BlogPress Strategi Blogging & Marketing. Tips Seputar Bisnis Online, Internet Marketing, Desain dan Teknologi.

Spesifikasi dan Kelebihan Windows 10

5 min read

XBOX windows 10

Kabar gembira untuk Anda pengguna sistem operasi Windows, karena belum lama ini Windows mengeluarkan sistem operasi terbarunya bernama Windows 10. Windows 10 sendiri diluncurkan di 190 negara di dunia salah satunya adalah Indonesia.

Diklaim Windows 10 menjadi salah satu generasi sistem operasi terbaik di sepanjang sejarah sistem operasi. Ada banyak sekali spesifikasi dan kelebihan Windows 10 yang tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya. Menariknya lagi, Windows ini juga hadir dan free upgrade pada pengguna PC dan tablet yang berbasis Windows 7 dan 8.1.

Berbicara soal kelebihannya, Windows 10 ternyata lebih profesional, aman, dan juga natural dalam meningkatkan produktivitas dari penggunanya. Sebab Windows ini dalam proses pembuatan Microsoftnya sudah mengandalkan berbagai saran dari program Windows Insider.

Tidak hanya itu, spesifikasi lain yang ditawarkan oleh Windows ini adalah kemampuannya yang mampu beradaptasi dengan mudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Salah satunya adalah dukungan yang kuat dalam berbagai perangkat teknologi internet of Things (IoT).

Untuk Anda yang berencana mengupgrade atau ingin memiliki Windows 10, berikut ini adalah spesifikasi dan kelebihan Windows 10 yang akan dikupas secara lengkap. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Cortana, Asisten Digital Personal Windows 10

Cortona

Kelebihan pertama yang ditawarkan oleh Windows 10 adalah Cortana. Jadi, Cortana sebelumnya sudah pernah ada dan hadir di Windows Phone. Namun, saat ini Cortana ini sudah tersedia di seluruh perangkat yang berbasis Windows 10 saat ini.

Kelebihan Cortana yang dimiliki oleh Windows 10 adalah kemampuannya yang dapat mendeteksi suara dengan lebih cerdas. Selain itu, fitur ini juga akan memudahkan aktivitas para pengguna Windows 10 dalam melakukan berbagai hal terutama perintah dengan menggunakan media suara.

Adapun beberapa contoh yang bisa dilakukan dengan menggunakan Cortana adalah mencari informasi, memberikan perangkat, menyusun jadwal, mencari dokumen di dalam komputer melalui suara yang dimasukkan.

Tidak sampai di situ saja, spesifikasi lain yang ditawarkan oleh Cortana adalah asisten personal Windows 10 ini dapat mempelajari preferensi dan juga kebiasaan dari penggunanya.

Bahkan, Cortana juga dapat digunakan untuk memutar musik, menceritakan berbagai macam lelucon, bahkan dapat dijadikan sebagai tempat untuk curhat layaknya asisten sungguhan.

2. Dukungan Voice, Pen dan Gesture

Kelebihan Windows 10

Dengan menggunakan Windows 10, Anda akan lebih mudah melakukan interaksi yang lebih alami dibandingkan dengan menggunakan versi Windows sebelumnya. Windows 10 dapat menginput interaksi baik itu menggunakan suara, gestur tubuh maupun pen.

Dengan kemampuannya yang seperti ini, menandakan bahwa kelebihan Windows 10 jauh lebih unggul dibandingkan dengan Windows sebelumnya.

Sebab Windows sebelumnya dalam melakukan interaksi input hanya menggunakan perintah standar seperti menggunakan mouse atau layar sentuh saja.

Baca Juga: Cara Aktivasi Windows 10

3. Tombol Start & Live Tiles di Windows 10

Kelebihan Windows 10

Pada versi Windows 8.1 para pengguna merasa kehilangan tombol start dimana tombol ini merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Windows selama berpuluh-puluh tahun.

Namun, kini dengan munculnya Windows 10 tombol start kembali hadir layaknya Windows 7. Dengan kembalinya tombol start membuat para pengguna semakin familiar dengan tampilan Windows ketika digunakan.

Tidak hanya tombol start saja yang menjadi kelebihan Windows 10, namun adanya fitur live Tiles yang dahulunya ada pada Windows 8 kini dipertahankan kembali dengan upgrade terbaru.

