Pemain Timnas Iran Piala Dunia 2023

Pemain Timnas Iran Piala Dunia 2023 – Salah satu timnas yang ikut memeriahkan piala dunia di Qatar tahun ini adalah timnas Iran.

Ada yang ngefans dengan timnas Iran? Pasti ada kan? Nah, kali ini kami akan membahas sekilas tentang profil sepak bola mereka, pemain timnas Iran piala dunia 2023 ini, sampai dengan jadwal pertandingannya. Berikut ulasannya. 

Profil Timnas Iran Piala Dunia 2023

Sebagai penggemar atau fans timnas Iran, rasanya sangat disayangkan kalau anda tidak mengetahui seluk beluk perjalanan sepak bola mereka. Maka dari itu, yuk belajar dan lebih kenal dengan timnas Iran. Jadi, timnas Iran dibentuk tahun 1926.

Dua puluhan tahun setelah terbentuk, mereka melakukan pertandingan resminta melawan Afganistan. Dan yang menariknya, tim mereka merupakan tim yang sangat di Asia. Hal ini karena berhasil mendapatkan juara pada ajang piala Asia yang dilaksanakan pada tahun 1968, kemudian 1972, dan juga pada tahun 1976.

Timnas Iran mempunyai sebuah julukan. Apapun julukan mereka, ialah Team Melli. Sebuah julukan yang sangat baik. Dan siapa sangka, jika ternyata tim mereka berhasil lolos mengikuti ajang piala dunia yang bergengsi sebanyak enam kali. 

Yakni di tahun 1978, 1998, 2006, 2014, 2018, dan yang terbaru adalah tahun ini. Sayangnya, timnas Iran belum juga pernah lolos ke fase knock out. Kita doakan semoga segera ya. Kalau untuk peringkat FIFA nya sangat bagus loh.

Karena yang paling tingginya, mereka ada di posisi ke 22, masih di atas Jepang yang berada pada peringkat atau urutan ke 24.  Ajang piala dunia 2023 ini merupakan ajang yang patut diperjuangkan oleh mereka. Dan mereka akan membuat sejarah terbaik ke depannya.

Meskipun agak sulit, karena kali ini mereka akan melawan Inggris, Wales, dan juga Amerika Serikat. Melihat rival yang sangat kuat dan susah ditaklukkan, namun pelatihnya, Carlos Queiroz tetap optimis, bahwa mereka bisa melewatinya dan bisa menjadi pemenang di tiap pertandingan.

Sardar Azmoun merupakan pemain bintang pada timnas Iran, dan kerap menjadi andalan. Kemudian, ada juga Bayer Leverkusen yang menjadi striker, dan berhasil mencetak gol hingga 40 an, dari 63 caps. Menarik sekali bukan? Pelatihnya adalah Carlos Queiroz.

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa pelatih timnas kali ini sangat optimis, bahwa mereka bisa unggul dari rivalnya. Bahkan, publik juga menyoroti pelatih timnas Iran lob. Karena ia mempunyai segudang pengalaman.

Mulai dari pengalaman di timnas Manchester United, kemudian Portugal, sampai dengan Real Madrid. Melihat pengalamannya yang luar biasa, wajar jika akhirnya banyak yang mengidolakan timnas Iran, dan menaruh banyak harapan kepada mereka. 

Baca Juga :  Pemain Timnas Jerman Piala Dunia 2023

Jadwal Pertandingan

Pertandingan pertama sudah dilakukan oleh Iran pada hari Senin 21 November 2023 pukul 8 malam. Pertandingan pertama, dilakukan Iran dengan melawan Inggris.

Untuk pertandingan yang keduanya akan dilaksanakan malam ini, yakni pada tanggal 23 November pukul 2 dini hari melawan Wales, sementara yang terakhir adalah tanggal 30 November pukul 2 dini hari, dan akan melawan Amerika. 

Pemain Timnas Iran Piala Dunia 2023

Buat yang sudah tidak sabar ingin mengetahui siapa saja pemain timnas Iran piala dunia 2023 kali ini, berikut adalah daftar namanya. 

Penyerang

Di posisi oenyerang, ada Alireza Jahanbakhsh, Saman Goddos, Mehdi Torabi, Sardar Azmoun, Mehdi Taremi, Ali Gholizadeh, Karim Ansarifard.

Kiper

Yang menjadi kiper, ada Amir Abedzadeh, Alireza Beiranvand, Payam Niazmand, Hossein Hosseini. 

Bek

Majid Hosseini, Ehsan Hajsafi, Ramin Rezaeian, Morteza Pouraliganji, Sadegh Moharrami, Hossein Kanaani, Shoja Khalilzadeh, Milad Mohammadi, Abolfazl Jalali.

Gelandang

Saeid Ezatolahi, Vahid Amiri, Ahmad Nourollahi, Ali Karimi, Rouzbeh Cheshmi.