Tips Belanja Online yang Aman Supaya Nggak ketipu dan Kecewa Terbaik 2023

Tips Belanja Online yang Aman Supaya Nggak ketipu dan Kecewa Terbaik 2023 – Dewasa ini berbelanja online merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Lebih lagi bagi para wanita dan ibu rumah tangga.

Berbelanja online sendiri merupakan sebuah tren yang sudah mulai menjamur sejak beberapa tahun belakangan. Dan kalau diperhatikan puncak dari lamanya orang-orang berbelanja online ialah ketika pandemi melanda. Hal ini karena adanya keterbatasan akses untuk keluar rumah demi mencegah luasnya penyebaran virus covid.

Nah setelah itu mulai banyak orang-orang yang malas atau enggan berbelanja offline atau langsung pergi ke pasar ataupun pusat perbelanjaan. Mungkin karena ketika mereka berbelanja online mereka menemukan segudang keunggulan menarik yang mungkin tidak mereka temukan ketika sedang berbelanja secara offline.

Tapi bagaimanapun kedua model belanja ini tentu mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Kalau untuk kelemahan dari berbelanja online sendiri ialah rentan tertipu dan kecewa karena barang yang dikirimkan oleh pihak penjual tidak sesuai dengan yang dibutuhkan ataupun diinginkan oleh pihak pembeli.

Oleh karena itu jika anda ingin berbelanja online tentu harus tahu dulu beberapa tips belanja online yang aman supaya tidak kecewa dan tertipu oleh pihak seller yang ingin berlaku curang.

Meskipun terkesan sederhana atau simple tapi tips belanja online yang aman ini tetap menjadi sebuah informasi yang penting untuk diketahui oleh siapapun.

Terlebih lagi bagi Anda yang baru saja akan melakukan kegiatan belanja online. Karena tidak bisa dipungkiri pula bahwa masih ada beberapa masyarakat kita yang takut melakukan belanja online dikarenakan hal tersebut. Maka dari itu daripada penasaran dan takut kecewa sih Mak beberapa tips belanja online yang aman berikut ini.

Tips Belanja Online yang Aman Supaya Nggak Ketipu

Kegiatan berbelanja online sudah didukung dengan berbagai macam marketplace yang tersedia di internet. Ya untuk saat ini kita sudah bisa menemukan bahkan lebih dari 10 marketplace yang tersedia di internet. Dan masing-masing marketplace tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dan sejauh ini ada beberapa marketplace yang terkenal dan paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran harga yang ditawarkan di marketplace tersebut tergolong lebih murah dibandingkan dengan barang-barang di tempat yang lainnya.

Mulai dari shopee, Lazada, Tokopedia, dan beberapa market place yang lainnya. Oke daripada penasaran berikut adalah tips belanja online yang aman yang bisa anda perhatikan.

Melakukan Cek Reputasi Penjual

Saat sedang mengakses marketplace ataupun Tempat berbelanja online Anda pasti akan menemukan segudang para penjual di dalamnya. Yang mana masing-masing penjual memberikan penawaran harga dan juga barang yang berbeda-beda.

Dan nantinya Anda bisa banget mencari penjual yang menawarkan atau menjual barang yang sedang anda cari. Dan berjualan dia marketplace sendiri juga merupakan salah satu trend yang cukup menarik untuk diikuti oleh mereka yang ingin terjun ke dunia bisnis.

Dan yang paling penting ketika anda ingin berbelanja online maka tips belanja online yang aman yang perlu Anda lakukan pertama kali ialah dengan mengecek reputasi penjualnya. Dalam hal ini anda meski teliti ketika mengidentifikasi Apakah pihak penjual tersebut adalah penjual yang amanah atau tidak.

Lantas Bagaimana caranya? Ya pasti masih banyak beberapa di antara kita yang belum tahu nih gimana sih sebenarnya cara ngecek reputasi seorang penjual atau sebuah toko penjualan? Padahal sebenarnya cara tersebut bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Karena pada umumnya pihak aplikasi sudah menyediakan fitur untuk mengidentifikasi tersebut meski tidak secara langsung. Adapun cara yang paling sederhana ialah dengan membaca baca ulasan para pembeli sebelumnya dan juga melihat rating toko tersebut.

Mengapa demikian? Hal ini tentu saja karena para pembeli akan langsung melakukan komplain lewat komentar dan juga chat pribadi ke toko tersebut ketika mereka mendapati barang yang dikirimkan oleh pihak penjual tidak sesuai dengan yang diinginkan ataupun tidak sesuai dengan penjelasan yang diberikan oleh pihak penjual.

Baca Juga :  Link Download Snaptube Apk Terbaik 2023

Sehingga membuat pihak pembeli merasa dirugikan. Cara yang satu ini tergolong sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Dan setelah mereka memberikan komplain terhadap barang yang diberikan mereka juga biasanya akan memberikan feedback dalam bentuk rating.

Di mana para pembeli bebas untuk memberikan rating ataupun bintang ke sebuah toko. Maka dari itu jika anda akan berbelanja online jangan lupa untuk melakukan pengecekan terhadap reputasi penjualnya.

Mengecek Ulasan Produk dari Para Pembeli yang Lain

Tips belanja online yang aman berikutnya ialah dengan melakukan pengecekan terhadap ulasan produk-produk dari para pembeli yang lainnya. Beberapa diantara anda mungkin masih berpikir bahwa banyaknya ulasan yang diberikan oleh para pembeli sebelumnya merupakan salah satu indikasi bahwasanya toko tersebut amanah.

