Ukuran Foto Standar Cetak dan Pas Foto

Ukuran Foto

Masih dalam bahasan seri ukuran dalam dimensi kertas. Sebenarnya bukan hanya ukuran foto. Ukuran juga identik dengan ukuran kertas. Sebab hanya medianya saja yang berbeda, yaitu kertas dan foto.

Namun untuk ukuran seri R memang lebih identik dengan foto. Dan karena foto adalah salah satu cara mengabadikan momen spesial yang banyak diaplikasikan oleh masyarakat terkini.

Dengan foto, momen yang sudah berlangsung sekian lama bisa dinikmati lagi sebagai kenangan. Nah, sesuai dengan penekanan nilai momen, foto pun hadir untuk memberikan kesan yang berbeda.

Ragam Ukuran Cetak Foto & Pas Foto

Ukuran Standar Foto

Sebagaimana diketahui, beberapa ukuran foto digunakan untuk keperluan yang berbeda. Seperti untuk pembuatan buku nikah misalnya menggunakan ukuran 3×4. Sementara untuk pembuatan CV menggunakan ukuran 4×6.

Hal lain, ukuran standard memang cenderung menggunakan satuan R, seperti 2R, 3R, 4R dan seterusnya. Nah, huruf R tersebut adalah acuan resmi untuk memahami berbagai ukuran dalam foto.

Artinya, dengan satuan huruf R tersebut ukuran di Indonesia akan sama dengan negara yang lain. Nah, untuk detail ukuran R ke cm dan inchi adalah sebagai berikut:

Ukuran R Ukuran Dalam CM Ukuran Dalam Inchi
Ukuran 2R 6 X 9 2 x 3.5
Ukuran 3R 8 X 12 3.5 x 5
Ukuran 4R 10 X 15 4 x 6
Ukuran 5R 12 X 17 5 x 7
Ukuran 6R 15 X 20 6 x 8
Ukuran 8R 20 X 25 8 x 10
Ukuran 8R Plus 20 X 30 8 x 12
Ukuran 10R 25 X 38 10 x 12
Ukuran 12R 30 X 39 12 x 15.5
Ukuran 16R 40 X 50 16 x 20
Ukuran 20R 50 X 60 20 x 24
Ukuran 24R 60 X 80 24 x 31.5
Ukuran 30R 75 X 100 30 x 40

Ukuran Foto Sesuai Fungsinya

Dari detail di atas, bisa dilihat bahwa ada cukup banyak ukuran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tidak hanya foto, media lain pun ada aturan dalam penggunaan ukuran ini.

Misalnya kartu nama dan banner sebagai media promosi. Dua media tersebut juga perlu menerapkan ukuran yang pas. Lihat aturan dan kaidahnya di ukuran kartu nama dan ukuran x banner.

Untuk membantu Anda memilih ukuran yang pas sesuai kebutuhan, berikut ada beberapa penjelasan mengenai hal tersebut.

Ukuran 3×4

Ukuran 3×4 ini biasanya digunakan untuk kepentingan-kepentingan yang menggunakan dokumen resmi, seperti ijazah, CV dan beberapa jenis surat lainnya.

Selain itu, foto yang direkam tentu cenderung formal dibandingkan jenis lain. Nah, karena kepentingan ini, biasanya orang-orang akan menyimpan foto ini dalam jumlah yang banyak guna berjaga-jaga jika diperlukan sewaktu-waktu.

Biasanya, foto yang dicetak dengan ukuran 3×4 ini menggunakan background berwarna merah atau biru sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan.

Ukuran 3R

Ukuran selanjutnya adalah 3R. 3R termasuk satu diantara ukuran yang paling sering digunakan. Nah, 3R ini memiliki ukuran sebagaimana kartu pos.

Jika dilihat dengan satuan centimeter, ukuran 3R setara dengan 8,9 x 12,7 cm dan 3,5 x 5 jika dilihat dalam ukuran inchi. Untuk mencetak foto dengan ukuran ini, maka ukuran gambar dalam pixel harus diperhatikan.

Ukuran pixel foto minimal untuk foto dengan ukuran 3R adalah 1051 x 1500 pixel. Ukuran ini perlu diperhatikan agar foto tidak pecah saat dicetak nantinya.

Ukuran 4R

Ukuran 4R memiliki detail setingkat lebih besar daripada ukuran 3R. Ukuran ini cukup sering digunakan untuk mencetak foto di mana umumnya digunakan sebagai hiasan dinding kamar.

