Cara Membuat Tabel di Excel Mudah dan Praktis

Deskripsi: Informasi seputar cara membuat tabel di excel praktis dan mudah. Cocok untuk pemula yang baru belajar. Kamu bisa membuat tabel hanya dalam beberapa langkah.


Tabel merupakan sebuah daftar yang memuat data hasil ringkasan data. Kini, hadirnya software Excel memudahkan kita untuk membuatnya tanpa harus menggambar.

Penasaran ingin cara membuat tabel di Excel? Nah, di sini, kami akan mencoba membagikan cara-caranya. Pada dasarnya, cara membuat tabel di Excel 2010, sama dengan versi lainnya.

Di sini, kami akan menjelaskan cara membuat tabel secara praktis. Bagi yang ingin pandai membuat tabel di Excel, simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian Tabel Excel

Tabel Excel

Tabel yang kita buat di Excel, sejatinya sama dengan tabel konvensional yang kita buat melalui media kertas. Kita juga bisa membuatnya sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Isinya bisa berupa teks maupun angka.

Tabel Excel sendiri merupakan sekumpulan kolom dan baris dalam worksheet (lembar kerja). Di dalamnya sudah disediakan beragam fitur dan tools yang powerful.

Fungsi dari fitur tersebut, yaitu untuk mengelompokkan data-data terkait pada suatu informasi tertentu. Kemudian, data tersebut dibentuk ke dalam sebuah tabel.

Bahkan, ada juga cara membuat tabel di Excel dengan rumus. Fungsinya yaitu untuk mempermudah kita dalam penghitungan, penjumlahan, dan sejenisnya.

Pelajari Juga:

Cara Membuat Tabel di Excel

Nah, tiba saatnya pada pembahasan yang sudah kamu tunggu-tunggu. Cara membuat tabel di Excel 2019 yang kami bagikan ini, bisa juga untuk versi yang lain. Karena, pada dasarnya masih tetap sama. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah Membuat Table di Semua Versi Excel

Membuat Table di Excel

Langkah 1: Buka Excel dan Pilih Menu Insert

Buka aplikasi, kemudian klik dua kali dokumen Excel. Cari menu Insert kemudian pilih Table untuk membuat dokumen Microsoft Excel.

Langkah 2: Klik Ok di Jendela Baru

Jika muncul jendela baru, silahkan klik tombol Ok yang ada di bawahnya. Silahkan centang “My table has headers” pada jendela baru tersebut jika Kamu memiliki sel pada bagian atas, kemudian klik Ok.

Langkah 3: Pilih Desain

Untuk mengubah desain tabel, silahkan masuk ke tab Desain di bagian atas jendela Excel. Kemudian silahkan pilih salah satu desain yang berbentuk kotak berwarna. Letaknya ada pada bagian “Table Styles” di toolbar.

Table Styles Options

Table Styles Options

Kamu juga bisa memodifikasinya melalui toolbar bernama “Table Styles Options” berupa opsi-opsi sebagai berikut:

First Column and Last Column: Jika dipilih, maka isi kolom dan bagian kepala pertama dan terakhir akan dicetak tebal.

Banded Columns: Pilih desain ini jika ingin penampilan warna kolom selang-seling. Jika ingin menampilkan kolom yang seragam, silahkan hapus centang.

Header Row: Silahkan centang pilihan desain ini, agar nama kolom ditempatkan pada sel atas kelompok data.

Banded Rows: Desain ini untuk memunculkan warna selang-seling di bagian baris. Kamu juga bisa menghapus centang desain ini untuk memunculkan baris dalam warna yang seragam.

Total Row: Fungsinya yaitu untuk menambahkan baris di bagian bawah tabel yang akan menunjukkan jumlah baris kolom yang ada di bagian kanan.

Filter Button: Jika memilihnya, maka kotak drop-down akan diletakkan di setiap kepala kolom. Dengan begitu, kita akan mudah mengubah tampilan data pada kolom yang dibuat.

