Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1

Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 – Kelas 6, merupakan salah satu fase atau tingkat kelas yang paling akhir di bangku sekolah dasar. Dan ini merupakan kelas yang akan menentukan seseorang, apakah akan lulus dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, atau harus mengulang kembali.

Sebagai kelas 6, anda dituntut untuk belajar lebih giat lagi. Karena dengan demikian, anda akan mendapatkan hasil belajar yang lebih memuaskan, dan ini yang akan mengantarkan anda bisa masuk ke sekolah yang sesuai dengan keinginan. Nah, semua mata pelajaran akan diujankan.

Termasuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Biasanya, akhir tahun identik banget nih dengan ujian, alias musim ujian. So, anda meksi mempersiapkan diri dengan belajar bahasa Indonesia secara maksimal, begitupun dengan mata pelajaran yang lainnya.

Pada artikel kali ini, kami hanya akan membahas soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 saja ya. Tepatnya yang di semester 1. Dengan mempelajari soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 yang kami bahas, maka anda bisa tahu gambaran soal yang akan keluar nantinya.

Dan bisa mempelajarinya secara mandiri di rumah. Gimana, pengen tahu dan penasaran? Buat yang penasaran dan pengen tahu, silahkan simak beberapa soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 berikut ini. 

Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 6

Banyak yang mengira, kalau pelajaran bahasa Indonesia itu pelajaran yang sangat mudah. Iya kan? Padahal faktanya, meskipun kita setiap hari menggunakan bahasa Indonesia, bahasa satu ini tergolong cukup sulit buat dipahami.

Sehingga harus dipelajari. Bahkan, anda mendapatkan mata pelajaran Bahasa Indonesia sejak duduk di bangku sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi loh. Ini menjadi salah satu indikasi, bahwasanya pelajaran satu ini nggak semudah yang ada di bayangan banyak orang.

Dan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, anda meski belajar lebih serius lagi. Itulah kenapa, kali ini kami akan memberikan beberapa soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 sebagai bahan pelajaran anda nantinya. Dan biasanya, model soalnya bakalan agak sama kok. Berikut ulasannya. 

Soal Pertama

Kali ini, kami akan memberikan beberapa soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 ya. Dan nantinya, anda meski mempelajari satu persatu dengan baik dan cermat. Karena biasanya, soal soal ujian bahasa Indonesia itu terkesan sama, padahal menjebak.

Kalau nggak teliti, bisa saja anda sampai salah menjawab, karena terkecoh dengan pilihan yang ada. Adapun contoh soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 yang pertama ialah:

Simaklah penggalan cerita singkat berikut:

Kura-kura tersebut terus berjalan melewati si kancil yang sedang tidur di pohon. Karena kegigihannya, kura-kura dapat mencapai garis finish terlebih dahulu, melewati dan mendahului si kancil, sehingga kura kura berhasil menjadi pemenang dalam pertandingan tersebut. Pesan yang disampaikan oleh cerita tersebut adalah..

  1. Kerjakanlah sesuatu agar kamu mendapatkan hadiah atau imbalan
  2. Berusahalah dengan gigih, agar bisa mencapai keberhasilan yang kamu impikan. 
  3. Berusaha terus, dan jangan lupa berdoa
  4. Lakukan semuanya dengan hati yang lapang

Ulasan: soal UAS Bahasa Indonesia  yang satu ini merupakan soal UAS Bahasa Indonesia yang sangat dasar, dan pasti akan anda temukan di soal ujian esok.

Untuk jenis soalnya ialah mendeteksi pesan moral yang disampaikan oleh teks atau cerita yang diangkat pada soal. So, anda meski bisa mencermati teks yang disajikan agar bisa menemukan pesan moral yang terdapat di dalamnya. 

Soal Kedua

soal UAS Bahasa Indonesia  kelas 6 yang kedua masih didahului dengan teks yang tidak panjang. Dan teks teks demikian merupakan salah satu ciri khas dari soal bahasa ya. Baik itu bahasa Indonesia, maupun bahasa asing yang lainnya. Karena dengan adanya teks yang agak panjang, anda dituntut buat membaca, dan bisa mencermati apa yang ada dengan baik dan tepat. 

Simaklah teks berikut. 

Orang yang hidup puluhan tahun lalu masih belum kenal dengan dunia tulisan, alias masih sangat buta huruf. Sehingga, komunikasi yang dilakukan oleh mereka adalah bahasa isyarat, dan juga lambang lambang yang dibuat sendiri. Adapun judul yang paling tepat untuk laporan tersebut adalah…

  1. Orang tidak dapat membaca di zaman dahulu
  2. Orang dahulu tidak mengerti apa itu huruf dan juga gerakan
  3. Gerakan isyarat digunakan masyarakat zaman dulu untuk komunikasi mereka
  4. Orang zaman dulu tidak dapat menciptakan gerakan
Baca Juga :  10 Rekomendasi Mouse Murah Terbaik, Fiungsional dan Andal

Ulasan: soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 yang satu ini adalah berkaitan dengan judul dalam sebuah laporan. Yes, sebagai siswa kelas 6, anda meski bisa membuat dan menentukan judul sebuah laporan yang tepat. Dalam proses pembuatan judul laporan, harus bisa disesuaikan dengan isi laporan yang disajikan ya.

