Ukuran Foto 5R dan Bingkai yang Cocok Untuk Foto 5R

Ukuran foto bermacam-macam, salah satunya adalah ukuran 5R. Foto berukuran 5R ini cocok untuk dijadikan sebagai pajangan penghias meja ataupun dinding.

Maka dari itu, diperlukan bingkai agar tampilan dari foto Anda menjadi terlihat lebih indah. Berikut ini ada beberapa tips membeli bingkai/frame yang tepat untuk foto berukuran 5R.

Ukuran 5R dalam Satuan MM, CM dan Inci

Ukuran Foto 5R

Salah satu cara agar bisa mendapatkan bingkai/frame terbaik untuk foto adalah memastikan bahwa bingkai tersebut sesuai ukurannya dengan foto.

Biasanya, ukuran bingkai bukan menggunakan satuan ukur R, melainkan cm. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu ukuran 5R dalam satuan ukur lainnya, mulai dari mm, cm hingga inci.

1. Ukuran Foto 5R dalam mm (milimeter)

Foto berukuran 5R itu, jika dikonversi menjadi mm maka ukurannya adalah 127 x 178 mm. Ukuran tersebut berarti bahwa panjang foto adalah 178 dan lebarnya 127 mm.

2. Ukuran Foto 5R dalam cm (centimeter)

Foto berukuran 5R itu jika dikonversi menjadi cm, maka ukurannya adalah 12,7 x 17,8 cm. Ukuran tersebut berarti panjang foto adalah 17,8 dan lebarnya 12,7 cm.

3. Ukuran Foto 5R dalam inci

Foto berukuran 5R itu, jika dikonversi menjadi inci maka ukurannya adalah 5 x 7 inci. Ukuran tersebut berarti panjang foto adalah 7 dan lebarnya 5 inci.

Ukuran mm cm inci
5R 127 x 178 12,7 x 17,8 5 x 7

Ukuran Lainnya:

Tips Membeli Bingkai yang Tepat untuk Foto Berukuran 5R

Bingkai 5R
Sumber Foto: BukaLapak.com

1. Ukuran Bingkai yang Sesuai dengan Foto

Bagi Anda yang sedang membutuhkan frame, haruslah memilih bingkai/frame yang ukurannya sesuai dengan foto yang akan dipasangkan. Di pasaran, bingkai dijual dalam berbagai ukuran, namun biasanya yang paling kecil adalah bingkai yang sesuai dengan foto ukuran 5R.

Umumnya, bingkai yang sesuai dengan foto berukuran 5R itu dijadikan sebagai penghias meja. Ukuran foto 5R memang tidak terlalu besar, sehingga jika dibingkai memang lebih cocok untuk dijadikan sebagai penghias meja daripada dinding.

Apabila Anda ingin memajang foto ukuran 5R sebagai penghias dinding, sebaiknya tempatkan beberapa bingkai foto sekaligus agar terlihat lebih proporsional.

2. Material

Faktor berikutnya yang juga perlu Anda pertimbangkan adalah pemilihan bingkai berdasarkan materialnya. Material bingkai yang dijual di pasaran umumnya hanya terdiri dari dua jenis, yaitu plastik dan kayu.

Meskipun pilihannya hanya dua jenis, namun Anda tetap perlu memilih dengan seksama. Bingkai plastik sebaiknya dipilih jika tema foto yang ingin Anda bingkai itu tidak terlihat terlalu resmi, misal seperti foto tamasya, acara ulang tahun, foto bersama teman-teman dan berbagai foto santai lainnya.

Sementara itu, bingkai kayu lebih cocok untuk foto bertema resmi, seperti foto wisuda, pernikahan ataupun foto keluarga. Bingkai foto yang terbuat dari bahan plastik juga terlihat lebih cocok, jika ditempatkan pada ruangan yang berkonsep minimalis.

Sedangkan, bingkai foto yang terbuat dari bahan kayu, akan membuat ruangan bergaya elegan menjadi terlihat lebih cantik.

3. Warna

Faktor ketiga yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat membeli bingkai foto adalah warna serta pinggiran dari bingkai tersebut. Memilih warna bingkai sebaiknya juga berdasar pada tema warna dari foto yang akan Anda bingkai.

Tampilan foto akan terlihat lebih menarik, jika terdapat keselarasan antara warna bingkai dengan tema warna pada foto Anda. Selain berfungsi sebagai pelindung foto agar tidak mudah rusak, bingkai juga bisa dijadikan sebagai penambah nilai estetika sebuah foto.

Oleh sebab itu, pilih bingkai yang juga memiliki pinggiran cantik. Anda juga perlu memilih bingkai dengan desain pinggiran yang sesuai desain interior dari ruangan tempat Anda menempatkan foto tersebut.

Jika desain interior ruangan tersebut simpel, maka sebaiknya pilih bingkai dengan pinggiran yang sederhana dan tidak terlalu tebal. Begitupun sebaliknya, jika desain interior ruangan tersebut cukup mewah, maka pilihlah bingkai dengan pinggiran yang juga memperlihatkan kesan mewah.

Memilih bingkai foto ukuran 5R memang harus jeli, dan pastinya juga perlu disesuaikan dengan budget yang Anda miliki, contohnya seperti ukuran, material, warna hingga harga juga harus dipikirkan dengan matang.

Pemilihan bingkai foto yang tepat akan membuat tampilan rumah menjadi terlihat lebih indah, jika dipajang dengan foto-foto terbaik yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Ukuran Kertas A4

Deskripsi: Ukuran Kertas A4 dalam Berbagai Satuan (MM, CM, Inci dan Pixel). Keunggulan Kertas A4 dalam Berbagai kegunaan. Cara Setting Print Kertas Ukuran A4. Kertas dengan ukuran A4, menjadi kertas…
Selengkapnya
Mengubah JPG ke PDF

Cara Mengubah JPG ke PDF

Deskripsi: Panduan Merubah File JPG ke PDF. Cara Mengubah JPG ke PDF Online atau Offline dan tanpa Software. Ubah JPG ke PDF Gratis dengan Cepat dan Mudah. Cara mengubah file…
Selengkapnya
Ukuran 2R

Ukuran Foto 2R dan Penggunaannya

Ukuran 2R merupakan jenis ukuran yang biasanya digunakan untuk mencetak sebuah foto. Di dunia percetakan, foto memang memiliki ukuran yang berbeda dari percetakan lainnya. Ulasan singkat di bawah ini akan…
Selengkapnya