BlogPress Strategi Blogging & Marketing. Tips Seputar Bisnis Online, Internet Marketing, Desain dan Teknologi.

Cara Aktivasi Windows 8 dan 8.1

3 min read

Cara Aktivasi Windows 8

BlogPress.ID – Mengetahui cara aktivasi Windows 8/8.1 merupakan hal yang penting, terutama bagi pengguna operasi sistem tersebut. Meskipun sudah ada Windows 10, tidak bisa dipungkiri jika masih banyak pengguna komputer yang memilih Windows 8 atau 8.1.

Selain tampilannya yang unik, Windows 8 juga sangat nyaman untuk digunakan. Apalagi, saat ini tersedia juga versi Windows 8.1 yang memiliki berbagai kelebihan. Untuk aktivasi windows 7 dan 10, silahkan kunjungi:

Windows 8.1 hadir dengan fitur yang lebih banyak dibanding saudaranya. Sistem keamanan serta proses booting juga sudah lebih mumpuni dibanding Windows 8. Selain itu, Anda juga dapat menemukan fitur Modern User Interface Multi-Touch pada Windows 8.1.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur-fitur pada kedua sistem operasi tersebut? Simak informasi berikut ini untuk mempelajari beberapa cara aktivasi Windows 8 dan 8.1.

Cara Aktivasi Windows 8 dan 8.1 secara Offline

Untuk mengaktifkan Windows 8 atau 8.1 secara offline, Anda perlu mengunduh activator terlebih dahulu. Anda bisa mencari dan mengunduh software activator untuk Windows 8 atau 8.1 di internet. Gunakan VPN untuk mempercepat proses unduh software tersebut.

Software activator ini umumnya berukuran kecil, sekitar 2.74 MB saja. Pastikan software activator yang Anda unduh sesuai dengan jenis Windows 8 yang dipakai. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Matikan Antivirus dan Ekstrak Aktivator

Cara Aktivasi Windows 8 Offline

Sebelum mengekstrak aktivator yang sebelumnya diunduh, pastikan untuk mematikan atau menonaktifkan software antivirus pada komputer Anda.

Jika sudah, klik kanan pada file aktivator yang sudah diunduh. Kemudian, pilih “Extract to…”. Setelah itu, buka folder yang sudah diekstrak untuk menemukan file aktivator berformat .exe.

2. Pilih File Aktivator

Pilih File Aktivator

Pilih file aktivator yang tersedia sesuai dengan bit Windows 8 Anda. Anda bisa mengecek bit Windows yang digunakan pada ‘Setting’, lalu pilih ‘PC Info’. Lihat pada bagian ‘System Type’ untuk mengetahui bit Windows yang digunakan.

3. Pasang Aktivator

Pasang Aktivator

Untuk memasang software aktivator tersebut, klik kanan pada file .exe kemudian pilih menu ‘Run as administrator’.

Selanjutnya, akan muncul dialog pada layar untuk memilih versi Windows yang Anda gunakan dan pilihan ‘install’ atau ‘uninstall’. Untuk memasang pilih ‘Install Activation’. Klik ‘OK’ untuk melanjutkan.

Tunggu sampai proses aktivasi selesai. Setelah selesai, akan ada dialog yang meminta Anda untuk ‘sign out’. Pilih saja ‘Ok’ dan komputer Anda pun akan restart secara otomatis.

4. Cek Aktivasi

Cek Aktivasi

Terakhir, Anda bisa mengecek apakah komputer tersebut sudah berhasil diaktivasi. Pilih ‘Setting’ kemudian klik ‘PC Info’. Lihat pada bagian ‘Windows Activation’.

Jika Windows 8 atau 8.1 Anda sudah aktif, akan tertulis ‘Windows is activated’ pada kolom tersebut seperti pada gambar.

Aktivasi dengan KMSpico

Anda juga bisa melakukan aktivasi Windows 8 atau 8.1 dengan KMSpico. KMSpico sendiri merupakan aplikasi aktivator yang dikenal ampuh untuk mengaktifkan produk Microsoft Corporation termasuk Windows 8 dan 8.1.

Langkah-langkah mengaktifkan Windows 8 dengan KMSpico tidak jauh berbeda dari cara di atas. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Matikan Antivirus dan Unduh KMSpico

Sama halnya dengan cara di atas, matikan terlebih dahulu aplikasi antivirus sebelum melanjutkan cara aktivasi Windows 8/8.1. Jika sudah, unduh software KMSpico. Anda bisa mencari software ini dengan mudah di internet.

2. Buka KMSpico

Cara Aktivasi Windows 8 dengan KMSpico

Setelah berhasil diunduh, buka software KMSpico tersebut dengan cara klik kanan pada ikonnya lalu pilih ‘Run as administrator’.

3. Tunggu Hingga Proses Selesai

Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu hingga proses berjalan secara otomatis. Apabila proses pengaktifan telah selesai, akan muncul pemberitahuan dari software KMSpico bahwa Windows telah aktif.