Hal ini agar semuanya sinkron. Dan membuat anda bisa menentukan judul yang benar benar pas dan tepat. Ketika ujian, anda akan menemukan teks laporan yang berbeda pastinya.

Dan saran kami, perhatikan judul yang paling tepat. Karena biasanya, opsi yang diberikan oleh pihak pembuat soal bakalan bener bener ngejebak banget deh. 

Soal Ketiga

Berikut ini merupakan soal UAS Bahasa Indonesia  kelas 6 yang juga meski anda pelajari dengan baik. Kota Medan dilanda banjir kembali, usai hujan turun selama beberapa minggu tanpa henti.

Meskipun kota Medan sering dilanda banjir, namun masyarakat tetap tidak menjadikannya kejadian atau peristiwa tersebut sebagai bahan pembelajaran agar tidak terulang kembali di tahun tahun ke depannya, dan mereka tidak perlu mengungsi tiap tahunnya. Informasi yang didapatkan pada penggalan tersebut adalah …

  1. Warga Medan mengungsi
  2. Hujan deras selama berminggu minggu secara terus menerus
  3. Pemerintah tidak bisa mengatasi banjir dengan baik dan tepat sasaran
  4. Medan dilanda banjir kembali

Ulasan: Untuk soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 yang satu ini adalah bagaimana anda bisa menjawab, apa sih informasi yang anda dapatkan pada sebuah teks. Dan ini merupakan salah satu jenis soal yang sangat sederhana, dan cukup menarik sih.

Selain itu, jenis soal seperti ini juga soal yang sederhana, dan gampang banget, asal anda bisa jeli dalam memahami soal yang ada, plus dengan teks yang tersedia. Saat menghadapi ujian, yang akan anda hadapi adalah soal dengan jenis yang sama, namun dengan teks yang berbeda.

Soal Keempat

Selanjutnya, ialah soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 yang keempat. Adapun soal UAS Bahasa Indonesia  yang keempat adalah: Berikut ini yang bukan merupakan kalimat kritikan yang baik, kecuali…

  1. Indah, lihatlah kukumu terlihat sangat kotor. Kapan sih kamu terakhir kali memotongnya?
  2. Jannah, jorok banget kukuku kamu ini. Potong kukunya deh supaya nggak sampai jadi kuman. 
  3. Indah, kukumu kelihatan panjang dan kotor banget. Kayaknya, kamu meski segera memotongnya, biar tidak sampai ada kuman yang mengendap di kuku kamu. 
  4. Aduh Jannah, kuku kamu itu kotor banget sih!

Ulasan: Sebagai siswa kelas 6, anda pasti sudah mendapatkan materi tentang kritikan kan? Dan di materi tersebut, anda sudah belajar bagaimana sih cara memberikan kritikan yang baik dan benar? Nah, di soal soal ujian kelas 6, anda bakalan menemukan soal yang meminta buat menemukan kritikan yang tepat nih.

So, anda mesti belajar materi kritikan dengan baik ya. Jangan sampai, jenis soal seperti ini bisa anda lewatkan. Karena ini adalah salah satu jenis soal yang sangat sangat mudah, kalau anda memahami konsep kritikan yang tepat dan baik. 

Soal Kelima

Selanjutnya adalah soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 yang kelima nih. Buat anda yang masih penasaran, silahkan simak ulasannya sampai selesai ya. Adapun soal UAS Bahasa Indonesia yang kelima ialah: 

Sebelum memberikan tanggapan tentang sebuah berita atau sebuah informasi informas, hal yang mesti anda lakukan adalah…

  1. Mencatat dan memahami makna ataupun intisari dari berita
  2. Mengabaikan makna atau intisari berita
  3. Tidak menghiraukan pesan yang terdapat di dalam berita
  4. Mengubah isi informasi yang disampaikan

Ulasan: soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 yang satu ini adalah tentang bagaimana anda bisa memberikan tanggapan, ketika belum membaca sebuah informasi.

Baca Juga :  Ukuran Kartu ATM Sesuai Standar

Yes, sebagai pembaca yang baik, anda meski memahami konsep membaca sebuah informasi. Nah kira kira, apa sih yang meski dilakukan sebelum anda memberikan tanggapan terhadap sebuah informasi? 

Nah, itulah dia beberapa soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 yang bisa anda pelajari. Meskipun hanya ada beberapa soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 saja, namun jika anda bisa memahaminya dengan baik, dan bisa menjawab soal soal yang jenisnya seperti di atas, tentu akan sangat membantu nilai anda kan?

Demikian ulasan mengenai soal UAS Bahasa Indonesia kelas 6 kali ini, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat belajar. Semoga bisa mendapatkan nilai yang memuaskan ya. Sesuai dengan keinginan. 

sumber gambar: pixabay