Dengan adanya pembaruan ini membuat pengguna lebih mudah membuka Live Tiles tanpa harus repot membuka aplikasinya.

Baca Juga: Cara Update Windows 8

4. Welcome Microsoft Edge, Goodbye Internet Explorer

Microsoft Edge

Dengan hadirnya Windows 10 berarti pertanda bahwa Anda harus mengucapkan selamat tinggal kepada Internet Explorer. Sebab, saat ini Windows 10 telah menghadirkan browser terbaru yang bernama Microsoft Edge.

Kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft Edge adalah kemampuannya yang dapat digunakan untuk mencoret, menggambar serta memberikan catatan pada halaman web. Menariknya lagi, Anda bisa langsung membagikan hal tersebut kepada rekan-rekan sesama pengguna.

Tidak sampai di situ saja, adanya kombinasi antara Cortana dengan Microsoft Edge juga semakin memudahkan Anda dalam melakukan pencarian jawaban hanya dengan kata yang ingin diketahui lalu klik kanan.

Dengan demikian Cortana akan langsung memberikan keterangan yang lebih lengkap dari frasa yang sudah disebutkan tersebut.

Bahkan dengan mengaktifkan reading view Microsoft Edge membuat para pengguna menjadi lebih nyaman terutama saat membaca halaman web atau melakukan penyimpanan halaman untuk dibaca lebih lanjut.

Baca Juga: Cara Instal Windows 10

5. Hadirnya Windows Store Terbaru

windows store

Kelebihan Windows 10 yang lainnya adalah munculnya Windows Store. Jadi, Windows store ini bisa dikatakan sebagai tokonya aplikasi. Di Windows Store Anda dapat mengunduh berbagai macam aplikasi, video, permainan ataupun musik.

Untuk mendapatkan semua ini, para pengguna hanya perlu mengakses Windows Store dan di sana Anda akan menemukan semua aplikasi, game, musim maupun video terbaru yang diinginkan.

Bahkan Windows Store juga menjadi one stop shopping yang paling lengkap untuk mencari berbagai macam aplikasi populer secara gratis maupun berbayar.

Di sini Anda juga dapat menemukan TV Show, full, dan masih banyak lainnya yang bisa diakses dengan menggunakan Windows 10.

Semua konten yang ada pada Windows Store juga sudah disertifikasi oleh Microsoft. Jadi sudah terjamin keamanan dari perangkat ini untuk digunakan.

Windows Store juga tidak hanya menyediakan aplikasi yang ada pada Windows 8.1. Namun ia juga menyediakan aplikasi universal Windows terbaru seperti twitter, games, aplikasi bisnis, portal berita Indonesia dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Cara Instal Windows 8 dan 8.1

6. Virtual Desktop dan Multi-Doing

Virtual Desktop

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Windows 10 adalah kemampuannya yang dapat mendukung multi dekstop. Kelebihan ini tidak hanya mendukung 1 dekstop saja melainkan 3 dekstop sekaligus dalam satu layar.

Dengan adanya kelebihan ini memungkinkan para pengguna melihat 3 dokumen sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Sehingga, dalam melakukan pekerjaan, pengguna dapat menyelesaikannya dengan cepat hanya dengan melakukan drag and drop pada dekstop.

7. Adanya XBOX, Aplikasi Built in dan Office Mobile

XBOX windows 10

Tahukah Anda apa itu XBOX? Jadi, XBOX adalah sebuah sebuah game yang sudah disediakan oleh Windows 10. Nah, Windows 10 telah mendukung secara penuh game satu ini bahkan pengguna dapat membagikan hasil permainan secara langsung kepada pemain lainnya.

Tidak hanya itu, selain XBOX, Windows 10 juga menawarkan kelebihan dimana Windows ini sudah menghadirkan berbagai macam aplikasi bawaan seperti Maps, Photos, Aplikasi musik, Groove, Film dan juga seri TV.

Adapun untuk proses sharing file yang dilakukan secara could juga dapat dilakukan oleh Windows 10 dengan menggunakan OneDrive.

Baca Juga: Cara Update Windows 10

8. Continuum – Konektivitas Antar Perangkat

Kelebihan Windows 10 Ada Continuum

Continuum menjadi salah satu kelebihan Windows 10 selanjutnya. Jadi, Continuum merupakan fasilitas konektivitas antar perangkat. Untuk menggunakan fasilitas ini, pengguna hanya perlu menghubungkan smartphone dengan PC atau laptop yang telah menggunakan Windows 10.

