10 Rekomendasi Aplikasi Perpustakaan Terbaik

10 Aplikasi Perpustakaan Terbaik di Smartphone Android – Untuk saat ini, hampir semua hal bisa dilakukan secara online. Termasuk aktivitas membaca. Ia kan? Di mana, dengan mengandalkan aplikasi perpustakaan terbaik, anda dapat membaca kapanpun dan dimanapun anda mau.

Menarik sekali bukan? So, adalah salah besar jika orang orang beranggapan bahwasanya teknologi hanya seputar hal hal kesenangan belaka, tanpa adanya manfaat di dalamnya. Padahal sebenarnya, dampak baik buruknya teknologi tergantung bagaimana anda menggunakannya.

Jika digunakan untuk membaca, tentu akan sangat baik kan? Nah, untuk anda yang ingin membaca secara digital, membaca apapun, bisa memanfaatkan aplikasi model ini. Buat yang penasaran, bisa simak beberapa rekomendasinya berikut ini ya. 

Aplikasi perpustakaan terbaik

Berikut ini merupakan beberapa aplikasi yang patut buat dipertimbangkan. Nantinya, tinggal pilih saja sesuai kebutuhan. Anda bahkan boleh dan bisa menggunakan lebih dari dua aplikasi loh. Nggak ada batasan minimal berapa aplikasi yang bisa digunakan.

Yang penting, ruang penyimpanan ponsel anda memadai untuk menampung semua aplikasi-aplikasi tersebut. Jadi, nggak perlu repot repot buat ke perpustakaan ya hanya untuk membaca segudang buku. Tinggal manfaatin saja aplikasi model ini. Oke, daripada penasaran, mending langsung simak rekomendasinya berikut. 

iPusnas

Untuk rekomendasi yang pertama adalah ipusnas. Di mana, aplikasi ini merupakan milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ya. Pihak pemerintahan atau pengelola melakukan kerjasama dengan Aksaramaya dalam meluncurkan aplikasi ini. Anda bisa memanfaatkan ipusnas sebaik mungkin.

Kapanpun dan dimanapun anda mau. Di dalamnya ada banyak sekali fitur fitur menarik yang patut buat dimanfaatkan. Salah satunya adalah fitur media sosialnya. Dengan fitur ini, semua pengguna ipusnas dapat berkomunikasi dengan berinteraksi ke semua pengguna ipusnas juga ya.

Kemudian, ada juga fitur lain yang nggak kalah kerennya. Yakni epustaka. Dengan bantuan fitur ini, anda bisa menjadi anggota banyak perpustakaan digital loh.

Gimana, menarik banget kan? Ada fitur feednya juga. Untuk fitur feed sendiri bisa digunakan saat anda mau memantau aktivitas para pengguna yang lainnya. Dan masih banyak fitur keren lainnya. Kalau penasaran, bisa langsung download ipusnas sekarang juga. 

iJakarta

Kalau aplikasi perpustakaan terbaik yang pertama merupakan aplikasi keluaran pemerintahan tanah air, maka aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta, sesuai dengan namanya lah ya. Ada kesamaan aplikasi ijakarta dengan aplikasi sebelumnya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Convert Word ke PDF Terbaik

Salah satunya adalah dari fitur. Kesamaan fiturnya ada pada fitur media sosialnya. Jadi, keren banget kan? Karena dengan fitru ini anda bisa bangte memperoleh teman yang baru, kemudian melakukan diskusi tentang buku buku yang sudah dibaca.  Selain menambah pengetahuan, menambah pengalaman juga kan?

Adapun fitur lainnya yang juga bisa ditemukan di dalam aplikasi ini adalah feed, kemudian epustaka, buku buku elektronik, dan yang lainnya. Untuk yang tertarik dengan aplikasi satu ini bisa download dan gunakan aplikasinya sekarang juga.

iSantri

Untuk aplikasi isantri ini merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun, terlebih lagi oleh para santri ya. Santri yang kerap diidentikkan dengan kekunoan telah membuktikan eksistensinya, bahwasanya mereka nggak kuno. Dengan hadirnya aplikasi ini, para santri bakalan ngerasa terbantu banget.

