Perjalanan Sejarah Android Hingga Seperti Saat Ini

Android Alpha dan Beta

Deskripsi : Android mengalami perjalanan sejarah yang cukup panjang hingga bisa menjadi pesat seperti sekarang di versi Android 10. Selengkapnya bisa kamu simak di sini!


Android merupakan sistem operasi open source berbasis Linux yang memang dirancang untuk perangkat layar sentuh.

Namun sebenarnya sistem operasi ini dahulu kala ditargetkan untuk pengguna perangkat kamera digital.

Sejarah Android cukup panjang hingga akhirnya bisa dinikmati oleh para pengguna Android seperti sekarang.

Yang tidak kalah menarik adalah bagaimana kelebihan-kelebihan Android yang harus kamu ketahui dan juga versinya. Apakah kamu sudah tahu versi Android dari awal hingga sekarang?

Sejarah Singkat Android

Android Alpha dan Beta

Meski awalnya Android disasar untuk pengguna kamera digital, namun menurut para pendirinya pasar kamera tidak terlalu besar.

Pendiri Android  seperti Andy Rubin, Chris White dan Nick Sears  merasa hal tersebut pasti kurang menguntungkan. Maka dari itu dibuat sistem operasi yang diajarkan untuk para pengguna smartphone.

Android mulai dipasarkan dan bersaing dengan handphone berbasis sistem operasi Symbian dan Windows mobile tahun 2004.

Di awal pemasarannya cukup sulit hingga akhirnya para pendiri ini mendapatkan investor dan didanai sebesar 10.000 dolar Amerika. Lalu tak di tahun 2005 Google mengakuisisi Android sebesar 50 juta dolar.

Setelah itu para pendidik bergabung dengan Google dan pertama sekali Google membuat prototipe. Berupa handphone Android yang memiliki keyboard mirip dengan BlackBerry.

Di tahun 2007 iPhone mendesain smartphone dengan permukaan seluruhnya layar sentuh. Lalu di tahun 2008 Google merilis HP dengan layar sentuh yaitu HTC Dream atau T-mobile G1.

Pada tahun 2010 adalah masa kejayaan smartphone android. Karena Android lebih menguasai pasar daripada iPhone. Android lebih dipilih karena ketersediaannya dan juga harganya.

Karena berbasis open source jadi Android ini bebas di modifikasi dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat.

Belum lagi perangkat ini punya banyak komunitas pengembang aplikasi sehingga fungsi perangkat lebih luas.

Di tahun 2013 saja, ada 1.000.000 aplikasi yang tersedia di Android dengan miliaran pengunduh.

Kelebihan dan Kekurangan Android

Android 10

Setiap perangkat tentu punya kelebihan dan kekurangan. Begitu pula sistem Android ini. Simak berikut kelebihan dan kekurangan Android dibanding dengan sistem operasi lainnya.

Kelebihan:

  • Merupakan sistem operasi open source yang lebih memudahkan para pengembang untuk mengoptimalkan dan mengembangkan sistem operasi ini di smartphone.
  • Harga Android beragam mulai dari yang paling murah hingga yang paling tinggi. Jadi bisa dibilang handphone ini memiliki pasar untuk semua kalangan. Karena harganya, Android punya pasar yang bagus di Indonesia.
  • Karena sifatnya open source jadi Aplikasi ini sangat mudah dikembangkan oleh siapapun. terbukti dengan banyak sekali aplikasi di playstore yang sesuai dengan kebutuhan para penggunanya.
  • Pada perangkat Android banyak sekali perangkat yang bisa di modifikasi mulai dari ROM hingga custom overclock. Modifikasi ini tentu berpengaruh pada performa smartphone itu sendiri.

Kekurangan:

  • Android Ini cara kerjanya cukup berat. Kamu yang memiliki RAM dan ROM dengan kapasitas kecil akan berpengaruh pada performa smartphone itu sendiri.
  • Karena mudah dimodifikasi, namun seringkali hasil modifikasinya tidak stabil dan kurang optimal. Hal ini bisa berpengaruh ke hardware yang lebih cepat panas. Hingga yang paling parah adalah smartphone bisa mati total.
  • Ketika kamu menggunakan Android dengan kecepatan processor yang rendah, maka sistem kerjanya jadi kurang responsif.

Demikian sejarah Android, kelebihan hingga versi-versinya dari awal hingga yang terbaru sekarang.

Sejarah yang cukup panjang untuk memberi pengalaman teknologi terbaru bagi para pengguna dan bersaing di pasar digital.

Versi Android yang cukup banyak juga membuktikan bahwa, perangkat ini mampu bertahan diantara sistem operasi yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Earphone Terbaik Soundmagic E11BT

5 Rekomendasi Earphone Terbaik

Jika kamu adalah seorang pemakai produk-produk yang high class, termasuk untuk urusan earphone atau headset. Ini adalah informasi yang tepat untuk kamu mencari tau jenis atau merk earphone terbaik. Smartphone…
Selengkapnya