Ukuran Kartu ATM Sesuai Standar

ukuran atm

Deskripsi: Ukuran Kartu ATM atau Credit Card yang Sesuai Standar. Konversi dalam Satuan MM dan CM. Ukuran Standar ATM Internasional. Cara Mengatur Size ATM pada Komputer.


ATM atau Anjungan Tunai Mandiri merupakan salah satu alat transaksi penting yang tidak asing lagi di masyarakat.

Walaupun ATM memiliki banyak jenis berdasarkan Bank yang mengelola, namun secara umum ATM yang digunakan di Indonesia memiliki ukuran yang sama.

Untuk mempermudah proses pembuatannya, maka ukuran ATM sesuai standar harus diketahui oleh pihak yang terkait.

Dengan menggunakan ukuran yang sesuai standar, akan banyak manfaat dan kemudahan yang diperoleh, baik dari pihak lembaga ataupun dari sisi penggunanya.

Walaupun ukuran dari kartu ATM ini tidak terlalu bermanfaat bagi masyarakat umum, namun bagi pihak terkait, seperti pembuat ATM, ataupun mesin ATM, informasi terkait ukuran standar ini menjadi sangat penting.

Ukuran Kartu ATM dalam MM dan CM

ukuran atm

Banyak masyarakat yang hanya tahu tujuan dan manfaat dari ATM, namun sedikit yang mengenal spesifikasi ATM yang digunakan mulai dari material hingga ukuran ATM yang sesuai standar.

Oleh sebab itu, untuk menambah wawasan Anda, berikut detail ukuran dari semua jenis ATM di Indonesia:

Panjang ATM dalam MM 85,60 MM
Lebar ATM dalam MM 53,98 MM
Panjang ATM dalam CM 8,56 CM
Lebar ATM dalam CM 5,39 CM
Sudut Tumpul Radius 2,88 MM – 3,48 MM

Ukuran ini mengikuti standar ISO dengan format ID-1. Walaupun di beberapa negara ada ukuran ATM yang sedikit berbeda.

Namun Indonesia menggunakan format ID-1 baik untuk ATM ataupun KTP, sehingga tidak heran jika ukuran kedua jenis kartu tersebut sama.

Baca Juga:

Ukuran Standar Kartu ATM Internasional

Ukuran Standar ATM Internasional

Dalam organisasi Internasional yang mengatur standar ukuran berbagai macam benda termasuk kartu.

Ada beberapa ukuran standar ATM yang bisa digunakan oleh seluruh negara di Dunia. Ukuran inilah yang selanjutnya digunakan oleh berbagai Bank di belahan dunia, yaitu:

  1. ATM ID-000, ukuran kartu ini tergolong sangat kecil, yakni berkisar 2.5 x 1.5 cm.
  2. ATM ID-1, ukuran ini sering digunakan di beberapa negara Asia, dengan detail 8.56 cm x 5.4 cm.
  3. ATM ID-2, ukuran kartu debit yang berada di posisi pertengahan, yakni 10.5 x 7.4 cm.
  4. ATM ID-3, adalah ukuran standar Internasional yang terbesar yakni 12.5 cm x 8.8 cm.

Walaupun terdiri dari banyak ukuran, namun ciri-ciri yang ada dalam kartu Anjungan Tunai Mandiri ini memiliki ciri fisik yang hampir sama antara satu dengan lainnya. Misalnya terdapat tulisan yang dicetak timbul, nomor kartu ataupun kode Bank.

Cara Mengatur Size ATM pada Komputer

Dalam beberapa kondisi, terkadang seseorang butuh melakukan foto kopi terhadap ATM yang dimiliki, baik untuk kepentingan data, ataupun koleksi pribadi.

Namun kenyataannya, keberadaan chip yang disimpan dalam kartu ATM membuatnya tidak boleh difoto kopi karena bisa membuatnya rusak.

Oleh sebab itu, jika Anda sangat mendesak ingin melakukan fotokopi tanpa merusak ATM maka harus memfoto secara manual baik melalui kamera atau HP.

Selanjutnya ukuran bisa disesuaikan dengan cara mengeditnya di komputer. Berikut adalah cara mengatur ukuran ATM pada komputer:

  1. Foto ATM dengan kamera pada posisi yang tegak, pastikan gambar dan tulisan terlihat jelas, serta tampilannya tidak miring.
  2. Masukkan foto melalui USB pada komputer.
  3. Cari folder foto, lalu klik kanan dan copy, selanjutnya di paste pada halaman Microsoft Word.
  4. Klik kanan pada gambar ATM, lalu pilih menu yang berada nomor 2 dari bawah, yakni size and position.
  5. Pada menu ini Anda akan menemukan kolom lock aspect ratio dan relative to original picture size, lalu hilangkan centang pada lock aspect ratio saja.
  6. Terakhir, Anda bisa mengatur ukuran lebar pada kolom Width dan tinggi pada kolom Height sesuai ukuran standar ATM yang dijelaskan sebelumnya.
  7. Tekan OK dan gambar ATM siap di print dalam format hitam putih agar menyerupai hasil fotokopi.

Ukuran standar ATM, selain bermanfaat bagi orang yang akan melakukan foto kopi, juga memiliki manfaat lainnya. Misalnya mempermudah pembuatan mesin ATM karena ukuran ATM di seluruh Indonesia sama.

Selain itu, dengan menggunakan ukuran tersebut akan akan mendukung tujuan praktis yang diperoleh dari pembuatan ATM, karena mudah digenggam dan disimpan dalam dompet.

Baca berita lainnya: Warta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Ukuran Kertas A2

Ukuran Kertas A2

Panjang dan lebar setiap kertas tentu berbeda-beda, salah satunya yaitu ukuran kertas A2 yang biasa digunakan dalam industri percetakan. Perbedaan tersebut bisa Anda temukan dengan melihat ketebalan masing-masing kertas. Perbedaan…
Selengkapnya