Nah, dalam hal ini, ukuran 4R setara dengan 10,2 x 15,2 cm atau 4 x 6 jika dilihat dalam satuan inchi. Nah, untuk mencetak foto dengan ukuran ini, maka ukuran gambar yang harus dimiliki adalah 1500 x 2102 pixel.

Ukuran ini penting untuk diperhatikan agar foto yang dicetak tidak pecah dan bagus hasilnya.

Ukuran 10R

Ukuran 10R merupakan ukuran yang cukup besar. Ukuran ini setara dengan 25,4 x 30,5 jika dikonversi ke dalam ukuran cm dan 10 x 12 jika dilihat dengan konversi ukuran inchi.

Biasanya, 10R ini dipilih untuk mencetak foto yang biasanya istimewa dan dipajang di ruang tengah. Agar tidak pecah saat mencetak foto dengan ukuran ini, sebaiknya foto atau gambar yang hendak dicetak memiliki ukuran 3000 x 3602 pixel.

Jika Anda tidak memiliki ukuran gambar tersebut, Anda bisa meminta bantuan pada tempat percetakan untuk mengedit gambar tersebut.

Atau anda bisa mengeditnya sendiri dengan bantuan aplikasi edit foto PC atau aplikasi edit foto terbaik untuk Android. Silahkan pilih sesuka anda.

Jenis Kertas Cetak Foto

Nah, selain mengetahui ukuran dalam satuan CM atau Inchi, mengetahui jenis kertas yang digunakan untuk mencetak foto juga termasuk salah satu hal yang cukup penting.

Ya, beberapa jenis kertas tersebut digunakan untuk ukuran yang berbeda. Jadi, ada korelasi antara ukuran dan jenis kertas foto guna menghasilkan kualitas foto terbaik yang lebih awet.

Lantas, apa saja jenis kertas yang biasanya digunakan untuk mencetak foto tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

1. Matte

Jenis kertas foto pertama yang cukup sering digunakan adalah matte. Jenis kertas ini memiliki sifat yang halus namun tidak mengkilap pada bagian permukaan.

Kertas ini memiliki kelebihan, terutama pada tekstur cetak dan bisa dimanfaatkan cetak foto dengan hasil yang baik. Selain itu, apa yang menarik dari jenis kertas ini adalah sidik jari tidak akan terlihat.

Biasanya, kertas ini cenderung digunakan untuk mencetak foto klasik dengan unsur pewarnaan hitam dan putih.

2. Glossy

Seperti namanya, glossy merupakan jenis kertas foto yang memiliki sifat lebih mengkilap dan juga reflektif. Kualitas foto yang dicetak dengan menggunakan kertas ini akan terlihat lebih hidup dan memiliki warna yang cenderung lebih tajam.

Selain itu, kertas ini menawarkan komposisi warna yang cukup cerah dan tidak menghasilkan tampilan yang memiliki struktur layaknya kertas matter.

Namun, di balik kelebihannya, ada beberapa kekurangan dari jenis kertas ini. Salah satu kekurangan dari kertas glossy adalah rentan terhadap goresan sehingga foto bisa rusak.

3. Luster

Jenis kertas yang biasa digunakan untuk mencetak foto adalah luster. Kertas ini menawarkan komposisi warna yang lebih dalam dibandingkan dengan kertas jenis matte.

Hasil dari kertas luster ini akan sedikit berkilau dan memiliki tekstur yang unik seperti mutiara. Nah, salah satu kelebihan dari kertas ini adalah tidak meninggalkan sidik jari.

Selain itu, jenis kertas ini juga tidak menghasilkan foto yang silau dan menghasilkan foto dengan kualitas terbaik terutama untuk dipajang di dinding.

4. Metallic

Pilihan kertas lain yang bisa digunakan untuk mencetak foto dengan kualitas yang baik adalah metallic.

Ini merupakan salah satu kertas yang cukup banyak digunakan karena akan menghasilkan foto dengan kualitas yang tahan lama dan tidak mudah tergores.

Selain itu, foto yang dicetak menggunakan jenis kertas ini juga cenderung lebih mengkilap, mencolok dan memiliki kesan metalik sebagaimana logam.

Nah, jika Anda ingin mencetak foto –terutama foto keluarga dengan ukuran yang besar, maka kertas metalik bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

4 Cara Cek Nomor Smartfren

Cara Cek Nomor Smartfren – Smartfren saat ini sudah jadi salah satu operator atau provider dengan peminat yang cukup banyak. Salah satu alasan yang mendasarinya adalah Smartfreen menyediakan penawaran paket…
Selengkapnya