Cara Membuat Kartu Nama Secara Online

Cara Membuat Kartu Nama

BlogPress.ID – Hallo pembaca, di halaman ini kita akan belajar tentang cara membuat kartu nama secara online. Baik kartu nama untuk pribadi, perusahaan, bisnis, atau promosi.

Karena ini pembuatan kartu nama secara online. Jadi mohon maaf ya yang mencari panduan membuat kartu nama dengan Word, PhotoShop, atau CorelDraw.

Cara Membuat Kartu Nama Online

Nah, kita akan menggunakan situs Canva untuk membuatnya. Sebenarnya ada beberapa situs yang bisa digunakan untuk membuat kartu nama secara online.

Tapi di sini kita akan menggunakan Canva sebagai media pembuatnya. Sebagaimana slogan Canva, “Membuat Kartu Nama Profesional dalam Hitungan Menit”.

Berikut Adalah 6 Langkah Membuat Kartu Nama dengan Canva

1. Buat Akun Canva

Yang pertama, kamu harus buat akun di Canva dulu jika belum memilikinya. Kamu bisa daftar dengan akun google atau facebook.

Daftar Canva

2. Pilih Kartu Nama

Setelah berhasil daftar membuat akun. Anda akan dihadapkan dengan tampilan dashboard seperti gambar di bawah. Pilih Template Kartu Nama, bisa juga mencarinya melalui kotak pencarian.

Sampai di sini, anda langsung bisa mengedit template kartu nama tersebut. Tapi ukurannya default dari Canva. Jika anda ingin mengatur ukurannya, lihat langkah nomor 3 di bawah.

Pilih kartu nama

3. Menentukan Ukuran

Selain desain, hal terpenting lainnya dalam pembuatan kartu nama adalah menentukan ukuran. Sebab, ukuran ini berkaitan erat dengan cara menyimpan orang yang menerimanya.

Yaitu ukuran yang pas di saku atau dompet mereka. Dalam hal ini, anda sangat disarankan untuk mempelajarinya lebih dulu di ukuran standar kartu nama.

Setelah mengetahui ukuran standarnya. Anda bisa mengatur ukurannya dengan klik “Dimensi Khusus”. Jangan lupa atur juga satuan ukurannya, saya sarankan satuan MM.

Menentukan ukuran kartu nama

4. Pilih Template

Selanjutnya, pilih template kartu nama sesuai keinginan anda. Di sini, ada ratusan template kartu nama yang bisa anda pilih.

Pilih Template Kartu Nama

5. Edit Template Kartu Nama

Setelah memilih template. Silahkan edit template kartu nama sesuka hati. Klik tulisan atau logo pada template untuk mengeditnya (Lihat tanda panah pada gambar).

Anda juga menyesuaikan ukuran font, warna, dll di bagian bar atas (Dalam kotak warna merah).

Edit Template Kartu Nama

6. Unduh/Cetak Kartu Nama

Setelah selesai mengedit. Anda langsung bisa mengunduhnya atau mencetaknya. Klik icon unduh seperti pada gambar untuk mendownloadnya.

Download kartu nama

Jika menginginkan. Anda juga bisa langsung mencetaknya di Canva. Klik “Cetak Kartu Nama” di sebelah tombol unduh. Anda bisa memilih jenis kertas, berapa lembar yang ingin dicetak. Harganya juga tertera.

cetak kartu nama

Tips Membuat Kartu Nama yang Keren

Ya, seiring dengan fungsi kartu nama yang penting, membuat kartu nama harus diperhatikan langkah-langkahnya. Dengan demikian, kartu nama yang Anda buat akan bagus hasilnya.

Nah, terkait membuat kartu nama, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan, seperti:

Logo Kartu Nama
Gambar Ilustrasi Logo Kartu Nama

Salah satu hal yang penting dalam membuat kartu nama adalah menyiapkan logo kartu nama yang tepat. Logo yang tepat akan membuat kartu nama terlihat lebih menarik dan istimewa.

Nah, dalam hal ini, Anda sebaiknya memilih logo perusahaan atau bisnis yang simple agar kartu nama Anda tidak terlihat begitu ramai dan penuh.

2. Sertakan Informasi Penting

info kartu nama
Sertakan info penting pada kartu nama

Sebagaimana diketahui bahwa kartu nama digunakan untuk melakukan promosi bisnis yang Anda miliki.

Oleh karena itu, informasi yang harus disertakan tentu haruslah informasi yang penting.

