Ukuran Kertas A3

Deskripsi: Ukuran Kertas A3 dan A3 Plus dalam Berbagai Dimensi. Konversi dalam Satuan MM, CM, Inci dan Pixel. Penggunaan Kertas A3 dalam Berbagai Kebutuhan.


Ada banyak sekali ukuran kertas yang biasa dipakai sehari-hari seperti ukuran A3, A4, F4 dan masih banyak lagi. Apalagi jika Anda seorang pelajar atau orang kantoran, pasti sudah sangat familiar dengan ukuran-ukuran kertas seperti ini.

Standar ukuran yang paling banyak digunakan yaitu seri A, karena ukurannya memang sangat ideal untuk kebutuhan sehari-hari.

Anda tahu bahwa menghitung atau mengingat ukuran kertas memang bukan hal yang mudah, tapi semua itu bisa dilakukan jika Anda sudah terbiasa menggunakan berbagai macam kertas.

Berikut ini kami akan jelaskan mengenai salah satu ukuran kertas standar ISO, yaitu kertas A3.

Ukuran Kertas A3 dalam Berbagai Satuan

Ukuran Kertas A3

Saat Anda membeli satu pak kertas, pasti ukuran kertas sudah tertera di kemasannya. Namun, bagaimana cara mengetahui ukuran dan seri dari sebuah kertas?

Nah, kali ini Anda akan mendapat jawabannya. Berikut kami jelaskan mengenai cara menghitung A3 dalam berbagai satuan:

Kertas A3 Panjang Lebar
Satuan MM 297 420
Satuan CM 29,7 42,0
Satuan Inci 11,69 16,54

Saat Anda ingin menggunaka kertas A3 dalam software editing, tentu Anda harus mengetahui berapa ukuran pixelnya.

Biasanya, ukuran tersebut tergantung pada berapa resolusi DPI yang dipilih, umumnya untuk resolusi yang digunakan untuk mencetak yaitu 300 dpi = 3508 pixels x 4961 pixels.

Sedangkan, untuk konversi A3 dalam pixel yaitu:

Ukuran Panjang Lebar
A3 – 72 PPI 842 1191
A3 – 200 PPI 2339 3308
A3 – 300 PPI 3508 4962
A3 – 400 PPI 4677 6616
A3 – 600 PPI 7016 9924
A3 – 1200 PPI 14031 19848

Ukuran Lainnya:

Ukuran Kertas A3 Plus

Ukuran A3 Plus

Berbeda dengan kertas A3 biasa, A3 plus ini tentu memiliki ukuran yang lebih besar.

  • Lebarnya yaitu 320 mm dan panjangnya yaitu 483 mm, dalam satuan cm A3 plus memiliki panjang dan lebar 30.5 x 48.7.
  • Sedangkan dalam satuan inci, panjang dan lebarnya yaitu 12 x 19.17 inci. perhitungan dengan satuan inci menjadi pilihan yang tepat, karena satuannya yang besar lebih memudahkan Anda.

Kertas dengan ukuran yang cukup besar ini, biasanya digunakan oleh para desainer grafis untuk berkarya. Kertas ini juga sering digunakan untuk printer laser berskala bisnis, jadi hanya kalangan tertentu saja yang biasa menggunakannya.

Tidak hanya kertas jenis hvs, kertas A3 plus bisa juga digunakan untuk art paper, stiker cromo, art cartoon, cartoon bw, dan lain-lain. Jika sudah mengetahui detail ukurannya, maka Anda sudah bisa membedakan ukuran dari setiap kertas.

A3 plus tentu lebih besar dari A3 biasa, sedangkan ukuran A3 adalah dua kali dari ukuran A4. Agar lebih mudah menghafal ukurannya. Anda ingat-ingat saja ukuran A3 dan A4, karena dari situ Anda bisa dengan mudah menghafal atau mengetahui ukuran lainnya.

Kedua kertas tersebut merupakan kertas dari seri ukuran A yang cukup sering digunakan, terutama dalam dunia bisnis percetakan berskala besar.

Standar kertas tersebut sudah ditetapkan menjadi standar ISO dan Amerika Utara. Jadi, ukuran tersebut sudah tercatat otomatis dalam komputer dan PC, sehingga Anda tidak perlu repot mengukurnya secara manual.

Penggunaan Kertas A3

Penggunaan Kertas A3

Kertas A3 biasanya digunakan untuk berbagai hal, tidak hanya untuk menulis saja. Tetapi, penggunaan kertas ini memiliki berbagai fungsi sesuai tujuan penggunaannya.

Bisa untuk urusan pekerjaan atau untuk urusan pelajaran bagi para siswa. Berikut beberapa penggunaan kertas A3.

1. Digunakan untuk Kertas Desain

Dengan ukurannya yang cukup besar, kertas A3 tidak jarang digunakan untuk membuat desain oleh pekerja profesional. Dengan begitu, gambar dapat terlihat dengan jelas dan dibuat secara mendetail.

Jika Anda memiliki pekerjaan atau hobi di bidang desain grafis, Anda bisa menggunakan kertas ukuran A3 ini sebagai media gambar.

2. Digunakan untuk Membuat Karya Unik

Kertas ini dapat Anda gunakan dalam membuat sebuah karya yang unik. Jika pemilihan ketebalan kertas tepat, Anda bisa membuat berbagai karya dari kertas ini.

Seperti origami 3D yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dan membutuhkan kertas yang kuat dan kokoh. Selain itu, kertas A3 juga dapat digunakan untuk berbagai hal dan menjadi peluang bisnis yang cukup menjajikan.

3. Digunakan untuk Membuat Berbagai Kartu

Selain untuk desain grafis dan karya-karya unik, kertas ini sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan berbagai kartu.

Seperti kartu undangan pernikahan, poster atau pamflet, media gambar dan lain-lain. Serta, sering digunakan untuk membuat laporan pekerjaan baik oleh pegawai kantor atau oleh para pelajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Transfer Pulsa XL

Cara Transfer Pulsa XL

Deskripsi: Syarat Transfer Pulsa XL. Cara Transfer Pulsa XL ke Sesama XL. Transfer Pulsa ke Beda Operator (Hanya Tersedia Untuk Axis). Saat ini pulsa menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan…
Selengkapnya