4. Lakukan Pengecekan Aktivasi

Lakukan Pengecekan Aktivasi

Terakhir, Anda bisa melakukan pengecekan aktivasi untuk memastikan bahwa Windows 8 telah aktif. Caranya, mulai aplikasi CMD (Command Prompt) atau gunakan tombol Windows dan X secara bersamaan, kemudian pilih CMD.

Ketik ‘slmgr/xpr’ pada tempat yang tersedia lalu tekan enter. Ingat untuk mengentik perintah tersebut tanpa tanda petik.

Tunggu beberapa saat hingga pemberitahuan aktivasi Windows secara permanen muncul seperti pada gambar di atas.

Aktivasi dengan CMD

Meskipun cara ini terbilang lebih sulit dibandingkan dua metode di atas, Anda tetap bisa mencobanya sebagai tambahan pengetahuan.

1. Siapkan Product Key

Pertama, Anda harus menyiapkan Product Key untuk Windows 8. Anda bisa mencoba salah satu product key berikut ini.

Windows 8 Enterprise : 32JNW-9KQ84-P47T8-D8GGY-CWCK7

Windows 8 Professional : NG4HW-VH26C-733KW-K6F98-J8CK4

2. Atur Waktu dan Lokasi

Kedua, jangan lupa untuk mengatur waktu dan lokasi Anda. Cek pengaturan waktu dan lokasi Anda di Control Panel lalu pilih Clock, Language, dan Region.

Pastikan Home Location Anda sudah diatur ke Indonesia dan Time Zone ke UTC+07:00 untuk wilayah Jakarta, Hanoi, dan Bangkok.

3. Buka Aplikasi CMD

Selanjutnya, buka aplikasi CMD melalui pencarian atau gunakan tombol Windows dan C secara bersamaan. Pilih Search kemudian ketik CMD. Klik dua kali untuk membuka aplikasi CMD tersebut.

4. Masukkan Kode

Setelah CMD terbuka, Anda bisa memasukkan kode seperti berikut ini secara berurutan dan dipisahkan dengan enter.

slmgr/ipk PRODUCT KEY

slmgr/skms SERVER

slmgr.vbs/ato

slmgr/ckms

Jangan lupa untuk mengganti PRODUCT KEY dengan product key yang sudah ditampilkan pada langkah pertama.

Sedangkan untuk SERVER, Anda dapat memilih salah satu di antara kode berikut ini: “lunar21.no-ip.org:168”, “85.139.164.203.1688”, “walkercorps.zapto.org:1688”. Pilih dan ketikkan tanpa tanda kutip.

Kode SERVER lain yang bisa Anda coba adalah “jkbiz1.no-ip.org:1688”, “kms.cc.columbia.edu:1688”, dan “fourderltaone.net:1688”. Ketikkan salah satunya tanpa tanda kutip.

Sebagai contoh, berikut ini hasil penulisan kode-kode aktivasi Windows 8 di atas untuk Windows 8 Professional.

slmgr/ipk NG4HW-VH26C-733KW-K6F98-J8CK4

slmgr/skms 85.139.164.203.1688

slmgr.vbs/ato

slmgr/ckms

Pastikan menekan tombol enter setiap selesai menulis satu baris kode di atas.

Aktivasi dengan Microsoft Toolkit

Terakhir, Anda juga bisa mengaktifkan Windows 8 dengan Microsoft Toolkit. Anda bisa mengunduh software ini di internet sebelum mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Microsoft Toolkit

Cara Aktivasi Windows 8 dengan Microsoft Toolkit

Pertama-tama, buka Microsoft Toolkit lalu klik pada ikon dengan logo Microsot Windows seperti pada gambar.

2. Atur Product Keys

Product Keys

Kedua, pilih tab Product Keys dan sesuaikan pilihan Product dan Edition sesuai dengan jenis Windows yang Anda pakai. Misalnya, Product: Windows 8, Edition: Enterprise. Kemudian, klik ‘Install’ pada bagian “Key functions”.

3. Proses Aktivasi

Proses Aktivasi

Setelah itu, pindah ke tab Activation kemudian klik ‘EZ Activator’. Tunggu sampai proses aktivasi selesai dan muncul tulisan ‘Product activation successful’ pada bagian Information Console.

4. Cek Status Aktivasi

Anda bisa menggunakan cara yang sama dengan metode-metode sebelumnya untuk mengecek apakah Windows 8 atau 8.1 Anda sudah benar-benar aktif.

Itulah beberapa cara untuk mengaktifkan Windows 8 atau 8.1 beserta langkah-langkahnya. Anda bisa mencoba salah satu langkah tersebut. Semua cara di atas telah terbukti bermanfaat untuk membantu aktivasi baik Windows 8 maupun Windows 8.1.

Namun, apabila Anda mencoba salah satu cara di atas dan tidak berhasil, jangan menyerah dan langsung coba saja cara lainnya. Semoga Anda bisa berhasil menggunakan cara aktivasi Windows 8/8.1 di atas!

Materi Terkait:

BlogPress Strategi Blogging & Marketing. Tips Seputar Bisnis Online, Internet Marketing, Desain dan Teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *