Cara Aktivasi Windows 7

Cara Aktivasi Windows 7

Deskripsi: Cara Aktivasi Windows 7 Secara Permanen. Aktivasi Win 7 Ultimate 32 Bit/64 Bit dengan Product Key atau Serial Key Windows 7.


Meski dikeluarkan sekitar sepuluh tahun lalu oleh perusahaan raksasa Microsoft, Windows 7 tetap disukai oleh pengguna setia sistem operasi Windows hingga kini.

Hal tersebut dikarenakan tampilannya yang sederhana namun menarik dan cara aktivasi Windows 7 yang mudah.

Aktivasinya tergolong mudah jika dibandingkan dengan Windows versi pendahulu ataupun yang keluar kemudian.

Terdapat beberapa cara untuk mengaktivasi sistem operasi ini, di antaranya adalah aktivasi dengan lisensi resmi (permanen), Windows Loader (offline), dan menggunakan Command Prompt (CMD).

Tentang Aktivasi Windows 7

Artikel ini akan membahas beberapa cara aktivasi windows 7, langkah demi langkah. Namun sebelumnya, mari ketahui mengapa mengaktivasi Windows 7 itu penting.

Windows 7 memberi Anda waktu percobaan dalam kurun waktu 30 hari sejak pertama kali dipasang. Dalam kurun waktu tersebut, Windows 7 dapat digunakan dengan lancar tanpa aktivasi.

Akan tetapi, setelah lewat masa percobaan, proses aktivasi dengan serial key menjadi wajib dilakukan. Jika tidak diaktivasi, Anda akan mengalami beberapa masalah saat penggunaan sistem operasi ini.

Beberapa di antara masalah tersebut adalah sebagai berikut.

  • Munculnya jendela Windows Activation secara kontinyu setiap Windows 7 melakukan booting. Jendela tersebut muncul sebagai notifikasi bahwa sistem operasi yang Anda gunakan tidak orisinal dan harus diaktivasi. Jendela ini hanya dapat hilang setelah Anda klik “Ask me later”.
  • Desktop PC atau laptop Anda akan otomatis berwarna hitam dan muncul bacaan This copy of Windows is not genuine di sudut bawah sebelah kanan. Kondisi demikian akan terpasang otomatis sekalipun Anda memasang wallpaper lain pada background.

Agaknya, bukan hanya Windows 7 saja yang akan mengalami beberapa masalah atau gangguan jika tidak diaktivasi.

Semua versi sesudahnya, termasuk Windows 8.1 dan Windows 10, juga akan demikian meski gangguannya tidak sama.

Maka dari itu, mengaktivasi sistem operasi Windows yang Anda miliki merupakan proses yang penting dalam penggunaannya:

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengaktivasi Win 7 antara lain sebagai berikut.

1. Cara Aktivasi Windows 7 Secara Permanen

Untuk mengaktivasi secara permanen, Anda diwajibkan membeli windows 7 product key license terlebih dahulu di marketplace, seperti Tokopedia, atau di Microsoft langsung.

Setelah pembelian berhasil dilakukan, Anda akan mendapatkan e-mail yang berisi license key.  Baru pada tahap inilah, aktivasi Windows 7 dapat dilakukan.

Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Klik Start di pojok kiri bawah desktop PC atau laptop Anda. Kemudian, klik kanan pada Computer, lalu pilih Properties.
  2. Pada jendela Properties, muncul pemberitahuan yang meminta Anda mengaktifkan Windows 7.
  3. Klik “Active Windows Now” dan tunggu beberapa saat.
  4. Setelah itu, Anda akan diminta untuk menginput product key atau serial key Windows 7 yang Anda dapat melalui e-mail.
  5. Klik Next dan tunggu beberapa saat lagi hingga proses verifikasi windows 7 product key Anda selesai dilakukan.
  6. Jika sudah selesar, akan ada pemberitahuan “Active Success”. Artinya, product key Anda valid.

2. Aktivasi dengan Windows Loader

Cara aktivasi yang kedua ini mengharuskan Anda untuk mengunduh Windows Loader. Namun, setelah mengunduhnya, Anda tidak dapat langsung membuka Windows Loader tanpa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Matikan Windows Defender dan software antivirus yang terdapat pada laptop atau PC Anda.
  • Matikan internet dengan memutus hubungan wifi dan LAN.
  • Matikan Windows Firewall. Caranya: klik Start, pilih Control Panel, pilih System and Security pilih Windows Firewall, pilih Turn Windows Firewall On or Off, lalu centang Turn Off Windows Firewall.

Matikan Windows Firewall

  • Setelah semua dimatikan, Anda baru dapat membuka file unduhan Windows Loader dengan memilih salah satu cara: extract format RAR Windows Loader atau klik kanan pada file unduhan lalu pilih Run as Adminstrator.

Run as Adminstrator

  • Pada jendela Windows Loader yang muncul kemudian, pilih Install dan tunggu beberapa saat hingga jendela “Installation Complete” muncul.

Installation Complete

  • Dalam jendela tersebut, terdapat keterangan “The certified and serial were successfully installed”. Klik OK, lalu tutup software Windows Loader.
  • Restart laptop atau PC Anda.
  • Setelah startup selesai, klik Start, klik kanan pada Computer, lalu pilih Properties untuk melihat apakah proses aktivasi menggunakan Windows Loader berhasil atau tidak. Jika muncul tulisan GENUINE pada jendela Properties, proses aktivasi telah berhasil.
  • Nyalakan kembali Windows Defender, software antivirus, koneksi internet, dan Windows Firewall dengan cara yang sama seperti saat Anda matikan tadi.

Cara aktivasi Windows 7 dengan menggunakan Windows Loader ini dapat diterapkan pada versi Windows 7 Ultimate 64 atau 32 bit, Windows 7 Professional 64 atau 32 bit, atau versi serta arsitektur Windows 7 lainnya.

Dengan cara ini, Windows 7 akan teraktivasi selamanya (permanen) yang membuat Anda tak perlu khawatir akan masa kedaluwarsanya.

3. Aktivasi dengan CMD

Cara ketiga adalah cara yang termudah, yaitu dengan memanfaatkan Command Prompt. Gunakan cara ini jika Anda terkendala dengan dua cara sebelumnya.

Berbeda dengan cara aktivasi menggunakan Windows Loader yang mengharuskan Anda mematikan hubungan internet, cara ini justru mewajibkan Anda online.

Di samping itu, Anda juga sudah harus memiliki product key. Langkah-langkah selengkapnya sebagai berikut.

  • Klik Start, pilih Accessories, klik kanan pada Command Prompt, lalu pilih “Run as Adminstrator”.
  • Saat jendela Command Prompt terbuka, ketikkan “slmgr.vbs /ipk product key Anda” lalu enter.

Aktivasi CMD

  • Akan muncul pemberitahuan bahwa proses input product key berhasil. Setelah itu, ketikkan “slmgr.vbs /ato” lalu enter.

input product key

Selesai. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Manfaat Aktivasi Windows 7

Mengaktivasi Windows 7 pada laptop atau PC Anda bukan saja hanya akan menghilangkan gangguan-gangguan yang dialami sebelum aktivasi, melainkan juga memberi keuntungan yang tidak sedikit.

Beberapa keuntungan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Windows Orisinal

Sebelum diaktivasi, sistem operasi yang Anda gunakan berstatus sementara, bukan permanen. Maka dari itu, setelah melakukan aktivasi, Windows 7 yang Anda gunakan berubah otomatis menjadi orisinal.

2. Hak Sepenuhnya Milik Anda

Windows yang Anda gunakan selama masa percobaan dapat diartikan sebagai Windows pinjaman.

Hal tersebut dimaksudkan agar Anda merasakan kesesuaian penggunaan dengan kebutuhan. Berakhirnya masa ‘pinjaman’ ditandai dengan munculnya tulisan “Activate Windows Now”.

Anda memiliki dua opsi ketika tulisan tersebut muncul. Pertama, mengganti sistem operasi Windows dengan yang lain, seperti Mac atau Linux, jika merasa tidak cocok.

Kedua, meneruskan pemakaian Windows sebagai sistem operasi Anda dengan membeli lisensi Windows asli jika Anda merasa cocok.

Opsi kedua akan mengarahkan Anda pada aktivasi Windows dan meng-upgrade-nya menjadi Windows orisinal.

3. Mendapat Akses ke Semua Fitur

Penggunaan Windows orisinal membolehkan Anda untuk mengakses semua fitur yang terdapat di dalamnya.

Namun, fitur-fitur dasar, seperti games dan Microsoft Office, tetap dapat digunakan sekalipun Windows belum diaktivasi.

Tiga langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara aktivasi Windows 7 sudah dijabarkan di atas, lengkap dengan gangguan yang akan dialami jika sistem operasi ini tidak diaktivasi.

Anda pun sudah mengetahui keuntungan yang didapat setelah mengaktivasi Windows 7.  Jadi, jangan menunggu lebih lama lagi untuk meng-upgrade Windows 7 Anda menjadi orisinal. Selamat mencoba!

Materi Terkait Windows 7:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like