Karena bisa membaca kapanpun dan dimanapun mereka mau. Isantri sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak Kementrian Agama Republik Indonesia. 

Anda bisa membaca buku atau meminjam buku dengan sangat mudah. Di dalamnya juga terdapat berbagai macam fitur keren yang menarik, nggak kalah bagusnya deh dengan aplikasi aplikasi sebelumnya. Kayak fitur buat meminjam buku, feed, ereader, dan yang lainnya. Yuk belajar banyak hal dari aplikasi isantri sekarang.

AnyBooks

Adapun rekomendasi aplikasi perpustakaan terbaik yang berikutnya adalah anybooks. Yang kalau kita artikan, mungkin berarti apapun bukunya. Yes, ini menunjukkan bahwasanya anybooks punya segudang koleksi yang bisa dinikmati oleh semua orang.

Apapun genre bacaan yang anda inginkan, maka nggak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi ini. Karena di dalamnya bisa anda temukan segudang buku sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari yang bergenre horor, kemudian romance, biografi, sejarah, dan yang lainnya.

Nggak cuma itu saja, aplikasi ini bahkan punya kamus yang dapat membantu anda memperbanyak kosa kata dalam bahasa Inggris.

Gimana, keren sekali bukan? Dengan bantuan anybooks, anda bisa membaca buku kapanpun dan dimanapun. Selain itu, ada juga fitur reviewnya loh. Di mana, anda dapat memberikan review terhadap buku yang telah anda baca. Kalau tertarik dengan anybooks, silahkan download aplikasinya sekarang juga. 

ePerpus

Sementara untuk rekomendasi yang berikutnya adalah eperpus. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak Gramedia Digital Nusantara. Pasti kenal dan pernah dengar dong nama eperpus? Atau, pasti sudah kenal juga kan dengan Gramedia?

Bagi pecinta karya karya atau tulisan tulisan yang ada di Gramedia, maka aplikasi ini merupakan pilihan yang paling tepat untuk anda gunakan. Karena para anggota aplikas dapat membaca buku. Nggak itu saja, para anggotanya bahkan juga bisa bangte loh meminjam buku yang diinginkan.

Baca Juga :  10 Aplikasi Rekam Suara PC Jernih dan Berkualitas

Bisa pinjam dan membaca koran dan digital juga. Kapan pun anda mau, silahkan pinjam dan baca koleksi koleksi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Selain menyediakan bacaan bacaan yang diterbitkan oleh Gramedia, di dalamnya juga masih banyak kok tulisan yang terbit di penerbit penerbit lain. Kayak Mizan, Elex Media Komputindo, dan yang lainnya. Tertarik menggunakannya? Download aja aplikasinya sekarang. Gratis loh.

T-Perpus

Sebagaimana beberapa aplikasi di atas, t perpus ini juga merupakan aplikasi yang bisa digunakan secara gratis. Bagi anda yang suka membaca buku, tampaknya wajib mempertimbangkan keberadaan aplikasi ini deh. Karena di dalamnya ada segudang ebook yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun itu.

Nantinya tinggal pilih saja kategori yang sesuai dengan keinginan. Anda bisa meminjamnya loh. Kemudian, dengan banyaknya fitur fitur di dalamnya memungkinkan anda buat menemukan banyak judul buku yang favorit sesuai dengan keinginan dan kesukaan. Yuk download aplikasinya sekarang juga, dan baca koleksi koleksi yang ada di dalamnya.

Wattpad

Dewasa ini, siapa sih yang nggak kenal dengan wattpad? Tampaknya, memang hampir semua orang sudah kenal dengan aplikasi yang satu ini. Dan nggak mengejutkan sih. Karena memang ada segudang keunggulan yang membuatnya banyak disukai oleh orang orang.

Terlebih lagi oleh mereka yang suka membaca novel. Karena memang, banyak sekali novel menarik yang ada di dalamnya. Anda bahkan nggak hanya bisa memanfaatkan aplikasi wattpad ketika ingin membaca buku saja. Tapi juga memungkinnakn anda unutk menulis novel anda sendiri. 

Hitung hitung bisa buat latihan menulis kan? Dan kabar baiknya lagi, ketika menulis di sini, anda bisa memperoleh penghasilan tambahan yang tergolong menggirukan loh.

