Ukuran Kertas F4

Ukuran Kertas F4

Deskripsi: Konversi Ukuran Kertas F4 dalam Berbagai Satuan (MM, CM, Inci dan Pixel). Cara Mengatur Ukuran F4 di Microsoft Word dan Excel. Penggunaan Kertas F4 dalam Berbagai Kebutuhan.


Kertas menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang, benda ini biasanya digunakan untuk berbagai urusan tugas sekolah atau pekerja kantoran.

Kertas yang sering digunakan yaitu ukuran F4 dan A4. Kertas F4 ini akan menjadi fokus pembahasan kali ini, karena F4 juga sama sudah memiliki ukuran tersendiri yang sudah terstandar oleh ISO.

Berbagai Satuan Kertas Ukuran F4

Ukuran Kertas F4

Selain membutuhkan pengaturan khusus, kertas F4 juga memiliki ukuran yang sama di berbagai daerah, karena sudah terstandar berdasarkan ISO.

Satuan yang sering digunakan yaitu millimeter (mm), sedangkan untuk aplikasi word biasa menggunakan satuan inci atau centimeter (cm). Berikut merupakan konversi kertas ukuran F4 dengan berbagai satuan.

No. Satuan Ukuran Panjang Kertas Lebar Kertas
1. Millimeter (mm) 215 330
2. Centimeter (cm) 21.5 33
3. Inchi 8.74 12.99

Perbandingan dengan Ukuran Lainnya:

Mengatur Ukuran Kertas F4

Setiap kertas memiliki ukura dan jenis yang berbeda-beda, sehingga biasanya diperlukan pengaturan terlebih dahulu ketika akan menggunakannya.

Begitu juga dengan penggunaan kertas F4, biasanya sudah terlampir sebagai pilihan di word atau excel. Jika belum ada atau belum tersedia, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur ukuran kertas.

Mengatur Paper Size F4 di Word

Pertama, silahkan masuk ke aplikasi word. Kemudian, pilih ‘Page Layout’ untuk melihat pilihan mengenai ukuran kertas dan lainnya.

Mengatur Paper Size di Word
Sumber Gambar: semutimut.com

Setelah itu, pilih ‘Size’ untuk memilih ukuran kertas yang akan digunakan. Selanjutnya, Anda harus memilih ‘More Paper Size’ untuk mengatur ukuran kertas.

Mengatur Paper Size F4 di Word
Sumber Gambar: semutimut.com

Pada kolom ‘Widht’, Anda dapat menuliskan angka 21,59 cm dan ‘Height’ 33 cm. Anda juga bisa menuliskan angka 8.5’ pada kolom ‘Width’ dan 13’ pada kolom ‘Height’.

Sesudah selesai, Anda bisa langsung klik ‘Ok’, untuk menyelesaikan pengaturan kertas ukuran F4 dan menyimpan pengaturan.

Mengatur Paper Size F4 di Excel

Mengatur Ukuran F4 di Excel
Sumber Gambar: komputertips.com

Begitu juga dalam aplikasi excel, jika Anda membutuhkan kertas F4, maka harus melakukan pengaturan terlebih dahulu. Caranya, Anda bisa mengikuti langkah berikut.

  1. Buka aplikasi yang sudah tersedia;
  2. Pilih menu ‘Page Layout’ pada bagian atas kertas;
  3. Kemudian, pilihlah ‘Size’ untuk melihat ukuran yang tersedia dari excel;
  4. Selanjutnya, Anda bisa memilih ‘Folio’ untuk menggunakan kertas F4. Lantaran Folio merupakan sebutan lain bagi kertas F4 ini;
  5. Setelah itu, Anda bisa mengatur posisi kertas sesuai kebutuhan. Terdapat pilihan portrait dan landscape;
  6. Terakhir, Anda dapat meng-klik ‘Ok’ untuk menyelesaikan pengaturan dan menyimpan pengaturan yang sudah dilakukan.

Berbagai Kegunaan Kertas F4

Kertas ukuran F4 memang sangat dibutuhkan dan sering digunakan dalam bidang percetakan atau pengetikan sebuah dokumen.

Terdapat banyak kegiatan yang akan membutuhkan kertas ini, misalnya dalam pengerjaan laporan kegiatan kerja atau pelatihan karyawan atau semacamnya, untuk lembar kerja dan formulir kerja atau formulir kegiatan.

Kertas F4 ini memilii ukuran yang sama dengan kertas folio bergaris. Oleh karena itu, sebagian orang bahkan menyebut kertas F4 dengan sebutan kertas folio.

Dalam pengerjaan tugas sekolah pun, tidak jarang kertas folio ini digunakan. Lantaran ukurannya yang cukup besar, sehingga dapat memuat sejumlah tulisan seperti karangan cerita atau laporan praktikum.

Cara Memilih Kertas F4 dengan Benar

Ketika Anda akan menggunakan kertas F4, tentunya Anda diharuskan untuk memilih, apalagi jika akan membeli dalam jumlah yang banyak.

Perlu diperhatikan juga beberapa hal supaya Anda mendapat kertas yang berkualitas dan bagus, sehingga kertas dapat digunakan secara maksimal dan nyaman ketika digunakan untuk berbagai hal.

Hal pertama yang diperhatikan dalam memilih kertas F4 yaitu merek kertas. Anda perlu mengetahui serta melakukan survey merek kertas yang bagus dan memiliki kualitas tinggi di pasaran.

Masing-masing merek, tentunya memiliki harga yang berbeda-beda sesuai bahan pembuatan kertas yang digunakan, biaya produksi dan pengiriman. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam membeli kertas.

Selanjutnya, Anda harus memerhatikan gramasi atau yang sering disebut dengan GSM kertas. Ada berbagai ukuran dan jenis kertas yang dijual di pasaran.

Biasanya yang digunakan di kebanyakan toko yaitu 70 GSM. Tetapi, ada juga yang masih menggunakan 80 GSM dan 60 GSM.

Masing-masing gramasi digunakan sesuai kebutuhan, 60-70 untuk fotokopi dan 80 untuk print dokumen.

Dari berbagai jenis kertas yang ada, kertas ukuran F4 memang sangat sering digunakan untuk keperluan berbagai hal.

Ada berbagai satuan yang dapat digunakan, asalkan sesuai dengan konversi dari ISO yang sudah terstandar.

Dalam penggunaannya di word, biasanya harus dilakukan pegaturan khusus. Dalam pemilihannya ketika membeli pun harus hati-hati supaya mendapat kertas berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Ukuran 2R

Ukuran Foto 2R dan Penggunaannya

Ukuran 2R merupakan jenis ukuran yang biasanya digunakan untuk mencetak sebuah foto. Di dunia percetakan, foto memang memiliki ukuran yang berbeda dari percetakan lainnya. Ulasan singkat di bawah ini akan…
Selengkapnya