Dengan demikian, tampilan smartphone akan langsung muncul pada PC atau laptop maupun sebaliknya. Selain itu, untuk melakukan interkoneksi sesama Windows, pengguna juga dapat lebih mudah melakukannya dengan menggunakan Microsoft Phone companion App.

Jadi, para pengguna Android, iPhone, Windows Phone dapat terhubung dengan semua perangkat Windows secara langsung.

9. Free Upgrade Windows 10

Free Upgrade Windows 10

Kelebihan Windows 10 selanjutnya adalah dimana untuk melakukan upgrade, para pengguna dapat menikmatinya dengan gratis.

Jadi, untuk Anda para pengguna Windows 8 dan Windows 8.1 yang ingin mencoba dan menjajal Windows 10, kini Anda dapat melakukannya dengan mudah, hanya saja, fasilitas dari upgrade gratis ini hanya dapat dilakukan pada Windows 7 dan 8.1 yang original.

Untuk Anda yang laptop atau PCnya terpasang Windows bajakan, maka untuk melakukan pengupgradan harus membayar. Adapun Windows 10 ini juga hadir dalam dua bentuk yakni Windows 10 home dan Windows 10 Pro.

Windows 10 Home dapat digunakan untuk Windows 7 Home basic dan juga Windows 7 Home Premium., Windows 8 dan juga Windows 8.1.

Sedangkan untuk Windows 10 Pro hanya dapat digunakan secara gratis oleh Windows 7 Pro dan Windows 8, 8.1 Pro, Ultimate dan juga Windows 7 Professional saja.

Nah, untuk melakukan upgrade, ada baiknya jika Anda perlu memeriksa terlebih dahulu apakah Windows yang digunakan asli atau bajakan.

Jadilah pengguna Windows yang asli karena di sana Anda akan mendapatkan banyak kelebihan salah satunya bisa memperbarui ke dalam versi Windows 10.

Sedangkan untuk para pengguna yang belum memiliki Windows 7 ataupun 8 yang original, untuk memiliki Windows 10 Home Anda harus membayarnya sebesar USD 119 atau setara dengan Rp. 1,6 juta.

Sedangkan untuk Windows 10 Pro, Anda harus membayar USD 199 atau setara dengan Rp. 2,6 juta. Sementara jika Anda menggunakan Windows home dan ingin mengupgrade ke Pro.

Maka Anda harus membayar USD 99 atau setara dengan Rp. 1,3 juta. Bukankah harga ini sangat mahal? Untuk itu, jangan coba-coba untuk ganti Windows original dengan versi bajakan.

Baca Juga:

10. Windows Hello – Security Deteksi Biometric

Windows Hello

Jika pada Windows sebelumnya untuk melakukan pengamanan harus menggunakan password, maka hal ini tidak akan berlaku lagi pada Windows 10.

Sebab, Windows 10 memiliki keamanan dengan nama Windows hello dimana sistem keamanan ini akan membuat pengguna lebih cepat, nyaman dan mudah dalam melakukan proses sign in ke perangkat.

Adapun caranya adalah hanya dengan melakukan scan wajah atau jari saja. fitur deteksi keamanan terbaru ini dibuat secara biometrik dimana hal ini menjadi salah satu kelebihan Windows 10.

Dengan adanya sistem keamanan ini, maka orang lain yang bukan pemilik laptop atau PC tidak dapat membuka perangkat dengan mudah.

Sehingga kerahasiaan dokumen yang tersimpan di dalam akan jauh lebih aman dibandingkan dengan sebelumnya. sebab, manusia memiliki sidik jari dan wajah yang berbeda-beda meskipun kembar identik sekalipun.

Dengan 10 kelebihan Windows 10 di atas tentunya menjadi bukti bahwa sistem operasi ini lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Selain itu, kecanggihan teknologi yang ditawarkan oleh Windows 10 juga semakin mempermudah para pengguna dalam mengoperasikan PC atau komputer yang digunakan.

Selain itu, dengan sistem keamanan yang lebih baru dan lebih aman membuat para pengguna lebih tenang ketika meninggalkan PC dengan banyak dokumen penting di dalamnya.

BlogPress Strategi Blogging & Marketing. Tips Seputar Bisnis Online, Internet Marketing, Desain dan Teknologi.

Apa Itu HDD?

BlogPress
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *