VGA adalah: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Anda sebagai orang awam di dunia teknologi, mungkin masih asing dengan istilah VGA. VGA card merupakan salah satu hal yang penting meskipun sebenarnya VGA adalah salah satu perangkat pendukung dalam komponen PC.

VGA dengan kualitas tertentu biasanya sangat berpengaruh terhadap kualitas grafis yang akan ditampilkan pada monitor. Oleh sebab itulah mengapa sebagian besar gamer memerlukan VGA dengan kualitas terbaik. 

Pada artikel ini Anda akan mempelajari berbagai hal tentang VGA, mulai dari pengertian, fungsi, dan juga jenis-jenisnya.

Pengertian VGA Card

Pengertian VGA

VGA merupakan salah satu komponen pendukung sebuah komputer yang memiliki fungsi mengolah grafik data untuk ditampilkan pada monitor layar komputer. VGA adalah singkatan dari video graphic accelerator yang mana memiliki sebuah prosesor yang bisa Anda sebut sebagai CPU.

Karena VGA memiliki kerja untuk mengolah grafik data, tentu saja ia akan membutuhkan sebuah memori untuk menampung grafik yang sudah VGA proses. 

Dulunya, VGA merupakan istilah yang sering terdengar  untuk sebuah layar yang memiliki resolusi 640 x 480 piksel. Namun, kini penyebutan VGA ini tidak hanya terbatas pada ukuran resolusi layar saja, melainkan juga untuk menyebutkan kartu grafis yang menerjemahkan tampilan komputer ke monitor atau layar.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, bermain game maupun bekerja dalam hal desain grafis, memerlukan kartu grafis VGA dengan kapasitas dan kualitas terbaik. 

Oleh sebab itu, alat bernama VGA akan sangat berpengaruh terhadap tampilan layar yang menampilkan data game maupun aplikasi desain grafis yang memiliki ukuran sangat tinggi. 

Fungsi VGA Card

Fungsi VGA 

VGA card berfungsi untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital. Komputer akan memberikan sinyal digital ke layar monitor, sementara VGA card berperan sebagai pihak yang memprosesnya. 

Fungsi sederhana dari VGA card ini sendiri adalah sebagai penerjemah output dari komputer ke monitor. Dalam proses ini, komponen lain seperti RAM turut serta untuk menyimpan proses pengolahan performa.

Namun tak hanya itu, VGA card juga memiliki beberapa fungsi lain. Berbagai fungsi VGA adalah sebagai berikut

  • Tampilan monitor menjadi lebih halus, nyata, dan tajam
  • Bermanfaat untuk mempermudah monitor dalam menampilkan gambar atau desain grafik
  • Tampilan game menjadi lebih berkualitas
  • VGA bermanfaat untuk melakukan setting pada objek grafis di Windows
  • Kombinasi warna lebih tajam satu sama lain
  • VGA berfungsi untuk menghubungkan komputer ke Oma PC maupun laptop dengan bantuan HDMI ke TV
  • Menyimpan data yang berasal dari hardisk

Apa Saja Jenis-jenis VGA?

VGA merupakan salah satu komponen pada komputer yang terdiri dari berbagai jenis. Berikut ini jenis VGA yang umum di pasaran. Anda punya yang mana?

VGA Onboard

Sesuai dengan namanya, VGA yang satu ini merupakan jenis yang sudah terintegrasi langsung dengan motherboard di komputer. Sehingga, Anda tidak memerlukan lagi VGA Card.

Jika Anda ingin upgrade VGA dengan jenis VGA Card, Anda bisa mengatur setting pada VGA Board ke mode non aktif. 

Kartu VGA

VGA Card merupakan jenis VGA yang lebih baru dari sebelumnya. Perubahan ini terjadi semenjak kemunculan sistem IBM PC pertama. Pada peralihan teknologi ini, pada setiap komputer selalu memakai kartu grafis. Baik itu kartu EGA, MOGA, dan VGA itu sendiri. 

VGA dalam bentuk kartu yang terpisah dengan motherboard memang memiliki performa yang lebih baik alih-alih menggunakan VGA onboard. Apalagi teknologi dalam VGA versi kartu juga jauh lebih matang dan canggih daripada versi onboard.

Cara Cek Jenis VGA di Laptop atau PC

Sebenarnya, terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek jenis VGA apa yang ada di dalam PC atau laptop Anda. Berikut tutorial salah satu cara  cek VGA laptop dan PC yang bisa Anda pakai:

  1. Tekan Windows = R pada keyboard
  2. Ketikkan perintah Run dan tekan  Ok.
  3. Tunggu sesaat hingga muncul DirectX Diagnostic Tool
  4. Klik tab Display. Di sana, Anda bisa melihat jenis VGA yang ada di dalam PC atau laptop Anda. 

Nah, pernahkah Anda bertanya-tanya, sebenarnya apakah ada trik khusus dalam memilih jenis VGA? Tentu saja ada! Pemilihan jenis VGA yang tepat akan berpengaruh pada kinerja perangkat.

Bingung Pilih VGA? Simak Tips Berikut!

Anda ingin memiliki perangkat komputer atau PC dengan kualitas yang mumpuni? Anda harus memperhatikan jenis VGA yang akan Anda pilih

Prioritaskan kualitas GPU

Anda pasti sudah tahu, otak dari PC yang Anda miliki bersumber dari CPU. Semakin tinggi kualitas CPU, maka performa yang akan tampil juga lebih maksimal. Begitu pun dengan GPU, yang merupakan otak dari VGA.

Semakin kencang GPU, semakin bagus kualitas dan spesifikasi dari GPU tersebut. Jika sudah seperti itu, maka kualitas VGA pun akan semakin tinggi.

Sesuaikan Jumlah Core GPU

Selain memprioritaskan kualitas dari GPU, Anda sebaiknya juga memperhatikan salah satu komponen penting dalam GPU, yaitu core atau jumlah inti. 

GPU memang tidak akan sama dengan CPU. Namun, bukan berarti Anda tidak akan salah memilih VGA, apalagi jika Anda tidak memikirkan jumlah core dari GPU tersebut.

Perhatikan Daya yang Keluar, serta perhatikan TKD-nya.

Sebaiknya Anda memilih kartu grafis yang memiliki thermal design power berukuran kecil. Semakin besar teknologi pendingin, maka kerja dari mesin akan semakin baik. Namun, bila ukuran TKD semakin kecil, hal ini justru semakin memperpanas GPU.

Perhatikan Tipe Memori yang Sebaiknya Anda Pilih

Sebelum Anda benar-benar membeli VGA, sebaiknya Anda juga tidak lupa untuk memperhatikan berbagai kartu grafisnya terlebih dahulu. Ada berbagai jenis atau tipe kartu grafis, di antara yaitu DDR2, DDR3, sampai GDDR5 x.

Penutup

Kartu VGA adalah salah satu komponen penting di komputer, meskipun peranannya hanya sebatas komponen pendukung. 

Dari artikel ini Anda mungkin sudah tahu apa itu pengertian dari VGA secara sederhana. Termasuk tahu berbagai manfaatnya, sampai tahu tentang berbagai tips dalam memilih VGA.

Meskipun sifatnya hanya sebagai pendukung, namun VGA adalah salah satu komponen yang sangat penting. Terlebih jika Anda membutuhkan layar atau monitor yang bisa menampilkan render dengan baik.

Tinggalkan komentar