Sifat Koligatif Larutan, Pengertian dan Manfaatnya Terbaik

Sifat Koligatif Larutan, Pengertian dan Manfaatnya  – Pernah mendengar istilah koligatif? Tentu, beberapa di antara anda ada yang sudah pernah mendengarnya. Nah sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan koligatif? Apa itu Sifat Koligatif Larutan?

Buat anda yang penasaran, bisa simak penjelasannya berikut ya. Karena selain membahas pengertian Sifat Koligatif Larutan, kami juga akan membahas beberapa hal penting yang lainnya. Mulai dari klasifikasinya, manfaat, dan yang lainnya. Dan ini bakalan bermanfaat banget loh. Langsung saja simak penjelasan berikut. 

Pengertian Sifat Koligatif Larutan

Sifat koligatif larutan sendiri, adalah salah satu materi yang anda dapatkan ketika anda belajar kimia ya. Sesuai dengan namanya deh. Yang mana, materi satu ini merupakan materi yang sangat berkaitan erat dengan jenis zat yang terlarut, dan bisa ditemukan di kehidupan kita sehari hari.

Hanya saja, masih lumayan banyak nih yang belum tahu Sifat Koligatif Larutan itu apa, kemudian manfaatnya apa, dan beberapa informasi menarik lainnya tentang Sifat Koligatif Larutan tersebut. Karena itulah kami akan membahasnya untuk anda.

Yang dimaksud dengan Sifat Koligatif Larutan sendiri adalah sifat yang bergantung dengan konsentrasi zat terlarut, bukan kepada jenis zat yang terlarut. Berdasarkan hukum Raoult, disebutkan bahwasanya yang dimaksud dengan Sifat Koligatif Larutan ialah dasar hukum untuk sifat koligatif.

Kalau mengacu kepada bahasa latin, maka yang dimaksud dengan koligatif ialah colligare, artinya adalah berkumpul bersama sama. Sehingga, ia memiliki ketergantungan dengan pengaruh kolektif semua partikel ya. Bukan cuma itu saja, sifat satu ini juga nggak tergantung dengan kondisi partikel loh.

Itu artinya, kalau zat yang terlarut ke dalam larutan akan membuat sifatnya makin besar. Arti Sifat Koligatif Larutan yang lainnya ialah sifat yang nggak melihat seberapa bagus kualitas, tapi lebih kuantitas, atau seberapa banyak larutannya.

Sifatnya bakalan tergantung dengan jenis zat yang terlarut di dalamnya. Dalam hal ini adalah warna dengan kekentalannya ya. Ada dua jenis asumsi yang meski terpenuhi ketika anda akan mengatakan sebuah larutan sudah koligatif, atau disebut dengan Koligatif. 

Manfaat Sifat Koligatif dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebagaimana sudah kami sebutkan sebelumnya, bahwasanya selain membahas pengertian Sifat Koligatif Larutan, kami juga akan membahas beberapa hal lainnya. Salah satu di antaranya adalah manfaat Sifat Koligatif Larutan itu sendiri.

Nah sebenarnya, apa sih manfaat dari Sifat Koligatif Larutan dalam kehidupan manusia itu? Tentu, hal ini menjadi penting bagi manusia ya.

Karena berkaitan erat dengan kehidupannya di dunia nyata. Secara umum, terdapat beberapa manfaat Sifat Koligatif Larutan ya. Yakni penurunan tekanan uap, kemudian kenaikan titik didih, penurunan titik beku, sampai dengan tekanan osmotik. 

Penurunan Tekanan Uap

  • Mendapatkan benzene murni yakni dengan memisahkan campuran dengan distilasi yang bertingkat.
  • Kolam apung mempunyai kadar garam yang lebih tinggi dibandingkan dengan kadar garam rata-rata di lautan yang bisa mencapai 34,5 per mil. Sehingga, membuat air sulit menguap dikarenakan tekanan uap pelarut menurun dikarenakan konsentrasi kadar garam yang tinggi. Inilah yang membuat seseorang bisa mengapung ketika berenang.

Kenaikan Titik Didih Larutan

  • Distilasi menjadi cara memisahkan larutan dengan zat pelarutnya.
  • Penambahan garam ketika memasak adalah saat air sudah mendidih, Hal ini agar proses pemasakan tidak terlalu lama.

Penurunan Titik Beku

  • Membuat zat antibeku di radiator mobil yakni dengan cara menambahkan cairan yang susah membeku.
  • Mencairkan salju di jalan raya yaitu dengan menaburi jalan raya menggunakan campuran garam NaCl dan CaCl2. Yang mana, ini bisa menurunkan titik beku salju hingga bisa kembali menjadi ari.
    Oke, itulah dia sekilas mengenai Sifat Koligatif Larutan yang mesti dipahami. Pada intinya, materi ini merupakan salah satu materi yang cukup berat untuk dipahami hanya dalam waktu singkat.

Sehingga, jika ingin mendapatkan informasi yang utuh terkait dengan Sifat Koligatif Larutan, kami sarankan anda buat mempelajarinya lebih dalam.

Dalam hal ini, anda bisa membeli buku kimia yang di dalamnya ada pembahasan tentang Sifat Koligatif Larutan ya. Atau, bisa juga membaca ulasan lengkap yang ada di internet. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat, dan semoga membantu.