Beberapa informasi yang perlu ditampilkan adalah nama lengkap, nomor telepon, nama perusahaan, alamat perusahaan dan informasi sejenis.

Nah, dalam hal ini, Anda sebaiknya tidak menuliskan informasi lain yang dirasa tidak terlalu penting.

3. Warna yang Tepat

kartu nama oranye

Unsur pewarnaan menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam pembuatan kartu nama. Dengan warna yang tepat, kartu nama yang Anda buat akan terlihat lebih menarik.

Nah, oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih warna yang tepat dalam pembuatan kartu nama tersebut. Anda memang bebas untuk memilih warna dari kartu nama yang sesuai.

Warna yang cerah cenderung lebih cocok digunakan untuk unsur pewarnaan kartu nama tersebut. Beberapa tips di atas dapat menjadi pengetahuan baru untuk Anda.

Dengan adanya beberapa tips di atas, tentu Anda akan bisa lebih bijak dalam membuat kartu nama sehingga urusan bisnis Anda akan lebih lancar dan berkembang dengan lebih pesat.

Standar Kertas Kartu Nama

Selain standar dari ukuran kartu nama, hal lain yang cukup penting untuk diketahui adalah standar kertas dari kartu nama tersebut.

Ini adalah salah satu hal yang juga harus diperhatikan karena akan membuat pengaruh pada kualitas dari kartu nama tersebut.

Nah, dalam hal ini, ada beberapa jenis kertas kartu nama yang bisa Anda pilih dalam proses pembuatan.

Adapun beberapa jenis kertas untuk kartu nama tersebut adalah sebagai berikut:

1. Art Paper/Art Carton

Kertas Art Paper

Salah satu jenis kertas yang paling biasa digunakan adalah art paper dan art carton. Kertas ini menjadi pilihan karena cukup tebal dan juga tidak mudah rusak.

Ketebalan kertas ini sekitar 260gr dan sangat cocok untuk membuat kartu nama tersebut. Salah satu hal yang menarik dari jenis kertas ini adalah adanya kesan glossy pada permukaan.

Adanya kesan ini akan membuat kartu nama terlihat lebih berkilau dan hasilnya tentu akan terkesan lebih elegan dibandingkan dengan kertas jenis lainnya.

2. Mohawk Option

Kertas Mohawk Option

Jenis kertas lain yang juga sering digunakan adalah Mohawk option. Ini adalah salah satu jenis kertas untuk kartu nama yang memiliki tekstur lebih halus.

Kertas ini memiliki daya serap tinta yang istimewa sehingga akan membuat hasil lebih maksimal. Selain itu, Mohawk option memiliki gramatur 250 gr yang cukup tebal.

Nah, hal lain yang menarik dari kertas ini adalah Mohawk option bisa dicetak bolak-balik untuk menampilkan informasi yang lebih kompleks pada kartu nama.

3. Linen Jepang

Kertas Linen Jepang

Jenis kertas yang lain adalah Linen Jepang. Ini adalah jenis kertas lokal. Kertas memiliki garis-garis seperti berserat.

Tekstur uniknya bisa membuat kartu nama seakan lebih berkarakter dan juga bisa mewakili kesan dari perusahaan Anda.

Nah, demikian beberapa ulasan terkait cara membuat kartu nama secara online, tips pembuatan dan juga jenis kertas yang umum digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Contoh Banner Wisuda

Contoh Banner Ucapan Selamat Wisuda

Deskripsi: Contoh Banner Ucapan Selamat Wisuda. Sampel Banner yang Unik dan Keren untuk Sebagai Referensi Pembuatan Banner untuk Keperluan Wisuda. Wisuda adalah acara kelulusan yang sangat menggembirakan sekaligus membanggakan bagi…
Selengkapnya
banner warung makan

Banner Warung Makan dan Menu Makanan

Deskripsi: Contoh Banner Warung Makan yang Unik dan Menarik. Banner Usaha Makanan dan Minuman yang Dapat Mendatangkan Tindakan Pelanggan. Ramainya pengunjung warung makan tidak hanya dipengaruhi oleh rasa masakannya, karena…
Selengkapnya
Contoh Banner Wedding

Banner Wedding dan Pernikahan

Deskripsi: Contoh Banner Wedding Mohon Doa Restu dan Ucapan Selamat Datang untuk Acara Resepsi Pernikahan. Banner Pernikahan dengan Desain yang Unik dan Elegan. Sudah menjadi hal wajar jika sebuah resepsi…
Selengkapnya