Bagi yang tertarik dengan dunia tulis menulis, bisa mempelajari cara memperoleh penghasilan dari aplikasi ini. Tenang saja, karena sudah sangat banyak kok orang orang yang ngebahas tutorialnya. Dan ini adalah waktunya anda membaca, tapi juga menulis. Dan memperoleh banyak keuntungan.

Handy Library

Rekomendasi aplikasi perpustakaan terbaik yang berikutnya adalah handy library. Aplikasi ini memungkinkan anda buat memindai isbn sebuah buku, kemudian memperoleh informasi tentang buku tersebut. Nggak cuma itu saja, bahkan setelah memindai isbn nya, anda bisa juga meminjamnya loh, atau bisa juga cuma membacanya saja.

Gimana, keren sekali bukan? Di dalamnya sudah tersedia banyak fitur fitur menarik yang bisa digunakan.  Manfaatkan saja semua fitur fitur yang ada di dalamnya.

Bahkan yang paling menariknya adalah, di dalamnya sudah didukung dengan banyak bahasa. Malah, sudah lebih dari 10 an bahasa loh. Mulai dari Inggris, kemudian Turki, sampai dengan Indonesia tentunya. Bagi kaum gratisan, langsung download aja aplikasinya sekarang. Kapan lagi kan bisa membaca buku secara online tapi cuma cuma?

Baca Juga :  Cara Top Up Gopay

Buku Sekolah Elektronik

Untuk aplikasi lainnya yang juga patut buat digunakan adalah buku sekolah elektronik. Aplikasi perpustakaan terbaik yang satu ini merupakan aplikasi yang wajib ada di ponsel anda. Karena bisa banget dimanfaatkan oleh anda yang sudah punya anak, atau punya keponakan usia sekolah.

Karena di dalamnya ada segudang buku buku sekolah digital yang bisa diakses. Adapun format bukunya adalah pdf ya. Nah untuk jumlahnya sudah lebih dari 5000 an buku loh. Banyak sekali bukan? Mulai dari  buku buku yang kurikulum 2016 atau yang 2013.

Lengkap deh. Nggak cuma itu saja, di dalamnya juga bahkan ada buku pengetahuan Agama Islam, ada buku Bahasa Inggris, Bahasa Sunda, dan yang lainnya. Nggak cuma sampai situ saja, aplikasi ini bahkan juga punya kamus offline yang bisa diakses. Gimana, menarik banget kan?

Aplikasi Perpustakaan Islam

Rekomendasi yang terakhir adalah aplikasi perpustakaan islam. Dari namanya pasti sudah ketebak, kalau ia adalah aplikasi yang sangat pas untuk para muslim. Karena menyediakan bacaan bacaan yang berbau agama.

Untuk anda yang ingin membaca dan belajar agama, tapi belum punya rezeki untuk membeli buku buku agama, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi yang satu ini deh. Karena di dalamnya banyak koleksi buku islami yang tergolong lengkap.

Mulai dari tafsir ibnu katsir, kemudian ada al qurannya juga, ada tafsir jalalain, kamus, panduan makanan halal, buku hadits shahih muslim, dan yang lainnya.

Selain menyediakan banyak koleksi buku buku agama terbaik, ada banyak fitur fitur menarik juga yang bisa anda akses. Untuk yang muslim, kami sarankan untuk mendownload aplikasi ini deh. Lumayan kan, bisa belajar agama dari manapun dan kapanpun. 

Oke, itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi dari kami. Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang sekiranya dibutuhkan. Kalau memang mau menggunakan lebih dari dua aplikasi juga bisa banget kok kalau memang memungkinkan. Karena ini tergantung dengan kapasitas penyimpanan ponsel anda.

Jika memang masih banyak ruang penyimpanannya, kami sarankan untuk menggunakan lebih dari tiga aplikasi. Karena kan masing masing aplikasinya beda ya. Beda tampilannya, beda fiturnya, beda juga koleksi koleksi yang dimilikinya. So, silahkan memilih. Semoga bermanfaat, semoga membantu, dan yang jelas selamat mencoba ya.