Cara Menggunakan WhatsApp di Mac

Cara Menggunakan WhatsApp di Mac – Beberapa tahun terakhir, WA masih menjadi salah satu aplikasi berkomunikasi yang paling digemari oleh banyak orang. Dan tampaknya, ini masih akan berlanjut sampai beberapa tahun ke depan.

Hal ini tentu dikarenakan banyaknya keunggulan yang ditawarkan oleh pihak wa. Iya kan? Bahkan belakangan ini, pihak Wa kerap melakukan perubahan perubahan, atau penambahan yang cukup signifikan terhadap aplikasi mereka.

Salah satunya adalah fitur komunitas yang dihadirkan. Dan biasanya, para pengguna wa lebih suka menggunakan aplikasi mereka lewat ponsel. Namun tetap saja, akan ada beberapa kondisi yang mengharuskan mereka untuk menggunakan yang versi web. Iya kan?

Nah kalau bagi pengguna windows, menggunakan wa versi web adalah hal yang mudah. Lantas, kalau bagi para pengguna mac bagaimana? Bagi yang penasaran, bisa simak cara menggunakan whatsapp di mac berikut ini. 

Cara menggunakan whatsapp di mac

Secara umum, ada beberapa cara menggunakan whatsapp di mac yang bisa anda coba. Mulai dari mengaksesnya lewat whatsapp web, kemudian menggunakan aplikasi yang versi desktop, sampai dengan menggunakan wa yang versi dari pihak ke tiga.

Dan kali ini, kita akan bahas ketiga tiganya. Nantinya tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan kebutuhan. 

Whatsapp web

Cara menggunakan whatsapp di mac paling umum adalah dengan menggunakan whatsapp web. Dan ini bukan hanya dialami dan dirasakan oleh para pengguna mac saja, tapi juga bagi para pengguna windows. Nah, di tahun 2015, tepatnya pada bulan Januari lalu, versi webnya memang sudah hadir.

Di mana, versi ini bisa digunakan dan diakses oleh sistem operasi windows dan juga mac. Versi whatsapp web ini sudah didukung oleh berbagai macam aplikasi prambanan loh. Mulai dari google chrome, kemudian firefox, atau yang lainnya.

Dan yang mesti menjadi catatan, ia belum didukung secara penuh di safari. Yang mana, saat menggunakan safari ketika membuka wa web, maka anda bakalan menemukan beberapa fitur yang hilang. Tapi tenang saja, kalau untuk fitur esensialnya masih tetap ada kok.

Yakni fitur buat chattingan dengan orang lain. Ketika akan menggunakan prambanan, maka anda dapat langsung masuk ke wa webnya dengan menggunakan kode QR, kemudian langsung mengakses berbagai macam percakapan yang ada.

Nah menariknya lagi, selain dapat mengirimkan dan menerima pesan, anda juga bisa banget kok membuka grup yang ada di wa, kemudian mengirimkan dan mengirim pesan suara, sampai dengan menerima notifikasi pada setiap pesan yang masuk.

Lantas, apa yang tidak ada? Atau, apa fitur yang hilangnya? Adapun fitur yang tidak akan anda temukan ialah notifikasi dna juga perekam pesan suaranya saja. Meskipun tidak ada notifikasi dan tidak bisa merekam suara untuk pesan, anda tetap bisa menerima dan mendengarkan pesan suara kok.

Kalau beberapa waktu lalu, ponsel anda meski tetap terhubung ke internet agar tetap bisa mengakses wa web. Iya kan? Namun sekarang justru sudah tidak lagi.

Karena wa sudah menghadirkan teknologi canggih. Di mana, anda tetap bisa berselancar di wa web meski ponsel yang ada aplikasi wanya tidak terhubung ke internet. Bukankah ini sangat menarik dan keren?

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Recording Android Terbaik dan Ringan

Menggunakan aplikasi wa untuk desktop

Cara menggunakan whatsapp di mac berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi wa. Ya, aplikasi ini ternyata bukan hanya bisa didownload dan diakses lewat ponsel saja. Tapi juga bisa didownload dan diakses lewat desktop.

Hal ini karena di bulan Mei, tahun 2016, tepatnya pada tanggal 10, pihak wa sudah meluncurkan aplikasi wa mereka untuk yang versi desktop nya. Dan siapapun bisa menggunakan versi tersebut. Kabar baiknya, aplikasi yang versi desktopnya juga bisa digunakan dengan mudah, dan gratis juga.

Gampang deh. Nggak kalah gampangnya dengan aplikasi pada versi ponselnya. Ketika sudah selesai mendownload aplikasi, maka anda bakalan menaruh aplikasi tersebut pada folder aplikasi pada mac, kemudian anda bakalan mendapatkan kode QR yang unik.

Lalu, silahkan buka wa pada ponsel. Berikutnya, silahkan klik di bagian ikon berbentuk titik kecil berjumlah tiga buah yang terletak di sebelah kanan bagian atas, dan pilih yang tulisannya whatsapp web. Dengan demikian, maka anda sudah berhasil memiliki scanner kode QR nya, dan bisa langsung dipindah saja.

Yakni dengan membuka aplikasi mac yang sudah terinstall pada mac. Kemudian pindai kode QR nya. Gampang banget kan?

Dan sekarang, anda sudah bisa memanfaatkan dan menggunakan aplikasi tersebut, layaknya aplikasi wa pada ponsel. Menarik sekali bukan? Ini adalah cara yang pas bagi siapapun yang malas bolak balik harus login dengan menggunakan whatsapp web.

Aplikasi Pihak Ketiga

Sementara yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jadi, selain dapat menggunakan kedua cara di atas, anda juga bisa banget kok menggunakan aplikasi pihak ketiga. Di mana, aplikasi ini juga tidak kalah bagus dan berkualitasnya dengan wa.

Adapun nama aplikasinya adalah aplikasi chit chat. Sebuah aplikasi yang masih belum juga bisa ditemukan pada app store mac. Sehingga kalau mau mendownloadnya, maka anda meski mendownload di github. Sebagaimana halnya penggunaan wa, anda juga bisa banget kok menggunakan aplikasi ini dengan sangat mudah.

Yang penting, download dulu aplikasinya. Kalau sudah selesai di download, maka anda bakalan menemukan sebuah menu yang bisa digunakan saat akan login. Yakni dengan menggunakan kode QR. Kalau sudah, ya tinggal dipindai saja kodenya.

Gampang kan? Namun kami percaya, bahwa orang orang di sekeliling anda lebih banyak yang menggunakan wa kan? Sehingga sudah pasti akan membuat dan menuntut anda buat menggunakan kedua cara di atas. Sebba dengan wa, anda bisa terhubung ke orang orang, dan mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan. 

Oke itulah dia sekilas mengenai cara menggunakan whatsapp di mac yang bisa anda coba sendiri. Semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba ya.