Padahal sebenarnya tidak demikian. Karena nggak sedikit kok tokoh-tokoh yang berhasil mendapatkan banyak ulasan tapi ternyata tidak sedikit ulasan tersebut yang berkonotasi negatif. Sehingga anda jangan hanya terpatok pada jumlah komentar yang banyak bahkan sampai ribuan.

Tapi juga silahkan anda perhatikan ulasan-ulasan yang diberikan. Karena biasanya para pembeli akan memberikan pengalaman mereka mengenai produk yang diterima. Dalam hal ini apakah produknya cacat, tidak sesuai dengan yang di posting, atau yang lainnya.

Kalau sudah mendapati ulasan-ulasan yang negatif mungkin akan jauh lebih baik jika anda mencari ke toko lain yang berhasil mendapatkan ulasan positif dari para pembeli yang lainnya. Dan usahakan untuk membaca setiap ulasan sebaik dan seteliti mungkin.

Dan Silakan cari toko yang lebih banyak ulasan positifnya ketimbang ulasan negatif. Kalau kami perhatikan pengecekan ulasan-ulasan negatif dan positif akan sangat mudah dilakukan ketika anda menggunakan aplikasi shopee. Iya kan?

Karena di sana sudah tertera Berapa jumlah komentar negatif dan juga Berapa banyak komentar positif. Sehingga akan membuat proses pengecekan lebih cepat dan lebih mudah. Bagi Anda yang sudah menggunakan aplikasi shopee pasti sudah tahu keunggulan menarik yang satu ini.

Melakukan Pengecekan Harga

Memang benar bahwa ketika akan melakukan pembelian sebuah barang kita ingin mendapatkan harga yang lebih murah. Tapi jangan sampai kemurahan ya. Karena barang yang dijual dengan harga jatuh dari pasaran normal tentu akan membuat kualitas barang yang didapatkan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan.

Maka dari itu kami rasa salah satu tips belanja online yang aman yang juga bisa anda lakukan ialah dengan melakukan pengecekan harga. Oleh karena itu Anda mesti tahu dulu nih Berapa sih harga pasaran barang yang akan anda beli nantinya.

Karena ternyata ini juga merupakan salah satu tips belanja online yang aman agar anda terhindar dari berbagai macam jenis penipuan. Maka dari itu ketika anda mendapati Ada beberapa barang yang dijual dengan harga jauh dari pasaran alias jauh lebih murah maka kami sarankan untuk tidak membeli barang tersebut.

Terlebih lagi Ketika anda akan membeli barang-barang elektronik. Karena sejauh ini Kalau kami perhatikan barang-barang elektronik yang ada di media sosial ataupun di berbagai macam marketplace tidak sedikit yang ditawarkan dengan harga jauh di bawah pasaran.

Dan kalau sudah demikian yang perlu Anda lakukan ialah dengan curiga dan mewaspadai produk-produk tersebut. Usahakan untuk tidak mudah tergiur dengan murah yang harga-harga barang yang akan anda beli. Karena nggak menutup kemungkinan harga murah tersebut akan membawa anda ke dalam proses penipuan.

Membaca Secara Detail Deskripsi Produk yang Akan Dibeli

Untuk tips belanja online yang aman berikutnya ialah dengan membaca deskripsi produknya secara detail. Dalam hal ini kita tidak bisa memungkiri bahwasanya kesalahan bisa saja datang dari pihak penjual. Tapi di sisi lain bisa juga datang dari pihak pembelinya.

Biasanya pihak seller akan mendeskripsikan produk mereka di bagian-bagian tertentu yang sudah disediakan oleh pihak aplikasi. Namun kadang karena terlalu malas membaca deskripsi tidak sedikit orang-orang yang langsung membeli sebuah barang.

Yang akhirnya berujung kecewa. Jika kasusnya demikian tentu kesalahan tidak datang dari pihak penjualnya 100%. Maka dari itu Anda mesti membaca deskripsinya secara detail dan menyeluruh. Karena ketika anda membacanya setengah-setengah dan kurang jeli tentu akan menimbulkan yang namanya kesalahpahaman.

Jika memang dideskripsi produknya tidak tertera apapun anda perlu bertanya kepada pihak seller atau Justru lebih baik memilih berpindah toko saja.

Mencari Penjual yang Fast Respon

Bagi seorang pembeli menemukan penjual yang responnya cepat adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Mengapa demikian?

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Emulator Android Terbaik

Karena dengan mendapati penjual yang ramah dan juga cepat dalam menanggapi pesan itu artinya Ketika anda mengalami permasalahan-permasalahan pengiriman pihak penjual bisa membantu proses tersebut. Beda halnya ketika anda melakukan pembelian di sebuah toko yang notabene Penjualnya tidak fast respon

Menyimpan Barang Bukti

Sementara untuk tips belanja online yang aman lainnya ialah dengan menyimpan semua barang bukti pembelian yang Anda lakukan.

Barang bukti ini bisa didapatkan ketika anda sudah melakukan proses pembelian. Yakni mulai dari bukti pembayarannya sampai dengan ketika anda melakukan Unboxing barang yang sudah sampai ke alamat tujuan.

Bukti yang sudah anda kumpulkan ini merupakan salah satu persiapan Jika ternyata nantinya terjadi permasalahan pada produk yang Anda beli.

Dan sangat disayangkan sekali ternyata masih banyak nih para pembeli yang tidak mengetahui akan pentingnya bukti pembelian barang dan juga video Unboxing mereka ketika melakukan pengecekan barang yang dibelinya.

Karena pada dasarnya Ketika anda sudah menyimpan semua bukti pembelian tentu akan mempermudah anda ketika menemukan permasalahan nantinya.

Nah gimana gampang kan? Oke itulah dia beberapa tips belanja online yang aman yang bisa anda perhatikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.