Tips Jualan Online Laris di WA, FB, Shopee dan TikTok 2023

Anita Apprilia

Tips Jualan Online Laris

Tips Jualan Online Laris di WA, FB, Shopee dan TikTok 2023  – Untuk saat ini, berjualan bisa menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan yang cukup seksi untuk dilakukan oleh siapapun. Apalagi, proses jualan di masa kini sudah beda banget dengan proses jualan beberapa tahun lalu.

Salah satu perbedaan yang paling terlihat adalah media yang digunakan untuk berjualan. Kalau zaman dulu sih, orang orang jualan hanya dengan menggunakan metode konvensional, alias door to door, dan yang lainnya. Tapi kalau sekarang sudah ada media modern yang bisa digunakan.

Salah satunya adalah media sosial yang beredar. Bukankah ini sangat menarik? Itu artinya, proses jualan di masa kini menjadi lebih mudah dan sederhana, dan nggak sekompleks proses berjualan beberapa tahun lalu.

So, jika ada diantara anda yang tertarik dan ingin berjualan menggunakan media sosial, harus tahu sih tips jualan online laris dulu. Karena dengan menggunakan tips jualan online laris ini bisa membuat anda lebih memahami apa saja langkah langkah yang bisa diambil selama menjalankan proses jualan nantinya. 

Tips Jualan Online Laris

Tahu nggak sih, bahwasanya jualan online merupakan salah satu cara mendapatkan penghasilan yang sederhana, yang bisa dilakukan oleh siapapun. Bagi siapapun yang mungkin saat ini pengen mendapatkan penghasilan tambahan, bisa banget nih mencoba berbisnis.

Entah itu untuk mendapatkan penghasilan tambahan ataupun penghasilan utama. Yang jelas, untuk mendapatkan keuntungan yang banyak dari bisnis yang dijalankan membutuhkan waktu dan proses yang lumayan lama ya.

Maka dari itu, anda meski bersabar dan menikmati proses yang ada. Oke, berikut ini adalah beberapa tips jualan online laris berikut.

Pilih Marketplace yang Tepat

Tips jualan online laris pertama adalah dengan memilih marketplace alias tempat yang tepat untuk berjualan. Sebagaimana kita ketahui, ada banyak sekali aplikasi atau marketplace yang beredar di internet, dan bisa digunakan.

Dan menariknya, di antara banyaknya marketplace yang ada, nggak semuanya cocok dan recomended buat digunakan. Sehingga anda meski bisa memilih mana kiranya marketplace yang cocok buat digunakan oleh bisnis anda.

Dalam hal ini, anda bisa banget nih memilih marketplace yang populer dan banyak digunakan oleh orang orang. Karena biasanya, aplikasi marketplace yang terkenal atau pop adalah aplikasi yang punya banyak pengguna. Itu artinya, akan memudahkan anda dalam mendapatkan pelanggan di sana.

Dalam hal ini, anda bisa memilih shopee, kemudian lazada, tiktok, atau yang lainnya. Jika sudah selesai memilih marketplace yang kiranya cocok, anda bisa melanjutkannya dengan download aplikasi tersebut, dan membuat akun.

Memberikan Keterangan yang Jelas

Untuk tips jualan online laris yang berikutnya adalah dengan memberikan keterangan yang jelas. Ketika berjualan, anda harus memberikan keterangan yang jelas terhadap jualan yang anda tawarkan di dalam aplikasi. Hal ini agar memudahkan para calon pelanggan memahami dan mengetahui spek produk yang anda jual.

Dan informasi ini adalah informasi yang dibutuhkan oleh para calon pengguna atau para calon pembeli loh. Sehingga, mereka nggak perlu lagi yang namanya repot repot bertanya kepada anda, mengenai produk yang ditawarkan.

Promosi di Sosmed

Media sosial mempunyai peranan yang sangat penting bagi para pedagang online. Karena nggak bisa dipungkiri, bahwasanya sosial media merupakan salah satu alat yang bisa menunjang hasil penjualan anda.

Di mana, hasil penjualan anda bisa meningkat cukup besar ketika anda bisa memanfaatkan dan mengandalkan media sosial dengan baik. Apalagi sekarang, sosial media adalah hal yang penting untuk saat ini. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan wa, kemudian facebook, instagram, dan media sosial yang lainnya.

Dan kalau bisa sih, jangan lupa untuk membuat akun jualan khusus, dan membuat akun pribadi anda. Untuk promosinya, bisa menggunakan kedua akun tersebut. Dan di sana, tinggal gencarkan saja promosi produk produk anda dengan baik. 

Menggaet Influencer

Untuk tips jualan online laris yang selanjutnya adalah menggaet influence. Tidak bisa dipungkiri, bahwasanya menggaet influencer adalah salah satu tips yang juga sangat menarik dan cukup efektif buat digunakan.

Nggak heran sih, kalau akhirnya semakin banyak orang orang alias para pebisnis yang mencoba menggoda influencer agar mereka bisa meningkatkan banyak pembeli. Hal ini karena influencer kan punya banyak followers di media sosial mereka sendiri.

Dan nantinya, mereka yang bakalan mempromosikan dagangan anda.  Karena memiliki pengikut yang banyak, maka produk anda berkesempatan dikenal oleh banyak orang. 

Membuat Kemasan yang Menarik

Meskipun barang yang anda jual ditawarkan secara online, namun kemasan juga harus menjadi hal penting yang diperhatikan loh. Karena kemasan produk sendiri bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna. So, sebagai penjual online, anda harus bisa mendesain produknya sebaik mungkin ya.

Hal ini agar banyak orang yang tertarik. Dan pemilihan kemasan menjadi pembeda antara produk yang anda jual, dengan yang dijual oleh para pedagang yang lainnya.

Jika anda nggak bisa desain, alias mendesain kemasan sendiri, maka anda bisa banget kok menggunakan jasa desain. Karena untuk saat ini sudah sangat banyak kok jasa desainer yang tersedia di internet. 

Berikan Promo

Adapun tips jualan online laris yang berikutnya adalah memberikan promo. Promo juga termasuk salah satu tips jualan yang banyak dipilih oleh para penjual online loh.

Dan sebenarnya, nggak susah kok memberikan promo. Karena anda bisa kok membuat strategi dulu, agar promonya tetap mendatangkan untung kepada anda. Kalau perlu sih, ya harus belajar dulu ya. Agar nggak sampai kecolongan, alias nggak bakalan merasa dirugikan. 

Oke, demikian pembahasan mengenai beberapa tips jualan online laris yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba.

Artikel Terkait

Bagikan: