Standar Ukuran KTP Indonesia dan Dunia

Deskripsi: Standar Ukuran KTP Indonesia dan Dunia dalam Satuan MM, CM dan Pixel. Ukuran untuk Jenis KTP Elektronik dan Biasa.


Kartu Tanda Penduduk atau yang biasa disingkat KTP merupakan salah satu tanda pengenal yang wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia.

Seiring perkembangan zaman, KTP yang dulunya hanya terbuat dari lapisan kertas dan plastik, dikembangkan menjadi KTP berbasis elektronik. Untuk berbagai keperluan, terkadang seseorang membutuhkan detail KTP sesuai standar.

Untuk menyamakan semua bentuk KTP, maka percetakan yang membuat KTP harus mengetahui standar ukuran yang dianjurkan pemerintah.

Dalam hal ini, Indonesia menggunakan standar ISO (International Organization for Standardization) sehingga tidak berbeda dengan yang digunakan di belahan dunia internasional.

Ukuran KTP di Indonesia

Ukuran KTP di Indonesia

KTP di Indonesia terbagi menjadi dua jenis, yakni KTP biasa, dengan KTP elektronik, di mana keduanya memiliki size yang sedikit berbeda.

Jika Anda ingin memanfaatkan dari dua jenis KTP tersebut untuk kepentingan tertentu, berikut akan dijelaskan detailnya:

JenisKTP ElektronikKTP Biasa
Ukuran dalam Inci2,12 x 3,382,12 x 3,38
Ukuran dalam CM8,56 x 5,39 CM9 x 5 CM
Ukuran dalam MM85,60 x 53,98 MM86 x 54 MM
Ukuran dalam Pixel323 x 204 Px323 x 204 Px
Ketebalan890 Mikrometer / 0,89 Milimeter

Jika ingin menggunakan ukuran KTP untuk membuat kartu identitas lainnya, maka ukuran tersebut harus diterapkan pada komputer yang Anda miliki.

Sedikit kesalahan bisa membuatnya berbeda dengan ukuran asli, sehingga tampilan KTP yang dicetak melalui komputer tidak maksimal.

Baca Juga:

Ukuran Standar KTP di Dunia

Standar Ukuran KTP Dunia

Sebagai kartu yang bersifat formal, KTP tidak boleh dibuat dengan sembarangan, baik dari desain hingga ukuran detailnya, demikian juga dengan KTP yang ada di berbagai negara.

Semua negara di dunia menggunakan standar internasional yang dikeluarkan secara resmi oleh ISO. Organisasi internasional ini mengeluarkan 4 kategori ukuran kartu , yaitu ID-000, ID-3, ID-2, dan ID-1.

Berikut adalah beberapa ukuran KTP atau kartu tanda identitas di beberapa negara :

1. 8.9 cm x 5.1 cm

Ukuran ini sering dimanfaatkan oleh negara Kanada dan Amerika sebagai kartu identitas, ataupun sebagai ukuran ID card lainnya untuk disamakan antara kartu yang satu dengan lainnya.

2. 8.5cm x 5.5 cm

Beberapa negara Eropa seperi Inggris, Prancis, Italia dan Spanyol menggunakan ukuran ini sebagai standar kartu identitas termasuk kartu kewarganegaraan.

3. 9 cm x 5 cm

Digunakan pada kartu tanda pengenal di negara Ceko dan Hungaria, ukuran ini tergolong besar dibandingkan dengan kartu identitas di negara lainnya.

4. 8.9cm x 5.1 cm

Adalah ukuran standar yang menjadi tolak ukur kartu di negara Belanda untuk menyamakan beberapa kartu identitas tertentu di wilayahnya.

5. 9.0 cm x 5.5 cm

Beberapa negara yang menggunakan ukuran 9cm x 5.5 cm ini adalah sebagian besar wilayah asia, yakni India, New Zealand, Colombia, Australia, Denmark, Nowegia, dan Vietnam.

6. 9.0cm x 5.4 cm

Negara yang menggunakan ukuran kartu identitas ini juga didominasi oleh negara Asia, yakni China, Hongkong, dan Singapura.

7. 9.1 cm x 5.5 cm

Ukuran kartu identitas terbesar ini digunakan sebagai standar kartu di Jepang yang merupakan salah satu negara maju di Indonesia.

Cara Setting Size KTP dalam Komputer

Jika Anda ingin menerapkan ukuran tersebut dalam komputer baik untuk membuat ID Card ataupun menggandakan KTP dalam bentuk fotokopi, maka gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Klik dua kali pada gambar yang ingin diatur sizenya hingga memunculkan menu keterangan yang bisa diubah, atau bisa klik kanan langsung menggunakan mouse.
  2. Setelah di klik kanan, akan ada pilihan menu, lalu Anda klik pilihan size and position.
  3. Pada tab size, hilangkan centang pada pilihan lock aspek ratio, agar rasio yang diatur tidak terkunci, lalu atur tinggi dan lebar sesuai jenis KTP yang tertera pada tabel di atas, terakhir tekan OK.

Jika Anda bekerja dalam dunia percetakan, maka size KTP wajib Anda ketahui untuk mempermudah melalukan proses edit ataupun pembuatan kartu ID card.

Selain itu, ukuran dari KTP yang Anda ketahui juga bisa dimanfaatkan untuk memperhitungkan dana atau biaya yang diperlukan dalam mencetak KTP dengan jumlah satuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Ukuran Kertas A3

Deskripsi: Ukuran Kertas A3 dan A3 Plus dalam Berbagai Dimensi. Konversi dalam Satuan MM, CM, Inci dan Pixel. Penggunaan Kertas A3 dalam Berbagai Kebutuhan. Ada banyak sekali ukuran kertas yang…
Selengkapnya

Cara Mengecilkan Ukuran Foto

BlogPress.ID – Setiap foto dan gambar memiliki ukuran dan type file yang berbeda-beda. Di antara jenis file pada foto adalah JPG dan JPEG. Dan semakin besar resolusi pada gambar, maka…
Selengkapnya