Ukuran Foto 6R dalam Tabel MM, CM, dan Inci

Ukuran Foto 6R

Standar ukuran foto itu menggunakan satuan R, jadi semakin besar angka di depan huruf R maka semakin besar pula ukuran foto. Ukuran 6R merupakan salah satu ukuran foto yang cukup banyak peminatnya.

Hal tersebut disebabkan karena foto berukuran 6R mudah dijadikan sebagai pajangan di atas meja ataupun di dinding.

Ukuran 6R dalam Tabel MM, CM, dan Inci

Ukuran 6R
ukurankertasfoto.blogspot.com

Mencetak foto berukuran 6R itu tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengetahui konversi ukuran 6R itu ke dalam satuan ukur lainnya, seperti mm, cm dan inci.

Jika sudah mengetahui konversi ukuran foto 6R, maka proses pengaturan ukuran foto yang akan dicetak akan semakin mudah. Kali ini, kita akan menggunakan aplikasi Photoscape untuk mencetak foto berukuran 6R.

1. Ukuran Foto 6R Jika Dikonversi Menjadi Satuan Ukur Milimeter

Foto berukuran 6R dalam satuan ukur mm menjadi 152 x 203 mm. Itu artinya, panjang foto adalah 203 mm dan lebarnya 152 mm

2. Ukuran Foto 6R Jika Dikonversi Menjadi Satuan Ukur Centimeter

Foto berukuran 6R dalam satuan ukur cm menjadi 15,2 x 20,3 cm. Itu artinya, panjang foto adalah 20,3 cm dan lebarnya 15,2 cm.

3. Ukuran Foto 6R Jika Dikonversi Menjadi Satuan Ukur Inci

Foto berukuran 6R dalam satuan ukur inci menjadi 6 x 8 inci. Itu artinya, panjang foto adalah 8 inci dan lebarnya 6 inci.

Konversi ukuran foto 6R ini akan lebih mudah dipahami jika Anda melihatnya dalam bentuk tabel, seperti di bawah ini.

Ukuran mm cm inci
6R 152 x 203 15,2 x 20,3 6 x 8

Ukuran Lainnya:

Cara Mencetak Foto Ukuran 6R dengan PhotoScape

PhotoScape

Sebelum mencetak foto dengan aplikasi Photoscape tentu Anda harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu:

  • PC/laptop
  • Printer
  • Aplikasi Photoscape
  • Kertas untuk mencetak foto
  • Foto yang akan dicetak

1. Buka Aplikasi Photoscape

Langkah pertama untuk mencetak foto ukuran 6R adalah dengan membuka aplikasi Photoscape dan langsung klik menu Print yang letaknya ada di bagian kanan atas.

2. Atur Ukuran Gambar yang Akan Dicetak

Setelah itu, masukkan gambar yang ukurannya akan Anda ubah. Untuk mengatur ukuran gambar, maka Anda perlu memilih menu “Set the Photo Size”. Lanjutkan dengan memasukkan ukuran yang Anda inginkan.

Jika ingin membuat foto berukuran 6R, maka masukkan ukurannya sesuai dengan konversi mm yaitu 152 x 203 mm. Hanya saja, jika ingin mencetak foto berukuran 6R ada satu hal penting yang perlu Anda perhatikan yaitu memastikan minimal resolusi fotonya 1795 pixel × 2551 pixel.

Oleh sebab itu, setidaknya Anda harus memotret objek tersebut dengan kamera yang memiliki resolusi minimal sekitar 5 MP. Untungnya saat ini, kebanyakan smartphone sudah dibekali dengan fitur kamera beresolusi lebih dari 5 MP.

Jika Anda memaksakan untuk tetap mencetak foto berukuran 6R dengan gambar yang dipotret dari kamera beresolusi kurang dari 5 MP, maka kualitas foto yang dihasilkan akan terlihat buruk.

Foto yang Anda cetak itu gambarnya akan pecah dan perpaduan warna yang dihasilkan pada foto juga tidak stabil.

3. Cetak Foto

Setelah proses mengatur ukuran foto sudah Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah mengklik cetak atau print. Pastikan Anda telah mengisi printer dengan tinta warna dan juga pasang kertas foto yang berkualitas.

Ada beberapa jenis kertas yang bisa dipilih untuk mencetak foto, yaitu:

  • Matte
  • Glossy
  • Luster, dan
  • Metallic.

Diantara keempat jenis kertas foto tersebut, glossy adalah jenis kertas yang paling sering digunakan. Keunggulan kertas glossy ini dapat menghasilkan warna yang lebih tajam, sayangnya kertas foto glossy rentan goresan sehingga membuat foto mudah rusak.

Jika Anda ingin foto yang terlihat mengkilap dan lebih tahan lama,maka sebaiknya Anda memilih kertas foto tipe metallic. Menggunakan Photoscape untuk mencetak foto sangatlah mudah.

Tahapan yang perlu dilakukan untuk mengatur ukuran gambar yang akan dicetak tidak terlalu rumit. Hanya saja, sebelum mencetak foto menggunakan Photoscape, pastikan Anda sudah mengetahui konversi ukuran 6R ke dalam satuan ukur mm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like