Setelah itu, silahkan kamu kembali ke tab Home, kemudian kamu akan kembali pada toolbar Home. Semua perubahan yang telah dibuat tidak akan berubah.

Menyaring Data Pada Tabel

Filter Data

Pilih atau klik panah drop-down yang ada di bagian kanan kolom data yang akan disaring. Setelah itu, akan muncul menu ke bawah.

Silahkan pilih salah satu filter pada menu ke bawah tersebut. Ada beberapa menu yang bisa kamu pilih sebagai berikut:

Sort Largest to Smallest: Fungsinya yaitu untuk mengurutkan dari yang paling besar ke yang paling kecil.

Sort Smallest to Largest: Fungsi filter ini, untuk mengurutkan data dari yang terkecil ke yang paling besar.

Number Filters dan Sort by Color: Fungsinya yaitu sebagai opsi tambahan. Kamu bisa memilih salah satunya tergantung kebutuhan data.

Setelah memilih salah satu, maka akan muncul jendela baru, lalu klik Ok saja. Filter tersebut kemudian akan diaplikasikan pada tabel.

Cara Membuat Tabel Excel dengan Border

Membuat Tabel dengan Border

Cara membuat tabel di Excel ini bisa diaplikasikan di versi 2007 atau yang lain. Caranya sangat mudah sekali, bahkan pemula pun tidak memerlukan waktu lama untuk membuatnya. Berikut kami paparkan langkah-langkahnya:

  1. Blok data pada kolom Excel yang akan kamu jadikan tabel.
  2. Silahkan klik tombol border yang memiliki icon tabel menu Home.
  3. Silahkan pilih jenis border yang tersedia. Jika ingin memilih membuat tabel penuh, silahkan pilih “All Borders”.
  4. Untuk menyesuaikan tabel dengan kebutuhan, ada beberapa fitur lain yang bisa kamu gunakan.

Misalnya seperti Font, Fill, Number, dan lainnya. Untuk memunculkan menu tersebut, silahkan pilih “More Borders” di bagian bawah.

  1. Klik Ok jika pengaturan Border sudah selesai, dan tabel pun sudah siap.
  2. Kamu juga bisa mengedit atau memodifikasi bentuk border. Silahkan masuk ke menu Home.

Di sana ada banyak fitur yang bisa digunakan untuk memodifikasi, seperti Themes Colors untuk warna, Font, dan lainnya.

Kelebihan Tabel dari Excel

Sebelum masuk ke langkah-langkah cara membuat tabel di Excel 2013, dan versi lainnya, kami akan membagikan informasi kelebihannya berikut:

  1. Tabel bisa dibuat sesuai dengan desain dan gaya yang kita inginkan.
  2. Ada banyak fitur untuk membantu kita dalam pembuatan tabel yang sesuai keinginan.
  3. Mudah ketika kita ingin menambah baris-baris data tanpa perlu mengubah referensi tabel yang sudah kita buat.
  4. Tabel bisa digabungkan dengan rumus sesuai kebutuhan.
  5. Bisa menambahkan subtotal dan tombol filter secara otomatis.
  6. Agar mudah diingat, kita juga bisa menambahkannya nama.

Demikianlah informasi seputar cara membuat table di Excel. Bagaimana, mudah bukan? Excel akan memudahkan pekerjaanmu. Silahkan bentuk tabel sesuai kebutuhan melalui langkah-langkah di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Rumus Penjumlahan Excel

Belajar Rumus Penjumlahan Excel dengan Simbol Plus (+) dan Fungsi SUM. Menjumlahkan Angka Secara Otomatis dengan Rumus Sederhana. Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat lunak yang berada dalam satu paket…
Selengkapnya
Cara Instal Windows 8

Cara Instal Windows 8 dan 8.1

Meskipun sudah ada Windows versi terbaru, masih banyak orang yang tetap menggunakan versi yang lebih lama, seperti Windows 8 atau Windows 8.1. Perlu diketahui bahwa Windows 8.1 merupakan upgrade gratis…
Selengkapnya