desktop sesuai pengaturan yang telah dilakukan.

  • Tampilan tersebut menandakan proses instalasi sudah selesai.

Setelah langkah-langkah cara instal Windows 8/8.1 dilakukan, sebaiknya Anda juga meng-install driver lain yang penting, seperti network driver, graphic driver, dan audio driver.

Beberapa driver tersebut biasanya Anda dapatkan saat membeli PC atau laptop. Jika tidak ada, Anda bisa mengunduhnya.

Pelajari Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Cara Mematikan Antivirus pada Windows 10

Deskripsi: Antivirus terkadang mendeteksi file normal sebagai virus. Kamu perlu mematikan antivirus sementara waktu. Berikut cara mematikan antivirus pada windows 10. Keberadaan antivirus memang sangat penting untuk menjaga komputer dari…
Selengkapnya

Cara Membuat Halaman di Word

Di halaman ini anda akan mempelajari cara membuat halaman di word (Dasar). Membuat halaman dengan angka romawi. Menghilangkan nomor halaman pada cover. Membuat halaman berbeda dalam satu dokumen. Membuat halaman…
Selengkapnya